Tahu Nggak Sih, Ini Lho Arti Simbol-simbol yang Ada di Kemasan Produk Kecantikanmu

28 September 2019, at 18:00
0
0
Tahu Nggak Sih, Ini Lho Arti Simbol-simbol yang Ada di Kemasan Produk Kecantikanmu

Ketika belanja produk kecantikan, entah itu skincare ataupun makeup, apa yang kamu perhatikan dari kemasaanya? Mungkin sebagian akan menjawab komposisi, cara penggunaannya, hingga tanggal kadaluarsanya.

Tapi bagaimana dengan simbol-simbol misterius yang tertera di kemasan kosmetik, skincare, body care, hingga produk perawatan rambutmu? Kalau diperhatikan lagi, di tiap kemasan produk kecantikanmu pasti ada beberapa simbol yang ternyata penting untuk diketahui artinya lho.

Kamu sudah tahu artinya apa belum? Kalau belum, berikut ini adalah arti dari 10 simbol yang paling sering ditemukan pada kemasan produk kecantikan.

1. PAO

simbol pao
theshareddiaries.com

Simbol PAO (Period After Opening) menandakan berapa lama produk tersebut bisa kamu pakai setelah kemasannya dibuka. Huruf M di dalam gambar itu adalah singkatan dari Month atau bulan.

Jadi, kalau produk kecantikanmu diberi logo 6M, berarti kamu hanya bisa memakainya selama enam bulan setelah tutupnya dibuka. Kalau sudah lewat masa itu, mau nggak mau kamu harus membuangnya meskipun isinya masih banyak.

2. Hourglass

simbol hourglass kecantikan
glamourmagazine.co.uk

Jangan bingung untuk membedakan arti simbol jam pasir dengan PAO. Kalau pada kemasan ada logo ini, artinya produk tersebut hanya bisa bertahan selama 30 bulan.

Hal ini berlaku entah disaat kamu sudah membuka kemasannya ataupun belum.

3. Leaping Bunny

simbol leaping bunny
nst.com.my

Simbol dengan gambar kelinci loncat ini dikeluarkan oleh The Leaping Bunny Programe. Secara internasional diartikan sebagai tanda animal-friendly atau cruelty free.

Dengan menyertakan simbol ini pada kemasan, artinya suatu brand nggak melakukan uji coba terhadap hewan dan telah mematuhi standar yang ditetapkan oleh Coalition for Consumer Information on Cosmetic's (CCIC). 

4. Flame

simbol flame
bustle.com

Kamu mungkin nggak kesulitan lagi mengartikan simbol yang satu ini. Sangat jelas, logo Flame menandakan kalau produk di dalamnya bisa terbakar dan harus dijauhkan dari api ataupun temperatur yang tinggi.

Simbol ini sering ditemukan dalam produk yang mengandung aerosol atau alkohol seperti deodoran hingga remover cat kuku.

Baca juga: 5 Tips Memilih Deodorant Terbaik yang Nggak Bikin Kulit Ketiak Iritasi

5. Mobius

simbol mobius
bustle.com

Kalau kamu melihat simbol ini, artinya kemasan produk tersebut bisa didaur ulang. Terkadang di dalam segitiga Mobius itu juga ada angkanya.

Kalau ada, angka itu menunjukkan prosentase bahan daur ulang yang dipakai untuk membuat kemasan tersebut. Angkanya pun sangat bervariasi, mulai dari 1, 7, hingga 70.

6. Green Dot

simbol green dot
glamourmagazine.co.uk

Kamu bakalan mudah menemukan simbol ini di produk kecantikan yang berasal dari Eropa. Seperti contohnya The Body Shop, Garnier, dan lain-lain.

Simbol tersebut menandakan kalau pihak brand akan membiayai ongkos daur ulang dari semua kemasan yang diproduksinya. Hal ini memang wajib dilakukan oleh perusahaan di sana.

Tapi sekarang ini, simbol Green Dot juga mudah kamu temukan di kemasan brand-brand Amerika ataupun brand lokal.

7. E-mark

simbol e mark
ucarecdn.com

Tanda berupa huruf e kecil ini biasanya akan kamu temukan di samping ukuran suatu produk. Misalnya e50 ml, e100 ml dan sebagainya.

Artinya jumlah atau berat di dalamnya nggak boleh kurang dari yang tertera di label produk tersebut. Simbol ini juga wajib disertakan oleh semua brand yang berasal dari Eropa lho.

Baca juga: 9 Pelembab The Body Shop yang Wajib Dicoba untuk Mengatasi Berbagai Kondisi Wajah

8. Ecocert

simbol ecocert
ecocert.com

Simbol yang dibuat oleh organisasi non pemerintah ini menunjukkan kalau produk tersebut terbuat dari bahan alami. Ada dua jenis label Ecocert yang bisa kamu temukan, yaitu Ecocert Organic Cosmetic dan Ecocert Natural Cosmetic.

Kalau ada tanda Ecocert Organic Cosmetic, berarti 95% isi produk tersebut terbuat dari bahan alami. Bisa juga disebut sebagai kosmetik atau skincare organik.

Sedangkan simbol Ecocert Natural Cosmetic digunakan pada produk yang 50% komposisinya terbuat dari bahan alami.

9. USDA Organic Seal

usda organic seal
ruralradio.co

Hampir sama dengan simbol dalam kemasan kosmetik sebelumnya, USDA Organic Seal diberikan pada produk yang 95% komposisinya terdiri dari bahan organik.

Bedanya, USDA Organic Seal mengikuti standar yang dibuat langsung oleh Departemen Pertanian Amerika Serikat.

10. Refer to Insert

simbol refer to insert
condecdn.net

Kalau kamu melihat simbol berupa tangan yang menunjuk pada sebuah buku ini, artinya ada leaflet yang berisi informasi ekstra yang masih bisa kamu baca di baliknya. Refer to Insert sangat membantu dan mudah ditemukan pada produk yang tarvel-friendly atau kemasannya kecil.

Karena kemasan yang kecil biasanya nggak punya cukup area untuk menampung semua informasi seperti komposisi, cara penggunaan, atau kegunaan produk tersebut.

Itulah arti dari beberapa simbol yang biasanya ada dalam kemasan produk kecantikan. Jadi jangan diabaikan ya, karena logo tersebut bisa saja mengisyaratkan informasi yang sangat penting.

0 Comment