Taman Nasional Komodo dan 4 Wisata Populer Ini Ternyata Sempat Ditutup, Hmm Kenapa ya?

24 January 2019, at 04:00
0
0
Taman Nasional Komodo dan 4 Wisata Populer Ini Ternyata Sempat Ditutup, Hmm Kenapa ya?

Belakangan ini, rencana penutupan Taman Nasional Komodo dari kunjungan wisatawan selama satu tahun santer dibicarakan publik. Wacana ini sendiri disampaikan oleh Pemerintah Nusa Tenggara Timur (NTT).

Tentu saja rencana penutupan wisata tersebut sukses membuat publik heboh. Termasuk para traveler dan pelaku bisnis destinasi liburan lainnya.

Bicara soal hal tersebut, ternyata ada tempat populer di Indonesia dan negara lainnya yang juga ditutup sementara atau bahkan tidak lagi dibuka untuk wisatawan.

Baca juga: Duh, Wisata Populer di Thailand Ini Ditutup untuk Turis!

Penasaran dimana saja lokasi serta alasan penutupannya? Langsung saja simak ulasan Qupas di bawah ini, yuk!

1. Taman Nasional Komodo

taman nasional komodo
instagram.com/braybraywoowoo

Penutupan wisata Taman Nasional Komodo telah disampaikan oleh Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat pada Jumat, 18 Januari 2019 lalu.

Dilansir dari Tempo, tujuan dari penutupan tersebut guna meningkatkan populasi komodo dan rusa sebagai makanan utama hewan langka tersebut.

Rencana penutupan Taman Nasional Komodo juga bertujuan untuk mempermudah pemerintah dalam menata ulang wilayah tersebut.

taman nasional komodo ntt
instagram.com/muh_naim7

Viktor juga berujar, kondisi komodo tubuh komodo semakin kecil. Hal ini disebabkan oleh populasi rusa sebagai makanan hewan langka tersebut berkurang akibat maraknya pencurian.

Hal yang dikhawatirkan adalah ketika populasi rusa semakin menurun, maka komodo saling memangsa satu sama lain.

Oleh karenanya, keputusan untuk menutup wisata Taman Nasional Komodo pun dicetuskan oleh pemerintah setempat.

2. Maya Bay

maya bay
instagram.com/everchanginghorizon

Seperti diketahui, Maya Bay telah ditutup pada 1 Juni 2018 lalu selama 4 bulan. Namun ternyata waktu penutupannya mengalami perpanjangan hingga waktu yang tidak terbatas.

Hal ini disampaikan oleh Departemen Taman Nasional, Satwa Liar dan Konservasi Tanaman Thailand (DNP) pada Selasa, 2 Oktober 2018 lalu.

maya bay thailand
instagram.com/mcgee

Tujuan dari penutupan wisata populer ini sendiri adalah untuk menyelamatkan terumbu karang akibat suhu panas serta membludaknya wisatawan.

Selain Maya Bay, diketahui pula jika Thailand sebelumnya telah menutup taman nasional dan pulau-pulau karena beragam alasan, mulai dari cuaca ekstrem hingga pemulihan ekologi.

3. Kawasan Taman Nasional Gunung Merapi

taman nasional gunung merapi
instagram.com/fardhillah.adam

Selain Taman Nasional Komodo, kawasan Gunung Merapi juga sempat ditutup. Hal tersebut tertulis dalam surat edaran dari Balai Besar TNGM, Nomor SE.250/BTNGM/TU/Ren/05/2018.

Keputusna itu pun berdampak pada penutupan beberapa objek wisata yang ada di dalam kawasan Taman Nasional Gunung Merapi, yakni:

  • Tlogo Muncar dan Tlogo Nirmolo diKaliurang-Pakem
  • Panguk dan Plunyon di Kalikuning-Cangkringan
  • Sapuangin-Deles di Kemalang, Klaten
  • Jurang Jero di Srumbung, Magelang
  • Pendakian Gunung Merapi dari Sapuangin maupun dari Selo

kawasan taman nasional gunung merapi
instagram.com/fajrifrizar

Alasan penutupan kawasan wisata ini sendiri adalah karena erupsi Gunung Merapi.

Dalam surat edaran, tindakan tersebut dalam rangka pengamanan dan kewaspadaan terhadap pasca aktivitas letusan freatik pada tanggal 11 Mei 2018 lalu.

4. Boracay

boracay
instagram.com/rodneyclavel

Lagi-lagi karena ulah wisatawan adalah alasan kenapa destinasi liburan di Filipina ini ditutup sementara sampai enam bulan.

Tepatnya pada 26 April 2018 lalu, Boracay mulai ditutup akibat kerusakan lingkungan yang kian parah. Tepatnya karena tercemar oleh limbah dari restoran dan hotel.

Baca juga: Bikin Kagum! Pantai di Malang Ini Bersih Tanpa Sampah

Setelah enam bulan berlalu, yakni pada Jumat, 26 Oktober 2018, akhirnya wisata favorit di Filipina itu kembali beroperasi.

boracay filipina
instagram.com/ceejay122589

Tapi ada beberapa peraturan yang ditetapkan pemerintah guna mencegah kejadian miris itu terulang kembali.

Seperti dilansir dari AFP, peraturan tersebut yakni membatasi jumlah kunjungan. Dari yang awalnya ada 40.000 orang per hari, kini dibatasi menjadi 19.200 dalam satu waktu.

Selain itu, ada sejumlah hotel dan restoran diminta untuk tutup karena dinilai tidak memenuhi standar. Sedangkan kurang dari 160 bisnis pariwisata lainnya telah mendapat persetujuan untuk dibuka lagi.

5. Pulau Sempu

pulau sempu
instagram.com/desvianto_op

Pulau Sempu yang berada di Kabupaten Malang, Jawa Timur juga dinyatakan ditutup untuk para turis. Bahkan disebutkan pula jika tempat wisata tersebut ditetapkan sebagai kawasan cagar alam.

Hal ini ditetapkan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) melalui Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Jawa Timur.

Sementara itu, Bupati Malang Rendra Kresna masih mengusahakan agar Pulau Sempu masih bisa dimanfaatkan sebagai kawasan wisata.

pulau sempu malang
instagram.com/ririnnsr

Rendra berharap tempat tersebut tetap bertahan sebagai destinasi liburan, tapi dengan catatan semua wisatawan harus didampingi guide yang benar-benar paham dengan wilayah Pulau Sempu.

Ternyata selain Taman Nasional Komodo, masih ada deretan tempat wisata populer yang sempat ditutup. Beragam alasan pun telah terungkap.

Masih ingin update informasi terkait dunia traveling lainnya? Untuk lebih mudahnya, kamu bisa download aplikasi Qupas di Google Play Store dan Apple App Store secara gratis, lho!

0 Comment