Tak Hanya Cantik dan Harum, 5 Bunga Ini Ternyata Bisa Dimakan dan Baik untuk Kesehatan

25 March 2019, at 00:00
0
0
Tak Hanya Cantik dan Harum, 5 Bunga Ini Ternyata Bisa Dimakan dan Baik untuk Kesehatan

Bunga seringkali ditemui dalam kehidupan sehari-hari sebagai hiasan yang memanjakan mata. Bukan hanya itu, wanginya yang khas membuat tanaman yang satu ini dicintai oleh banyak orang.

Namun tahukah kamu bila ternyata bunga memiliki manfaat bagi kesehatan? Beberapa jenis bunga nyatanya dapat dikonsumsi dan memberikan efek positif bagi tubuh.

Berikut ini beberapa bunga yang tak hanya cantik dan harum, namun juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh manusia.

Baca Juga: Sejuta Manfaat Buah Kersen, Si Mungil yang Sering Diabaikan

1. Bunga Mawar

mawar
blissdubai.com

Siapa yang tidak tahu bunga yang satu ini? Mungkin kamu pernah memberikan atau mendapatkan mawar dari kekasih. Hal tersebut merupakan sesuatu yang wajar mengingat sebutannya sebagai lambang cinta dan perasaan.

Selain dapat membuat hati wanita bahagia saat mendapatkannya dari pasangan, ternyata bunga mawar memiliki khasiat yang baik bagi kesehatan.

bunga mawar
pexels.com/@hazardos

Bunga mawar dapat dikonsumsi karena di dalamnya terkandung zat sitrat, sitronelol, nonilaldehida, geranoil linalol, eugenol, dan nerol.

Senyawa-senyawa tersebut ternyata tidak hanya bermanfaat bagi kecantikan, namun juga dapat melancarkan menstruasi, mengurangi keputihan, mengobati campak, radang usus, rematik, dan sakit kepala.

2. Bunga Melati

melati
dhgate.com

Sejak dahulu, melati memang terkanal bisa dimakan dan dipercaya dapat membuat seseorang menjadi awet muda.

Bunga harum ini bahkan dimanfaatkan sebagai campuran dalam teh sebagai penambah aroma dan memperkuat rasa.

bunga melati
eaudebeaux.com

Namun, ternyata bukan itu saja khasiat dari bunga melati. Mengonsumsinya dapat mengurangi sesak napas, jerawat, radang usus, mata bengkak, sakit kepala, hingga penyakit parah seperti radang ginjal.

3. Bunga Matahari

tanaman matahari
pexels.com/@kaboompics

Kalau bijinya, kamu pasti sudah pernah menikmatinya sebagai camilan. Lalu bagaimana dengan bunganya? Mungkin ini pertama kali kamu mendengar tentang bunga matahari yang bisa dimakan.

Bunga dengan warna kuning terang ini mengandung banyak zat yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia.

bunga matahari
pexels.com/@andre-furtado-43594

Terdapat quercimeritrin, asam echinocystat, asam oleanolat, prostaglandin E, helianthoside, asam chlorogenic, lemak dan asam quinat di dalamnya.

Apabila dikonsumsi maka bunga matahari dapat membantu menurunkan hipertensi, sakit gigi, sakit kepala, nyeri lambung, nyeri haid, bahkan kanker lambung.

Baca Juga: Bumbu Dapur Ini Dipercaya Bisa Bikin Panjang Umur

4. Bunga Kamboja

kamboja
wayansuyasahanura.com

Siapa sangka, bunga kamboja yang sering ditemui di area pemakaman ternyata memiliki khasiat bagi kesehatan tubuh yang telah diakui sejak zaman dahulu.

Nenek moyang sudah menjadikan bunga ini sebagai obat-obatan herbal yang mampu menyembuhkan beberapa penyakit ringan.

bunga kamboja
pernikdunia.com

Kamboja dapat digunakan sebagai obat alami untuk batuk dan menurunkan demam. Selain itu, kandungan di dalamnya juga mampu menjadi peluruh kencing dan pelancar buang air besar.

5. Bunga Sepatu

tanaman sepatu
dekoruma.com

Bunga sepatu merupakan salah satu tanaman yang dapat dengan mudah tumbuh di mana saja. Hal ini membuat kebanyakan orang mengabaikannya dan tidak mengetahui khasiatnya bagi kesehatan.

Biasanya, anak-anak kecil menggunakan bunga sepatu sebagai bahan pembuat gelembung-gelembung udara karena lendirnya.

Di dalamnya terkandung cyanidin diglucoside, teraxeryl acetat, hibisetin, lendir, dan zat pahit

bunga sepatu
jamuin.com

Bunga sepatu dipercaya dapat menyembuhkan batuk, demam malaria, TBC, keputihan, mimisan, gondongan, radang usus, sariawan, hingga melancarkan menstruasi.

Ternyata, bunga-bunga tersebut tidak hanya memiliki aroma yang wangi dan indah apabila dijadikan sebagai hiasan. Akan tetapi juga memiliki manfaat yang sangat banyak bagi kesehatan.

Meskipun demikian, tetap konsultasikan terlebih dahulu hal tersebut dengan dokter agar tidak terjadi hal-hal yang menyebabkan masalah kesehatan lain seperti reaksi alergi dan lain sebagainya.

0 Comment