Tak Hanya Bikin Berselera Makan, Cabai Juga Punya Manfaat Kesehatan

05 July 2018, at 09:00
1
0
Tak Hanya Bikin Berselera Makan, Cabai Juga Punya Manfaat Kesehatan

Cabai atau chili adalah salah satu tumbuhan anggota genus Capsicum yang selain digunakan sebagai bumbu yang dapat memperkuat rasa masakan, juga seringkali dipakai sebagai bahan pelengkap masakan agar terasa lebih nikmat.

Cabai yang mengandung capcaisin memang dapat merangsang produksi hormon endhorpin atau hormon yang dapat membangkitkan rasa nikmat saat menyantapnya. Jadi, nggak heran saat kita menambahkan rasa pedas dalam makanan, selera makanpun akan meningkat karena efek capcaisin tersebut. Namun jangan salah, selain mengandung rasa pedas yang membuat nikmat ternyata cabai juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, seperti misalnya:

 

pexels.com

 

Menurunkan berat badan

Jika dikonsumsi secara teratur, kandungan capsaisin dalam cabai dapat menurunkan berat badan karena akan membantu membakar lebih banyak kalori dan melancarkan metabolisme sehingga proses pencernaan berjalan dengan baik.

 

Menjaga kesehatan jantung

Vitamin A dan C yang terkandung di dalam cabai dapat memperkuat otot jantung sehingga dapat meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh. Hal inilah yang kemudian menjadikan cabai sebagai salah satu bahan alami yang dapat menjaga kesehatan jantung karena kemampuannya untuk mengurangi efek dari kolestrol jahat penyebab terjadinya masalah kesehatan jantung.

 

Mencegah kanker

Menurut American Association for Cancer Research, capsaicin mempunyai kemampuan untuk membunuh beberapa sel kanker dan sel leukimia. Jika dipadukan dengan kunyit, cabai dipercaya dapat memperlambat pertumbuhan tumor dan juga penyebaran kanker jenis tertentu.

 

Mengurangi stres

Dengan rajin mengonsumsi makanan pedas yang mengandung cabai, hormon-hormon baik bagi tubuh seperti serotonin dapat meningkat secara teratur. Serotonin adalah hormon yang dapat menimbulkan perasaan tenang dan nyaman yang akhirnya dapat membantu mengurangi stres dan meringankan depresi.

 

Penghilang rasa sakit

Cabai dengan kemampuannya untuk merangsang produksi hormon endhorpin dapat berperan sebagai penghilang rasa sakit secara alami, sebab capsaisin dalam cabai bekerja sama dengan reseptor rasa sakit yang mampu membuat ujung saraf berhenti mengirim sinyal rasa sakit dengan sensasi rasa panasnya.

 

Itulah manfaat kesehatan yang bisa kamu dapatkan dari cabai yang pedas tersebut. Namun, sebaiknya batasi pemakaiannya sesuai dengan kemampuan tubuh agar manfaat cabai tetap didapatkan dan juga terhindar dari risiko terjadinya berbagai gangguan kesehatan.

0 Comment