Tahukah Kamu, 5 Masakan Nusantara Berikut Ini Ternyata Merupakan Warisan Belanda

12 June 2018, pada 12:00
1
0
Tahukah Kamu, 5 Masakan Nusantara Berikut Ini Ternyata Merupakan Warisan Belanda

Indonesia memang memiliki kekayaan alam yang melimpah, banyak sekali yang bisa diolah untuk dimakan di bumi ibu pertiwi. Ketika bangsa lain datang ke negara kita, termasuk Belanda, mereka juga meninggalkan banyak hal. Bukan hanya bangunan saja, namun beberapa jenis masakan nusantara ternyata merupakan warisan dari Belanda.

 

1. Semur

 

resepkoki.id

Semur berasal dari bahasa Belanda, smoor, yang berarti rebusan. Di waktu jaman penjajahan Belanda, Indonesia mengembangkan masakan berkuah hitam ini. Masakan ini dimasak dengan bahan dasar daging sapi yang direbus dengan bumbu yang menghasilkan kuah dengan warna yang sangat pekat.

 

2. Sop Snerek

 

unoscreative.co.id

Untuk menikmati semangkuk sup ini, kamu bisa menjumpainya di Magelang. Setiap porsi sop senerek berisi nasi dan sup kacang merah, ditambah lagi dengan wortel dan kentang. Di Belanda sendiri, sop ini lebih dikenal dengan sebutan ertwensoep.

 

3. Sop Brenebon

 

tastemade.com

Sup ini berbahan dasar kacang merah. Sup brenebon memiliki cita rasa kacang merah yang kuat dicampur dengan krim. Makanan ini lebih dikenal dengan bruine bonensoep dari Belanda.

 

4. Perkedel Kentang

 

resepkoki.id

Masakan ini berbahan dasar kentang yang direbus lalu ditumbuk. Selanjutnya, kentang tumbuk tersebut dibentuk bulat, lalu dipipihkan, kemudian digoreng. Perkedel biasanya disajikan sebagai makanan pelengkap sup.

 

5. Kroket

 

kooliner.com

Kroket adalah olahan daging yang dilumuri tepung roti, lalu digoreng. Di Indonesia, kroket berbahan dasar mie yang dikepal kepal menjadi bulat. Lalu, diberi isian daging cincang.

Siapa sangka jika 5 jenis masakan yang sudah begitu akrab di lidah kita ternyata merupakan warisan dari negara Belanda. Masakan apa lagi yang menurutmu merupakan hasil warisan dari budaya lain?

0 Komentar