Surat Dari Iblis 300 Tahun Lalu ini Berhasil Diterjemahkan, apa Isinya?

21 September 2018, at 09:18
0
0
Surat Dari Iblis 300 Tahun Lalu ini Berhasil Diterjemahkan, apa Isinya?

Surat iblis, terdengar menyeramkan dan sulit dipercaya bukan? Apalagi identik dengan tokoh di film horor, rasanya jadi seperti fiksi belaka. Namun begitulah yang diyakini oleh seorang biarawati bernama Maria Crocifissa della Concezione.

Cerita mengenai surat iblis bermula pada 11 Agustus 1676 di biara Palma Di Montechiaro, Italia. Konon katanya, pagi itu suster Maria bangun dengan wajah penuh tinta. Selain itu, ada beberapa lembar kertas yang berisi tulisan tangannya sendiri. Namun suster maria bersama penghuni biara tidak bisa memahami maknanya. Sebab lembaran surat tersebut berisi huruf dan simbol asing.

Biara palma di montechiaro
ladbiblegroup.com

Diceritakan pula bahwa pagi itu suster Maria tidak terbangun dari tidur seperti biasanya. Ia mengaku pada penghuni biara kalau dirasuki oleh iblis dan jatuh pingsan setelah menulis surat itu. Suster yang tinggal di Palma Di Montechiaro sejak usia 15 tahun itu meyakini tulisan pada dalam lembaran itu didiktekan sendiri oleh iblis. Ia dan penghuni biara pun menduga surat itu adalah bagian dari rencana iblis untuk mengajaknya melawan Tuhan. Kisah ini sedikit dengan film terbaru dari The Conjuring Universe: The Nun ya?

September tahun 2017 lalu, atau tepatnya setelah 341 tahun kemudian, surat iblis itu baru berhasil diterjemahkan oleh para ilmuwan dari pusat sains di Ludum, Sisilia. Meski belum semuanya, mereka berhasil memecahkan 15 baris kode terakhir dari surat yang di tulis oleh suster Maria.

Baca juga: 5 Film Horor Bertema Kerasukan dan Eksorsisme, Berani Nonton?

surat iblis
mirror.co.uk

Penggalan yang berhasil diterjemahkan itu berbunyi, “Tuhan mengira Dia dapat membebaskan manusia, (tetapi) sistem ini tidak bekerja untuk siapapun”. Dalam surat tersebut juga berisi hubungan antara Tuhan, manusia, dan iblis yang ditulis secara bertele-tele.

Untuk menerjemahkan surat iblis, para ilmuwan dari Ludum tersebut menggunakan bantuan software pemecah kode di Dark Web. Perangkat lunak ini biasanya dipakai oleh dinas intelejen untuk memecahkan kode rahasia. Dari situ diketahui bahwa surat yang ditulis oleh suster Maria ternyata kombinasi dari berbagai macam simbol kuno.

ilustrasi suster maria menulis surat
digitalcommonwealth.org

Setelah kode berhasil terpecahkan, direktur dari pusat sains Ludum, Daniele Abate, menduga surat itu bukan dari iblis, tetapi ditulis atas kemauan suster Maria sendiri. Hal ini didukung oleh jejak sejarah di biara itu yang menyatakan bahwa sang biarawati ternyata memang mempelajari aksara dan simbol-simbol kuno.

Daniele pun menduga Suster Maria sebenarnya mengidap skizofrenia, yang membuatnya berhalusinasi telah berdialog dengan iblis. Namun hal ini juga tidak bisa dikonfirmasi karena tak ada yang tahu secara pasti apa yang teradi pada abad 17 lalu. Jadi, bagaimana menurut kalian?

Topics:

0 Comment