Takut Anak Jadi Egois? Lakukan Cara Sederhana Ini untuk Menghindarinya

24 August 2019, at 17:00
0
0
Takut Anak Jadi Egois? Lakukan Cara Sederhana Ini untuk Menghindarinya

Pada dasarnya wajar apabila setiap anak memiliki rasa egoisme yang tinggi. Orang tua memiliki peranan penting dalam hal mengarahkan hal tersebut agar nggak berlebihan.

Berikut ini beberapa hal yang bisa diterapkan oleh orang tua agar anak tumbuh menjadi pribadi yang suka berbagi dan nggak egois.

1. Biasakan dari Kecil

biasakan sejak kecil
gorgeplayworks.com

Salah satu hal yang dapat dilakukan agar anak nggak egois adalah dengan mengenalkan konsep berbagi sejak dini. Berikan pemahaman kepada buah hati perbedaan antara berbagi dan memberikan kepemilikan kepada orang lain.

Selain itu, orang tua juga perlu mengajarkan kepada anak untuk memilah mana yang boleh atau bisa dibagi dan mana yang nggak.

2. Berikan Contoh

berikan contoh
123rf.com

Anak-anak merupakan peniru yang sangat handal. Oleh sebab itu, sebagai orang tua atau orang terdekat kamu harus memberikan contoh yang konkret agar anak tumbuh menjadi pribadi yang nggak egois.

Memberi tahu buah hati hanya dengan kata-kata akan membuatnya kesulitan untuk memahami tanpa contoh asli. Oleh sebab itu, jadikan kegiatan sehari-hari sebagai ajang belajar si kecil.

3. Belajar saat Bermain Bersama

bermain bersama
strollingwiththecreator.com

Bermain bersama di taman atau kid zone juga bisa menjadi ajang belajar si buah hati untuk menjadi nggak egois lho Bunda. Bertemu teman sebaya dengan tingkat egois yang sama akan membuat si kecil berusaha memahami situasi dan menyelesaikan masalahnya sendiri.

Orang tua hanya perlu mengawasinya atau menjadi mediator ketika keadaan sudah nggak kondusif lagi.

Baca Juga: Meskipun Sederhana, Hal Ini Jadi Pemicu Utama Anak Merasa Bahagia Lho Bunda

4. Tumbuhkan Empati

tumbuhkan empati
vix.com

Selain itu, menumbuhkan empati oada anak juga merupakan salah satu cara untuk menekan sifat egoisnya. Alih-alih memujinya saat mau berbagai, cobalah untuk membuat buah hati melihat kebahagiaan orang lain dari sikap baiknya tersebut.

Melihat kebahagiaan orang lain akan membuat si kecil senang dan lebih mudah untuk berbagi atau bergantian bersama teman sebaya atau yang lainnya.

5. Kenalkan Konsekuensi

kenalkan konsekuensi
pinterest.com

Apabila si kecil sudah terlalu egois dan sulit diberi tahu, maka orang tua bisa menerapkan konsekuensi. Misalnya, apabila buah hati nggak mau berbagi mainan dengan temannya, maka mainan tersebut akan disita selama batas waktu tertentu.

Hal tersebut akan membuat anak menghindari sikap egois dan memilih untuk berbagi daripada harus menerima konsekuensinya.

Nah, itu dia Sobat Qupas beberapa hal yang bisa kamu lakukan agar si buah hati tumbuh menjadi orang yang suka berbagi dan nggak egois.

0 Comment