Qupas Travel

Taman Simalem Resort, Penginapan di Depan Danau Toba yang Bikin Jatuh Cinta

27 March 2020, at 05:00
Taman Simalem Resort, Penginapan di Depan Danau Toba yang Bikin Jatuh Cinta

Danau Toba menjadi salah satu wisata di Indonesia yang diburu banyak traveler, baik dari dalam maupun luar negeri. Keindahan danau yang dipadukan dengan perbukitan di sekitarnya lah yang membuat memesona banyak orang.

Untuk menyaksikannya, kamu bukan hanya bisa melakukannya dari tepi danau saja. Dari beberapa spot juga bisa dilakukan. Misalnya saja dari Taman Simalem Resort.

Penginapan sekaligus tempat wisata di Sumatera Utara ini menyajikan pemandangan Danau Toba yang memukau. Penasaran seperti apa destinasi ini? Simak ulasan di bawah ini deh!

1. Penginapan di Sumut yang menyatu dengan alam

Taman Simalem Resort Sumut (Foto: instagram.com/tsr_862)
instagram.com/tsr_862

Penginapan yang berada di lahan seluas 206 hektar ini terletak di ketinggian sekitar 1.200 mdpl. Itulah kenapa saat berada di Taman Simalem Resort, udara sejuk akan kamu rasakan.

Seakan menyatu dengan alam, panorama Danau Toba yang cantik dan dipadukan dengan perbukitan di sekitarnya juga akan menyambutmu begitu tiba di salah satu resort mewah di Indonesia ini.

2. Tempat wisata sekaligus belajar di sekitar Danau Toba

Kegiatan di Taman Simalem Resort (Foto: instagram.com/tamansimalem.id)
instagram.com/tamansimalem.id

Taman Simalem Resort bisa dibilang bukan penginapan biasa. Karena untuk menikmati pemandangan di sekitarnya kamu nggak harus menginap.

Menariknya lagi, kamu juga bisa sambil belajar saat liburan di sini, khususnya dalam bidang pertanian. Misalnya saja seperti:

  • Tur pertanian organik + pengolahan kopi/teh : Selama kurang lebih 40 menit, guide akan menjelaskan tentang buah dan sayur organik di Taman Simalem Resort. Biayanya sekitar Rp35 ribu untuk pengunjung, sedangkan untuk mereka yang menginap gratis.
  • Green Fingers: Kurang lebih selama 30 menit, pakar pembibitan pihak resort akan menunjukkan dasar-dasar menanam tanaman hias dalam pot. Tiket masuknya adalah Rp60 ribu untuk pengunjung dan Rp50 ribu untuk mereka yang menginap.

Agro Taman Simalem (Foto: instagram.com/simalemfarm)
instagram.com/simalemfarm
  • Merangkai bunga: Selama sekitar 30 menit, kamu bisa belajar untuk merangkai bunga atau merapikan tampilan meja dengan vas bambu. Biayanya Rp60 ribu untuk pengunjung dan Rp50 ribu untuk mereka yang menginap.
  • Menanam pohon: Kegiatan outdoor ini bertujuan untuk menghijaukan kembali wilayah daratan di sekitar Danau Toba. Biayanya sekitar Rp200 ribu untuk pengunjung dan sukarela bagi mereka yang menginap.

Baca juga: Sehari Jadi 'Raja' di Aek Manik Simalungun, Wisata Sumut yang Tawarkan Kesegaran Hakiki

3. Destinasi dengan berbagai kegiatan seru

Kegiatan Outdoor di Taman Simalem (Foto: instagram.com/tamansimalem.id)
instagram.com/tamansimalem.id

Bukan sekadar menginap, kamu juga bisa melakukan kegiatan seru di penginapan ini. Biasanya, jadwal aktivitas tersebut akan diperbarui setiap minggu. Kecuali saat cuaci atau situasi lainnya, jadwal bisa diubah pada menit terakhir.

Nah, untuk beberapa kegiatan yang bisa kamu lakukan di Taman Simalem adalah seputar olahraga dan kegiatan outdoor, belajar tentang pertanian, eksplorasi wisata di sekitar penginapan, hingga aktivitas yang hanya cocok untuk anak-anak.

4. Berapa tarif menginap di Taman Simalem Resort?

Taman Simalem Resort (Foto: instagram.com/suhaifie94_)
instagram.com/suhaifie94_

Ternyata, penginapan yang terletak di Jalan Raya Merak - Sidikalang, Tongging ini memiliki beberapa tipe akomodasi. Contohnya saja seperti:

  • Sidompak Camping: Minimal 10 orang per booking dengan waktu berkemah 2 hari 1 malam. Selain bermalam di dalam tenda, beragam kegiatan khas outdoor, termasuk aktivitas trekking bisa kamu lakukan. Biayanya mulai dari Rp375 ribu sampai Rp450 ribuan.
  • Tongging Point Hotel: Dengan desain kamar super mewah dan menghadap ke panorama hijau, dijamin kamu akan makin betah. Tarif per malamnya mulai dari Rp2,5 juta.
  • Tongging Point Lodge: Mulai dari Rp2,4 juta, kamu bisa menginap di tipe akomodasi dengan fasilitas ranjang lebih dari 1 ini.
  • The Waterfall Hotel: Punya fasilitas yang nggak kalah lengkap, untuk menginap di sini kamu perlu merogoh kocek mulai Rp2 jutaan.
  • The Waterfall Villa: Akomodasi yang berada di tengah hutan ini memuat lebih banyak tamu. Terdapat sampai 2 hingga 3 kamar di setiap akomodasi. Untuk tarifnya, kamu perlu menyediakan budget mulai Rp2 jutaan.

Kamar Taman Simalem Resort (Foto: instagram.com/tamansimalem.id)
instagram.com/tamansimalem.id

Well, Taman Simalem Resort ternyata bukan penginapan biasa. Destinasi di Sumatera Utara ini juga memungkinkanmu untuk mengeksplorasi wisata di sekitar Danau Toba hingga melakukan kegiatan seru lainnya.

Tapi, kamu nggak harus mengunjungi resort ini sekarang kok. Apalagi di tengah pandemi virus corona sekarang ini. Mending #dirumahaja dulu ya!