Surabaya Glam Squad, Support System Bagi Beauty Influencer untuk Berkembang Bersama

29 October 2019, at 00:00
0
0
Surabaya Glam Squad, Support System Bagi Beauty Influencer untuk Berkembang Bersama

Saat ini, menemukan komunitas kecantikan di berbagai Kota di Indonesia memang nggak sulit. Dan meskipun sama-sama berkecimpung di dunia makeup juga skincare, mereka selalu mempunyai cerita berbeda yang menarik untuk disimak.

Seperti contohnya Surabaya Glam Squad. Dan kebetulan, Laras, sebagai founder dari Komunitas yang lahir di Kota Pahlawan ini baru saja berbagi cerita dengan Qupas Beauty.

Mau tahu seperti apa perjalanannya? Yuk simak langsung berikut ini!

1. Awal Terbentuknya Surabaya Glam Squad

surabaya glam squad
dok. qupas

Saat ditemui sebelum event bareng Qupas Beauty beberapa waktu lalu, Laras, founder dari Surabaya Glam Squad menceritakan bagaimana komunitasnya ini bisa terbentuk pada tahun 2017.

Sebelum resmi terbentuk komunitas, member Surabaya Glam Squad hanya mengenal lewat media sosial. Selain itu, mereka juga sering bertemu pada suatu acara yang diadakan oleh brand kecantikan.

"Berawal dari event, pada saat itu aku ada permintaan dari brand minta kumpulin influencer Surabaya. Terus aku list, lalu ketemu di event itu, yaudah setelah itu kita berinisiatif, gimana kalau ini terus-terusan. Dari situ kita mulai membentuk Surabaya Glam Squad sampai sekarang" begitulah penuturan Laras pada tim Qupas Beauty.

2. Tujuan Terbentuknya Surabaya Glam Squad

surabaya glam squad
instagram.com/sbyglamsquad

Bukan tanpa alasan, Surabaya Glam Squad dibentuk supaya bisa menjadi platform bagi beauty vlogger yang memang belum memiliki komunitas, khususnya yang berada di sekitar Kota Pahlawan.

"Pertama itu kaya bikin paltform buat beauty vlogger Surabaya yang nggak ada komunitasnya, sedangkan mereka ini hits banget di Jakarta. Kenapa mereka dapet kerjaan di Jakarta tapi di Surabaya malah enggak. Ya, supaya temen-temen ini terfasilitasi, begitu" ungkap Laras.

Selain itu, dengan adanya beauty community ini, brand kecantikan lebih mudah untuk menjangkau influencer, begitu pula sebaliknya.

3. Anggota Surabaya Glam Squad

surabaya glam squad
instagram.com/sbyglamsquad

Saat ini, anggota Surabaya Glam Squad yang aktif ada sekitar 15-20 orang. Tapi bila dilihat secara keseluruhan, kira-kira ada 40-an member.

Dari pengakuan Laras, anggota Surabaya Glam Squad juga ada yang berasal dari kota lain di Jawa Timur. Misalnya Sidoarjo, Jember, hingga Blitar.

4. Suka Duka Bersama Surabaya Glam Squad

surabaya glam squad
instagram.com/sbyglamsquad

Menurut Laras, lebih banyak suka daripada duka yang ia alami selama menjadi bagian dari Surabaya Glam Squad. Seperti contohnya bisa bertemu dengan teman-teman baru dan senang-senang bersama.

Sedangkan ketika ditanya mengenai duka yang dirasakan, ia nggak terlalu menganggap pusing, karena Laras selalu menyelesaikan masalah yang ada dengan cara kekeluargaan.

"Duka paling ada perseteruan, mari diselesaikan bareng. Ibarat semuanya itu keluarga, semuanya saudara, jangan ada sampai duka di situ" jelas Laras.

Baca juga: Intip Keseruan 80's Vibe: be Brave with Color!, Talk Show dan Makeup Class Kolaborasi Qupas Beauty dan Pakuwon Mall

5. Agenda Rutin Surabaya Glam Squad

surabaya glam squad
instagram.com/sbyglamsquad

Sebagai salah satu komunitas kecantikan di Indonesia, Surabaya Glam Squad mengaku belum mempunyai agenda rutin. Tapi bukan berarti anggotanya jarang bertemu.

"Nggak ada agenda rutin, tapi kalau temen-temen pengen ketemu, kita voting. Ada berapa orang yang bisa, kalau misal 10 orang lebih, baru kita bikin event" terang Laras.

surabaya glam squad
instagram.com/sbyglamsquad

"Event-nya memang buat diri sendiri, karena menyesuaikan juga. Banyak yang anggotanya ibu rumah tangga jadi sulit untuk mempertemukan kita semua" tambahnya.

Dalam acara gathering yang diadakan Surabaya Glam Squad, biasanya mereka akan berdiskusi dan membicarakan tentang event kerjasama bersama brand yang akan mereka lakukan.

6. Eksistensi Surabaya Glam Squad

surabaya glam squad
instagram.com/sbyglamsquad

Selama dua tahun berdiri sebagai beauty community, Surabaya Glam Squad sudah bekerja sama dengan banyak brand. Seperti contohnya dengan Shu Uemura, L'Oreal, Maybelline, NYX, Mineral Botanica, Beaussentials, Sigma, Absolute New York, Mac, dan masih banyak lainnya.

Bentuk kerjasama mereka dengan brand-brand kecantikan pun juga beragam. Mulai dari endorse, paid promote, diundang ke acara launching, grand opening, dan sebagainya.

7. Kunci Sukses Surabaya Glam Squad

surabaya glam squad
instagram.com/sbyglamsquad

Ketika ditanya tentang kunci sukses dalam mengelola komunitas beauty, bagi Laras yang paling penting adalah sabar. Dengan begitu, para member Surabaya Glam Squad pasti bisa saling support.

"Kunci suksesnya adalah sabar, itu paling penting. Apalagi temen-temen ini kan banyak, punya kepribadian yang sangat beragam juga. Jadi kita harus mengerti satu sama lain. Kalau kita ngerti pasti kita bisa saling support" ungkap Laras.

Baca juga: Kolaborasi Tasya Farasya X Focallure Lahirkan The Needs Face Palette Berkualitas High End, Sudah Coba?

8. Harapan Surabaya Glam Squad

surabaya glam squad
instagram.com/sbyglamsquad

Sebagai founder dari salah satu komunitas kecantikan di Surabaya, Laras mengaku nggak terlalu muluk-muluk.

"Targetnya yang pasti terus berkembang kemudian juga semoga temen-temen ini bisa saling akrab, persaudaraanya semakin erat. Mereka bisa saling support, bisa jauh berkembang" ungkap Laras.

Selain itu, Laras berharap anggotanya bisa meningkatkan kualitas konten mereka, mendapatkan inspirasi dari satu sama lain, dan bisa berkolaborasi untuk menjadi lebih baik.

9. Syarat Bergabung dengan Surabaya Glam Squad

surabaya glam squad
dok. qupas

Kalau ada yang ingin bergabung menjadi member baru dari Surabaya Glam Squad, caranya gampang banget lho. Yang penting punya beauty content berupa foto makeup look, video tutorial, dan review produk.

Setelah itu, calon anggota bisa apply melalui link yang telah tersedia di halaman Instagram Surabaya Glam Squad.

10. Banyak Manfaat Bergabung dengan Surabaya Glam Squad

surabaya glam squad
instagram.com/sbyglamsquad

Selain berbincang dengan Laras, tim Qupas Beauty juga sempat bertemu dengan Miranda, salah satu anggota Surabaya Glam Squad yang sudah bergabung sekitar satu tahun lamanya.

Menurut Miranda, dengan bergabung di beauty community, dirinya bisa lebih mudah mengembangkan skill, mendapatkan informasi-informasi baru seputar kecantikan, bisa hadir di event-event tertentu, juga lebih sering mendapatkan tawaran endorse dari banyak brand.

Nah, kalau tertarik untuk bergabung, kamu bisa lho kunjungi Instagram Surabaya Glam Squad untuk mendapatkan update terbaru juga mengetahui tentang berbagai kegiatan mereka.

Topics:

0 Comment