Tak Mau Kena Mata Ikan? Hindari Hal-Hal ini

13 December 2018, at 09:00
2
0
Tak Mau Kena Mata Ikan? Hindari Hal-Hal ini

Mata ikan adalah benjolan keras dan kasar yang biasanya muncul di telapak kaki. Tetapi sebenarnya penyakit ini bisa muncul dimana saja, lho.

Mata ikan sering disebut mirip dengan kapalan. Memang keduanya membuat kulit menjadi keras. Bedanya kapalan tidak memiliki benjolan ditengahnya dan tidak sakit saat di pegang.

Penyakit ini disebabkan oleh virus human papillomavirus (HPV) dan dapat menular apabila bagian kulit yang terinfeksi pecah. Siapapun dapat terserang penyakit ini.

Ada beberapa hal yang bisa menjadi penyebab munculnya mata ikan. Beberapa diantaranya tidak dapat dihindari, seperti kelainan pada tulang kaki dan lain sebagainya.

Akan tetapi, ada beberapa penyebab yang bisa kamu hindari. Apa saja? Yuk langsung simak ulasan Qupas berikut ini!

1. Menggunakan Sepatu yang Tidak Pas

sepatu kekecilan
wikihow.com

Menggunakan alas kaki seperti sepatu dapat membuatmu tidak nyaman jika ukurannya tidak cocok dengan kakimu.

Selain membuat tidak nyaman dan mengganggu penampilan, penggunakaan sepatu yang tidak pas juga dapat memunculkan masalah kesehatan.

sepatu kekecilan
pexels.com

Sepatu yang kekecilan akan menekan bagian-bagian tertentu pada kaki dan di titik itu lah mata ikan bisa muncul.

Sedangkan sepatu yang kebesaran akan membuat kaki bergesekan berulang kali dengan bagian dalam sepatu.

2. Sering Menggunakan High Heels

sering menggunakan high heels
gettyimages.com

Perempuan pekerja kantor atau mereka yang fashionable seringkali menggunakan sepatu hak tinggi sebagai penunjang outfitnya.

Selain membuat padu padan pakaian menjadi bagus, jenis sepatu ini juga dapat membuat badan terlihat lebih jenjang.

lelah pakai high heels
vivirmasymejor.elmundo.es

Tapi tahukah kamu, efek yang dihasilkan dari penggunaan sepatu hak tinggi dengan intensitas yang tinggi sama halnya dengan menggunakan sepatu yang kekecilan, lho.

Bagian-bagian tertentu dari kaki akan mengalami tekanan berlebih sehingga bisa memancing munculnya mata ikan. Tidak heran jika perempuan lah yang sering terserang penyakit ini.

3. Sering Menggunakan atau Memainkan Alat Musik Menggunakan Tangan

bermain gitar
thegorbalsla.com

Mata ikan juga bisa muncul di tangan. Memang kemungkinannya tidak sebanyak di kaki. Tetapi tetap saja ada kegiatan yang dapat menjadi penyebabnya.

Sering menggunakan atau memainkan alat musik dengan tangan membuat tangan mengalami gesekan dengan keras.

bermain cajon
nuansamusik.com

Hal ini dapat memunculkan penebalan kulit seperti kapalan dan dapat menjadi mata ikan apabila lebih parah.

Memainkan gitar setiap hari misalnya, dapat membuat kulit menjadi kasar dan dapat muncul mata ikan karena gesekan kasar yang terus-menerus.

Baca Juga: Tumit Kaki Pecah-Pecah Bikin Minder? Atasi Dengan 4 Cara Alami Ini

4. Tidak Menggunakan Kaos Kaki

kaos kaki
shutterstock.com

Tidak menggunakan kaos kaki atau menggunakan yang ukurannya tidak pas sama halnya dengan menggunakan sepatu dengan ukuran kurang sesuai.

Sepertinya memang tidak menggunakan kaos kaki merupakan hal yang sepele dan tidak berefek besar. Tetapi apabila dilakukan secara rutin dapat membuat kulitmu terluka.

tidak pakai kaos kaki
healthline.com

Kulit yang sering sekali bergesekan dengan bagian dalam sepatu dapat menjadi lecet dan berdarah. Selain itu mata ikan juga akan muncul.

Sebaiknya jangan malas menggunakan kaos kaki karena itu akan melindungi kakimu.

5. Merokok

merokok
hellosehat.com

Kamu pasti bertanya-tanya mengapa merokok dapat menyebabkan mata ikan. Padahal kan kegiatan ini berhubungan dengan paru-paru, bukan telapak tangan atau kaki.

Dalam hal ini, yang dapat menyebabkan mata ikan bukan lah efek samping kandungan rokok yang memang tidak baik untuk kesehatan.

menyulut rokok
telset.id

Akan tetapi, kebiasaan para perokok saat menyalakan pemantik api saat akan merokok. Gesekan antara ibu jari tangan dan pemantik api bisa membuat orang yang merokok mendapatkan mata ikan di ibu jarinya.

Nah, itu dia sahabat Qupas, 5 kebisaan yang dapat memunculkan mata ikan. Hmm, ternyata semuanya dapat ditemukan pada kehidupan sehari-hari, ya.

Hayoo, kamu punya salah satu kebiasaan di atas tidak? Sebaiknya mulailah mengurangi kebiasaan-kebiasaan tersebut karena meskipun mata ikan terlihat sepele, namun jika terinfeksi bisa menyakitkan.

0 Comment