Qupas Healthy

Tahukah Kamu Kalau Sakit Gigi Bisa Diatasi dengan Pijat?

04 July 2020, at 11:51
Tahukah Kamu Kalau Sakit Gigi Bisa Diatasi dengan Pijat?

Sakit gigi adalah masalah kesehatan yang wajar dialami oleh setiap orang. Mulai dari anak-anak sampai orang tua sekalipun tidak akan luput dari penyakit ini.

Rasa nyeri yang akan dialami memang cukup menyebalkan. Karena selain mulut, sakit gigi juga bisa memberi efek lain seperti pusing dan telinga berdengung.

Banyak yang tidak kuat menahannya sampai akhirnya mengonsumsi obat anti nyeri agar sakit cepat hilang. Namun, bagaimana jika sakit gigi itu sering muncul? Apakah kamu akan mengonsumsi obat secara terus-menerus?

bagian tubuh yang dipijat saat sakit gigi
hellosehat.com

Seperti diketahui, obat-obatan memiliki efek samping yang berbahaya jika dikonsumsi dalam jumlah banyak. Oleh karenanya, lebih baik menggunakan cara tradisional saja seperti pijat.

Yap, pijat sakit gigi ternyata bisa mengatasi nyeri pada bagian mulut tersebut. Hal ini sebenarnya sudah ada sejak zaman dulu sebelum adanya obat-obatan.

Menurut informasi yang dihimpun Qupas, ada berbagai jenis saraf pada tubuh yang langsung terhubung dengan gigi. Sehingga saat saraf itu dipijat akan memberikan sensasi rileks pada gigi. Rasa nyeri pun akan berkurang.

Untuk lebih jelas, berikut adalah beberapa titik pijat sakit gigi agar rasa nyeri menghilang.

Baca juga: Gusi Sering Bengkak? Yuk Cari Tahu Penyebabnya!

1. Sia Kuan

pijat sakit gigi
build-tips.com

Sia Kuan merupakan titik refleksi sakit gigi yang berada pada bagian pelipis. Tepatnya di depan telinga di bawah tumbuhnya rambut pelipis. Saat nyeri kambuh, kamu melakukan pijat refleksi sakit gigi di bagian ini.

Lakukan secara perlahan saja, agar otot dan saraf menjadi lebih rileks. Pijat untuk sakit gigi ini setidaknya dilakukan selama 10 sampai 20 menit secara rutin. Kalau bisa, gunakan minyak alami agar sifat anti inflamasinya juga mendukung untuk proses penyembuhan.

2. Se Pai

cara pijat sakit gigi
medcom.id

Titik refleksi Se Pai berada pada bagian bawah mata. Titik pijat sakit gigi ini sangat kecil, bahkan disebut-sebut tidak lebih dari sebesar jempol ibu jari.

Kamu bisa melakukan pijat saraf sakit gigi secara halus dan perlahan ketika nyeri mulai datang. Namun, jangan lupa juga agar selalu hati-hati karena posisinya mendekati saraf dan jaringan mata.

3. Cia Ce

pijat refleksi sakit gigi
avoskinbeauty.com

Pijat untuk sakit gigi ini juga bisa kamu lakukan. Letak titik saraf ada di benjolan otot pada pipi. Maka dari itulah dinamakan titik refleksi Cia Ce.

Biasanya, titik saraf sakit gigi ini akan terlihat ketika kamu sedang menggigit sesuatu dengan kencang.

Nah, ketika titik Cia Ce sudah ketemu, maka kamu bisa memijatnya untuk meredakan nyeri di gigi. Satu lagi, kamu bisa memberi tekanan sedikit keras pada bagian ini.

Baca juga: Bagian Tubuh Ini Bisa Kamu Pijat untuk Mengurangi Rasa Sakit Tertentu

4. I Fung

titik pijat sakit gigi
hellosehat.com

Kalau titik refleksi yang satu ini memang sudah familier dan banyak digunakan oleh terapi-terapi tradisional. Posisinya berada pada bagian bawah telinga, tepatnya pada cekungan rahang bawah.

Menyembuhkan sakit gigi dengan pijatan di titik ini bisa kamu lakukan sendiri tanpa harus dibantu orang lain. Sebab, bagian ini adalah paling mudah karena efeknya langsung akan dirasa dan tidak membutuhkan waktu lama.

5. He Kuk

pijat saraf sakit gigi
jellygamatjeruk.com

Titik refleksi yang satu ini letaknya berjauhan dengan gigi, yaitu pada jari. He Kuk sendiri merupakan titik yang berada di antara sudut tulang ibu jari dan telunjuk.

Kabarnya, titik pijat ini tidak hanya bisa mengatasi nyeri gigi saja. Tapi He Kuk juga bisa mengatasi penyakit lain, seperti perut kembung, gangguan pencernaan, dan mengatasi kelelahan.

Nah, itulah beberapa titik refleksi yang bisa kamu pijat ketika sakit gigi melanda. Cara pijat sakit gigi ini mudah untuk dilakukan. Selamat mencoba, ya!