Tak Mau Rambut Jadi Cepat Lepek? Hindari Kebiasaan Ini dari Sekarang

29 January 2019, pada 11:00
0
0
Tak Mau Rambut Jadi Cepat Lepek? Hindari Kebiasaan Ini dari Sekarang

Tak hanya wajah, rambut lembut dan mengembang indah kerap dijadikan aset untuk menunjang penampilan wanita. Namun sayangnya, berbagai masalah mulai dari ketombe, rontok, hingga lepek kerap datang menghampiri.

Berbicara mengenai rambut lepek, kondisi ini sering kali membingungkan. Karena bisa terjadi hanya beberapa jam setelah keramas.

Baca juga: Pilihan Shampo Terbaik untuk Mengatasi Rambut Rusak, Jadi Berkilau Lagi

Selain tak sedap dipandang, rambut lepek bisa menimbulkan rasa gatal dan bau. Dan tahukah kamu, kondisi ini ternyata disebabkan oleh kebiasaan yang sering dilakukan sehari-hari lho.

Nah, supaya rambutmu tak cepat lepek, yuk hindari berbagai kebiasaan ini dari sekarang!

1. Terlalu sering keramas

terlalu sering keramas membuat rambut lepek
hollywoodhairdesignii.wordpress.com

Keramas adalah solusi untuk membersihkan rambut dari berbagai macam kotoran, termasuk minyak di kulit kepala yang menyebabkan rambut terlihat lepek.

Tapi di saat yang sama, terlalu sering keramas juga membuat rambut jadi cepat lepek. Ini karena minyak alami di kulit kepala akan terkuras habis.

Alhasil, rambut justru berusaha mengeluarkan minyak lebih banyak dan membuatnya cepat lepek.

2. Cara penggunaan kondisioner yang salah

penggunaan kondisioner yang salah membuat rambut lepek
toppik.com

Mengaplikasikan kondisioner setelah keramas bisa membuat tekstur rambut jadi lebih lembut. Tapi perlu diperhatikan pula cara penggunaannya.

Kondisioner hanya boleh dibalurkan pada bagian tengah hingga ujung rambut. Sebab, mengaplikasikannya dari akar atau kulit kepala hanya membuat rambut jadi lebih berminyak bahkan berketombe.

Nah, apakah kamu selama ini sudah memakai kondisioner dengan benar?

3. Kurang bersih dalam membilas shampo

sisa shampo membuat rambut lepek
thesourcery.co.nz

Sering mengalami rambut lepek hanya beberapa jam setelah keramas? Ini mungkin disebabkan oleh sisa shampo yang masih tersisa di sela-sela rambut atau kulit kepala.

Maka dari itu, pastikan untuk membilas hingga rambut benar-benar bebas dari shampo, kondisioner, ataupun produk masker rambut.

4. Terlalu lama membungkus rambut dengan handuk

membungkus rambut dengan handuk membuat rambut lepek
allure.com

Setelah keramas, banyak wanita yang suka membungkus rambutnya dengan handuk. Apakah kamu juga sering melakukannya?

Tapi tahukah kamu, kebiasaan ini juga menyebabkan rambut jadi cepat lepek lho. Hal ini karena udara di sekitar rambut akan terperangkap handuk dan membuatnya lebih lembab.

Baca juga: Rekomendasi Shampo Ini Bisa Menghindarkanmu dari Kebotakan, Wajib Coba!

5. Mengikat rambut yang basah

mengikat rambut basah membuatnya cepat lepek
shopify.com

Meski dalam keadaan terburu-buru, ada baiknya tak mengikat rambut yang masih basah atau lembab. Sebab, hal sepele ini akan membuat rambut jadi susah kering.

Bahkan setelah kering, tekstur rambut biasanya terasa lebih lengket dan cepat lepek.

6. Terlalu sering menyisir rambut

sering menyisir membuat rambut lepek
hennablogspot.com

Tak hanya produk makeup, sisir biasanya jadi barang wajib yang harus ada di tas wanita. Sayangnya, terlalu sering menyisir ternyata juga membuat rambut jadi cepat lepek.

Alasannya, hobi menyisir akan memicu produksi minyak di kulit kepala untuk keluar lebih banyak. Meski begitu, bukan berarti kamu tak bisa merapikan rambut indahmu.

Hanya saja, kebiasaan ini perlu dikurangi. Dan sebagai tips, kamu bisa menyisir rambut dari bagian tengah hingga ujungnya saja, supaya tak cepat lepek.

7. Paparan sinar matahari

paparan sinar matahari membuat rambut lepek
gettyimages.com

Berbagai aktivitas sehari-hari terkadang memaksa kita untuk 'berjemur' di bawah terik sinar matahari. Hal ini tentunya akan membuat kulit kepala berkeringat dan rambut jadi cepat lepek.

Untuk mengatasinya, kamu bisa gunakan topi untuk melindungi kulit kepala dari sengatan sinar matahari langsung yang menyebabkan rambut jadi berminyak dan terlihat lepek

8. Makan makanan berlemak

makan makanan berlemak membuat rambut lepek
shape.com

Banyak yang belum menyadari, hal fatal ini juga ikut andil dalam membuat rambut jadi cepat lepek. Selain berdampak buruk pada tubuh, makanan berlemak ternyata bisa mempengaruhi kesehatan rambut indah milikmu.

Sebab, minyak pada makanan berlemak harus dikeluarkan lewat pori-pori kulit, termasuk kulit kepala. Inilah yang membuat rambut jadi lebih mudah lepek.

Nah, itulah berbagai kebiasaan sehari-hari yang membuat rambut jadi cepat lepek. Apakah kamu sering melakukannya juga?

Jangan lupa juga untuk selalu update beragam informasi dari Qupas. Caranya dengan download aplikasinya Google Play Store atau Apple App Store, sekarang juga!

0 Komentar