Supaya Nggak Keburu Panik, Orang Tua Wajib Mengenali 5 Ciri-ciri Bayi Tumbuh Gigi

07 September 2019, at 17:00
0
0
Supaya Nggak Keburu Panik, Orang Tua Wajib Mengenali 5 Ciri-ciri Bayi Tumbuh Gigi

Masing-masing bayi mengalami proses pertumbuhan gigi yang berbeda. Ada yang nggak memiliki gejala sama sekali, akan tetapi banyak juga yang menderita sakit dan menjadi rewel selama berbulan-bulan.

Beberapa ciri-ciri atau gejala bayi tumbuh gigi yang membuat nggak nyaman dan menyakitkan mungkin membuat orang tua khawatir dan panik.

Oleh sebab itu, berikut ini 5 gejala bayi tumbuh gigi yang perlu orang tua ketahui supaya nggak keburu panik.

1. Ruam di Sekitar Mulut

 

Bayi yang sedang tumbuh gigi biasanya lebih banyak mengeluarkan air liur. Hal tersebut dapat menyebabkan radang, pecah-pecah, kemerahan, dan ruam di sekitar mulut, dagu, bahkan leher.

Orang tua mungkin akan merasa khawatir melihat hal tersebut. Akan tetapi, kamu bisa mengatasinya dengan memberikan krim kulit lembut yang khusus untuk bayi.

2. Batuk atau Muntah

 

Selain mengalami ruam di sekitar mulut, produksi air liur pada bayi yang sedang tumbuh gigi juga bisa menyebabkan batuk dan muntah.

Apabila gejala tersebut nggak disertai dengan tanda-tanda pilek, flu, atau alergi seperti demam tinggi dan lain sebagainya, orang tua nggak perlu khawatir.

3. Menolak Makan

 

Nggak melulu karena sakit kok Bunda, bayi juga bisa saja menolak untuk makan saat giginya sedang tumbuh. Pasalnya, kondisi tersebut dapat membuat gusi buah hati terasa lebih sakit.

Maka dari itu, si kecil yang sedang tumbuh gigi biasanya menjadi lebih rewel. Akan tetapi orang tua tetap perlu mengajak anak untuk makan dan berkonsultasi dengan dokter apabila mengalami kesulitan.

Baca Juga: 

4. Mudah Marah dan Menangis

 

Ciri-ciri bayi tumbuh gigi lainnya adalah menjadi lebih mudah marah dan sering menangis. Kondisi tersebut dipengaruhi oleh rasa sakit yang muncul akibat gusi dan tertekan saat gigi baru muncul ke permukaan.

Sebagian bayi mungkin mengalami hal tersebut hanya dalam beberapa hari, akan tetapi ada juga yang merasakannya sampai berminggu-minggu lho.

5. Terbangun pada Malam Hari

Salah satu gejala bayi tumbuh gigi adalah mudah terbangun pada malam hati. Saat gigi baru tumbuh, si kecil akan merasa nggak nyaman dan hal tersebut menganggu waktu istirahatnya.

Jika hal tersebut terjadi, sebaiknya Bunda memastikan bahwa buah hati bisa menenangkan diri dan tidur kembali. Atau berusaha memberikannya kenyamanan dengan menggendong atau menepuk-nepuk dengan halus.

Nah, itu dia Sobat Qupas beberapa hal yang perlu kamu ketahui mengenai ciri-ciri atau gejala bayi tumbuh gigi.

0 Comment