Tak Perlu ke Salon, Ini Bahan Alami yang Bisa Kamu Gunakan untuk Mewarnai Rambut Sendiri di Rumah

10 February 2019, pada 11:30
0
0
Tak Perlu ke Salon, Ini Bahan Alami yang Bisa Kamu Gunakan untuk Mewarnai Rambut Sendiri di Rumah

Mengeluarkan biaya yang tak sedikit untuk mengunjungi salon adalah pilihan praktis yang biasa dilakoni wanita maupun pria saat ingin mengubah warna rambut. Padahal ada cara lain yang lebih ekonomis dan bisa dilakukan sendiri di rumah.

Yakni mewarnai rambut dengan bahan alami. Selain lebih aman karena bisa terhindar dari kandungan kimia berbahaya, cara ini juga bisa jadi trik untuk menutrisi rambut agar lebih sehat.

Nah apabila kamu tertarik untuk mencobanya, berikut ini adalah beberapa bahan alami yang bisa digunakan untuk mewarnai rambut sendiri di rumah.

1. Teh dan Kopi

teh dan kopi untuk mewarnai rambut
straitstimes.com

Cara mewarnai rambut sendiri yang pertama adalah dengan kombinasi teh dan kopi. Hal ini cocok untuk kamu yang menginginkan rambut berwarna cokelat.

Langkah yang perlu kamu lakukan adalah, seduh teh dan kopi dalam jumlah yang sama namun pada wadah berbeda. Pastikan rebusan ini punya warna sangat pekat.

Kemudian, campurkan kedua bahan ini dan tunggu hingga dingin.

mengecat rambut berwarna cokelat
blogspot.com

Setelah larutan teh dan kopi yang kamu buat benar-benar dingin, usapkan perlahan pada setiap helai rambut secara merata. Lalu tutup dengan shower cap dan diamkan selama 40 menit.

Untuk hasil yang lebih cepat, kamu bisa lakukan ritual ini sebanyak 2-3 kali dalam seminggu hingga dapatkan warna rambut yang didambakan.

Baca juga: Pilihan Shampo Terbaik untuk Merawat Rambut yang Diwarna supaya Tak Cepat Pudar

Selain warnanya jadi lebih cantik, penggunaan teh dan kopi ini bisa menutrisi rambut agar lebih sehat, bersinar, dan terlindung dari paparan sinar matahari.

3. Cengkeh dan Daun Kemangi

cengkeh dan daun kemangi untuk mewarnai rambt sendiri
medicalnewstoday.com

Selain campuran teh dan kopi, kamu bisa memanfaatkan kombinasi cengkeh dan daun kemangi untuk mengubah warna rambutmu menjadi cokelat.

Caranya juga tak kalah mudah. Yakni rebus saja daun kemangi dan cengkeh selama satu jam. Setelah airnya dingin, mulailah mengaplikasikannya ke rambut secara merata.

Diamkan selama 30 menit, lalu bilas dengan air hingga bersih.

rambut berwarna cokelat
matrix.com

Selain mengubah warna rambutmu jadi cokelat sesuai dengan keinginan. Air rebusan daun kemangi dan cengkeh juga punya beragam manfaat yang menyehatkan rambut.

Misalnya saja bisa memberi kelembaban rambut yang kering, mencegah krontokan, hingga mencegah uban.

3. Kunyit

kunyit untuk mewarnai rambut sendiri di rumah
diabetesselfmanagement.com

Ingin mengubah warna rambut menjadi blonde? Manfaatkan saja kunyit yang ada di dapurmu.

Caranya, bersihkan kunyit secukupnya lalu haluskan dengan cara diparut. Kemudian tambahkan sedikit air hangat, tapi pastikan larutan yang kamu buat masih berwarna sangat pekat.

gaya rambut blonde
pinimg.com

Setelah larutan kunyit siap, balurkan ke setiap helai rambut. Kamu bisa mengiringinya dengan pijatan agar formulanya meresap dengan sempurna.

Diamkan ramuan kunyit ini selama kurang lebih 30 menit, lalu bilas hingga bersih. Kamu bisa lakukan pewarnaan rambut sendiri ini sebanyak 2-3 kali dalam seminggu sampai dapatkan tampilan blonde hair sesuai dengan keinginan.

Baca juga: Rangkaian Perawatan Ini Jadi Rahasia Rambut Indah Seperti Terlahir Kembali

4. Rosemary

splendidtable.org

Rosemary adalah tanaman yang bisa ditambahkan pada makanan, dibuat teh, juga minyak esensial. Dan tak hanya itu saja, kamu pun bisa memanfaatkannnya untuk mengecat rambut menjadi warna merah keemasan atau biasa disebut red gold.

Langkah pertama, rebuslah rosemary selama satu jam dan biarkan hingga dingin. Setelah itu, oleskan airnya sebagai masker rambut lalu diamkan selama satu jam.

rambut berwarna red gold
pinimg.com

Bila melakukan pewarnaan rambut dengan bahan alami ini secara teratur, kamu bakalan bisa lihat hasilnya yang cantik dalam kurun waktu satu bulan.

Kabar baiknya lagi, rosemary diketahui juga punya kandungan yang bisa melancarkan sirkulasi darah dan membuat rambut menjadi tampak lebih bersinar.

Nah, itulah beberapa bahan alami yang bisa kamu gunakan sebagai cara mewarnai rambut sendiri di rumah. Gimana, siap mencobanya sendiri?

0 Komentar