Takut Terkena Varises? Inilah 6 Cara Jitu untuk Mencegahnya

05 October 2018, at 02:52
0
0
Takut Terkena Varises? Inilah 6 Cara Jitu untuk Mencegahnya

Varises merupakan sebuah kondisi di mana pembuluh darah vena membengkak sehingga terjadi penumpukan darah pada bagian tubuh tertentu. Biasanya pembengkakan pembuluh darah vena ini terjadi pada bagian kaki.

Orang-orang penderita varises akan mengalami benjolan layaknya urat membengkak yang warnanya hijau kadang biru. Selain merusak penampilan, varises juga memberikan dampak negatif bagi setiap penderitanya.

Salah satu dampak dari varises adalah sering merasa nyeri dan lelah. Jangankan melakukan aktivitas berat, untuk berdiri dalam waktu lama saja biasanya penderita varises tidak cukup kuat. Selain itu, banyak instansi atau lembaga pendidikan yang menerapkan uji varises kepada setiap peserta dalam proses seleksi

Maka dari itu, tidak heran kalau kebanyakan orang sangat takut terkena varises. Nah, buat kamu yang tidak ingin menderita masalah ini, berikut adalah beberapa cara jitu mencegahnya. Simak yuk!

1. Aktif Bergerak

mencegah varise
hellosehat.com

Salah satu penyebab varises karena gerakan tubuh terlalu monoton, misalnya terlalu lama berdiri atau duduk. Hal ini menyebabkan terjadinya penumpukan pembuluh darah vena sehingga membuatnya bengkak.

Oleh karena itu, dianjurkan untuk selalu aktif bergerak dan jangan monoton. Usahakan, bergeraklah setiap 3 jam sekali.

2. Jalan Kaki

mencegah varises
meetdoctor.com

Selanjutnya, kamu bisa melakukan jalan kaki secara rutin. Sebab, jalan kaki bisa melancarkan sirkulasi darah di bagian kaki sehingga darah tidak mengumpul di pembuluh.

Selain bisa mencegah varises, berjalan juga akan menyehatkan jantungmu. Usahakan setiap hari berjalan minimal 200 langkah untuk menjaga kebugaran tubuh.

Baca juga : Waspada, Inilah 8 Penyebab Sakit Pinggang yang Jarang Kamu Sadari

3. Batasi Penggunaan Heels

sakit kaki karena heels
magazine.job-like.com

Khusus wanita, sebaiknya kamu membatasi penggunaan sepatu heels. Sebab, sepatu yang satu ini sering memaksa tumit untuk bekerja keras sehingga tidak optimal.

Otot betis pun tidak diberi kesempatan bernapas ketika kamu menggunakan heels. Akibatnya, varises akan muncul tanpa kamu sadari.

4. Sering Peregangan

peregangan kaki
hellosehat.com

Kemudian, kamu juga harus sering melakukan peregangan pada bagian kaki, terutama betis. Dalam melakukannya, kamu bisa menggunakan alat bantu seperti kursi atau meja.

Hal ini bertujuan agar otot pada kaki tidak kaku sehingga bisa mengalirkan darah dengan lancar tanpa hambatan.

5. Perhatikan Berat Badan

berat badan
meetdoctor.com

Perlu diketahui, orang berbadan gemuk lebih berisiko terkena varises daripada orang bberbadan kurus. Hal ini dikarenakan sistem tubuh orang gemuk terkesan lesu sehingga tidak bisa memompa darah kembali ke jantung dengan baik.

Ketika darah tidak mampu dipompa dengan baik, maka bisa mengumpul pada pembuluh yang akhirnya membuat varises.

6. Yoga Sebelum Tidur

yoga
idntimes.com

Kamu tidak harus melakukan yoga secara total, tapi bisa melakukan beberapa teknik saja. Salah satu teknik yang direkomendasikan adalah mengangkat kaki ke tembok dengan posisi tidur terlentang.

Hal ini bertujuan supaya darah pada kaki bisa dikembalikan secara sempurna ke jantung sehingga menekan risiko varises.

Nah, itulah beberapa tips jitu mencegah varises. Selamat mencoba ya!

0 Comment