Tak Hanya Enak, Konsumsi Ketan Hitam Ternyata Bisa Cegah Penuaan Dini

09 July 2018, at 05:00
1
0
Tak Hanya Enak, Konsumsi Ketan Hitam Ternyata Bisa Cegah Penuaan Dini

Ketan hitam yang biasanya diolah menjadi bubur ketan item atau menjadi campuran dalam es kacang hijau, es doger atau sebagai bahan dasar pembuatan tape uli memang seringkali menjadi kegemaran banyak orang karena rasanya yang enak dan unik.

 

Namun, nggak banyak orang tahu bahwa di balik kelezatan rasanya, ketan hitam yang teksturnya ringan ini ternyata diyakini ampuh menurunkan kadar gula darah sehingga cocok dikonsumsi para pengidap penyakit diabetes. Selain itu, ketan hitam juga memiliki sejumlah manfaat penting yang dibutuhkan oleh tubuh seperti yang ada pada penjelasan di bawah ini.

 

flickr.com

 

Antioksidan

Ketan hitam yang juga sering disebut ketan ireng diyakini mengandung antioksidan yang dapat bermanfaat untuk menangkal radikal bebas dan membantu tubuh untuk mencegah tumbuhnya sel-sel dalam tubuh yang dapat memicu penyakit kanker dan tumor serta membantu dalam mencegah terjadinya penuaan dini.

 

Meningkatkan daya tahan tubuh

Dengan mengonsumsi ketan hitam secara teratur akan dapat meningkatkan ketahanan tubuh sehingga tidak mudah terserang penyakit dan terhindar dari berbagai masalah kesehatan terutama di saat pergantian musim.

 

Mencegah risiko diabetes

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, dengan kandungan anti inflamasi dan kaya antioksidan, ketan hitam memiliki manfaat ajaib untuk membantu terhindar dari salah satu penyakit kronis yakni diabetes.

 

Membantu proses penyembuhan luka

Ketan hitam mengandung protein yang tinggi sehingga mampu membantu tubuh dalam proses penyembuhan luka dan regenerasi sel dalam tubuh.

 

Memperbaiki kerusakan sel hati

Dengan fungsinya sebagai penetralisir racun di dalam tubuh, hati merupakan salah satu organ penting dalam tubuh manusia. Karenanya, penting sekali untuk menjaga hati dari kerusakan yang akan berakibat fatal bagi kesehatan. Mengonsumsi ketan hitam sebagai pilihan makanan sehat diyakini dapat memberikan nutrisi bagi hati sekaligus membantu memperbaiki kerusakan yang terjadi.

 

Membantu menjaga kesehatan tulang dan gigi

Beras ketan hitam kaya akan fosfor dan kalsium yang berguna untuk membantu menjaga kesehatan tulang dan gigi, mencegah dari kerapuhan tulang yang menyebabkan terjadinya penyakit tulang keropos atau osteoporosis pada orang dewasa.

 

Menyehatkan sistem pencernaan

Ketan hitam mengandung serat tinggi yang bukan saja baik untuk menurunkan berat badan, tetapi juga membantu menyehatkan sistem pencernaan dalam tubuh dengan cara mengonsumsinya secara teratur.

 

Berbagai kandungan yang ada dalam ketan hitam memang sangat baik untuk mencegah terjadinya risiko gangguan kesehatan yang berbahaya bagi tubuh.Namun, di samping itu makanan gurih ini juga memiliki manfaat untuk menguatkan otot sehingga seringkali digunakan sebagai makanan kesehatan bagi para binaragawan. Tertarik untuk mencobanya?

0 Comment