Takut Asma Kambuh Saat Olahraga? Cobalah 7 Tips ini!

01 October 2018, pada 05:19
0
0
Takut Asma Kambuh Saat Olahraga? Cobalah 7 Tips ini!

Asma adalah penyakit pernapasan kronis yang menyerang seseorang dalam jangka panjang. Setiap penderita asma tentu pasti tahu bagaimana menyebalkannya penyakit ini.

Asma sangat sering kambuh dan muncul secara tiba-tiba sehingga membuat penderitanya merasa was-was. Sebab, tidak hanya karena debu saja, tapi masih banyak faktor lainnya yang bisa menyebabkan  asma kambuh, salah satunya adalah kelelahan.

Takut Asma Kambuh Saat Olahraga? Cobalah 7 Tips ini!
videoblocks.com

Sehingga bagi penderita asma tidak dianjurkan untuk melakukan sesuatu yang sifatnya terlalu menguras energi karena ditakutkan asma akan kambuh lagi.

Namun, bagaimana dengan olahraga? Sebab seringkali penderita asma takut ketika ingin olahraga. Rasa takut itu tentunya membuat pola hidup semakin buruk karena tidak bisa berolahraga lagi.

Nah, untuk menjawab hal itu, kali ini Qupas akan memberikan beberapa tips yang bisa digunakan agar asma tidak kambuh saat berolahraga. Berikut diantaranya:

1. Kenakan Jaket

Takut Asma Kambuh Saat Olahraga? Cobalah 7 Tips ini!
jennyhadfield.com

Ketika sedang berolahraga, khususnya saat cuaca dingin, hendaknya kamu mengenakan jaket tebal. Hal ini bertujuan agar suhu tubuh tetap stabil, alias tidak kedinginan.

Seperti diketahui, asma bisa terjadi ketika suhu tubuh terlalu dingin. Sebab, suhu dingin itu akan membuat penyempitan pembuluh darah sehingga asma akan semakin menjadi-jadi.

2. Kenakan Masker

Takut Asma Kambuh Saat Olahraga? Cobalah 7 Tips ini!
victoriabuzz.com

Selanjutnya, kamu harus menggunakan masker saat berolahraga di luar ruangan. Hal ini bertujuan agar pernapasanmu tidak terganggu dengan debu dan kotoran.

Sebab, asma bisa kambuh tiba-tiba akibat debu yang terhirup oleh hidung. Jika debu itu sampai masuk ke dalam paru-paru, maka asma akan menjadi lebih parah efeknya. Bahkan bisa menyebabkan sensasi nyeri pada dada.

Baca juga : Kamu Harus Bangga, Ternyata 6 Jenis Olahraga Tradisional ini Asli Indonesia Loh!

3. Pemanasan

Takut Asma Kambuh Saat Olahraga? Cobalah 7 Tips ini!
magwuzz.com

Setelah menyiapkan semuanya, maka jangan langsung melakukan olahraga inti. Tapi laukanlah pemanasan terlebih dahulu. Sebab, tubuh masih belum terbiasa sehingga akan terkejut ketika langsung melakukan olahraga inti tanpa pemanasan terlebih dahulu.

Jangan sepelekan pemanasan, sebab banyak kasus terjadi kalau penderita asma mengalami sesak napas yang mengkhawatirkan akibat tubuhnya terkejut dengan gerakan olahraga.

4. Pilih Olahraga yang Tepat

Takut Asma Kambuh Saat Olahraga? Cobalah 7 Tips ini!
mindandmatter.yoga

Penderita asma disarankan untuk pandai-pandai memilih jenis olahraga yang akan dilakukannya. Sebab, ketika tubuh sangat lelah, asma itu akan muncul dengan dahsyat.

Jadi pilihlah olahraga yang ringan-ringan saja, seperti jalan, bersepeda, dan yoga. Kamu bisa melakukannya secara rutin tanpa harus takut asma kumat lagi.

5. Bernapas Melalui Hidung

Takut Asma Kambuh Saat Olahraga? Cobalah 7 Tips ini!
orami.co.id

Saat olahraga, kebanyakan orang akan bernapas melalui hidung dan mulut, bukan? Nah, bagi penderita asma, sangat dianjurkan untuk tidak bernapas melalui mulut tapi bernapaslah melalui hidung saja.

Sebab, mulut tidak memiliki filter layaknya hidung. Sehingga kotoran dan material asing akan lebih mudah masuk lewat mulut.

6. Perbanyak Air Putih

Takut Asma Kambuh Saat Olahraga? Cobalah 7 Tips ini!
facetofeet.com

Penderita asma tidak boleh sampai kekurangan minum. Kalau hal itu terjadi, saluran napas dan paru akan menjadi kering. Namun, air yang dikonsumsi sebaiknya air putih biasa, bukan air es.

Kamu harus sering minum dengan skala kecil. Jadi, sedikit-sedikit harus minum, jangan sekali minum langsung banyak.

7. Persiapkan Alat dan Obat-Obatan

Takut Asma Kambuh Saat Olahraga? Cobalah 7 Tips ini!
batasamlambungqnc.web.id

Nah, walau sudah melakukan olahraga dengan penuh hati-hati, tidak menutup kemungkinan asma itu akan muncul secara tiba-tiba tanpa prediksi terlebih dahulu.

Oleh karenanya, kamu harus menyiapkan obat-obatan atau keperluan lain yang bisa digunakan saat asma datang.

Itulah beberapa tips yang bisa kamu gunakan agar asma tidak menjadi penghalang untuk olahraga. Selamat mencoba, ya!

0 Komentar