Supaya Rambutmu Makin Indah, Ini 6 Cara Detox Kulit Kepala yang Mudah Dilakukan di Rumah

18 November 2019, at 18:00
0
0
Supaya Rambutmu Makin Indah, Ini 6 Cara Detox Kulit Kepala yang Mudah Dilakukan di Rumah

Tahu nggak sih, ternyata bukan cuma wajah dan tubuh yang memerlukan detoksifikasi. Proses pembuangan racun dan kotoran juga dibutuhkan oleh kulit kepala.

Detox kulit kepala atau disebut juga scalp detox sangat penting. Karena mampu membantu membuang kotoran seperti partikel polusi, sisa bahan kimia dari produk perawatan, hingga keringat yang menyumbat folikel rambut secara menyeluruh.

Supaya kulit kepala dan rambutmu tetap sehat, intip yuk cara scalp detox yang bisa kamu coba sendiri di rumah berikut ini!

1. Memilih Shampo yang Tepat

scalp detox dengan clarifying shampoo
tudosisdiaria.com

Sebagai langkah dasar scalp detox, kamu memerlukan shampo yang diperkaya dengan antioksidan, asam salisilat, selenium sulfida, atau zinc phyrithione. Sebab, kandungan tersebut bukan sekadar membersihkan rambut, tapi juga mampu mengangkat sel-sel kulit mati yang menjadi kerak di kulit kepala.

Kalau kesulitan mencari produk tersebut di minimarket terdekat, kamu bisa menemukan shampo dengan manfaat detoksifikasi atau clarifying shampoo secara online.

2. Lengkapi dengan Conditioner yang Sesuai

memakai conditioner untuk detox kulit kepala
gradedreviews.com

Difungsikan untuk melembutkan rambut, conditioner juga pantang dilewatkan ketika kamu sedang melakukan detox kulit kepala. Pilihlah produk yang kandungannya mampu membersihkan racun secara menyeluruh alias deep cleanse.

Tapi perlu diingat, aplikasikan conditioner dari batang hingga ujung rambut saja. Jangan sampai menyentuh kulit kepala supaya nggak menimbulkan masalah baru seperti ketombe misalnya.

3. Kurangi Pemakaian Alat Styling Rambut

memakai alat styling rambut
instagram.com/pantene

Supaya proses scalp detox berjalan dengan maksimal, baiknya kurangi pemakaian alat styling rambut sepeti catokan, curling wand, atau hair dryer.

Karena suhu tingginya mampu menghancurkan lapisan rambut dan membuatnya kering, rapuh, bercabang, bahkan rusak parah.

Baca juga: Sangat Sepele, Kebiasaan Sehari-hari Ini Ternyata Bisa Merusak Rambut

4. Scalp Massage

cara scalp massage
mothernature.com

Sama halnya ketika proses detox wajah, kamu juga bisa memberi pijatan sendiri untuk memperlancar sirkulasi darah. Fungsi scalp massage ini cukup banyak.

Selain membuat kepala jadi rileks dan nyaman, scalp massage berguna untuk menstimulasi dan memperkuat folikel rambut. Caranya, gunakan 10 jari dan pijat dengan gerakan memutar selama beberapa menit.

5. Detox Kulit Kepala dengan Masker Alami

memakai masker rambut alami
herstyler.com

Penggunaan masker rambut alami juga bisa jadi cara detox kulit kepala yang mudah dilakukan di rumah. Bahan yang boleh dimanfaatkan pun cukup banyak.

Mulai dari telur, buah-buahan, hingga minyak esensial seperti olive oil.

Nah, itulah cara detoks rambut dan kulit kepala yang bisa kamu lakukan sendiri di rumah. Gimana, gampang banget kan?

0 Comment