Tanda Anak Keras Kepala dan Cara Mengatasinya yang Perlu Orang Tua Ketahui

13 November 2019, at 20:00
0
0
Tanda Anak Keras Kepala dan Cara Mengatasinya yang Perlu Orang Tua Ketahui

Setiap anak memang memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Seiring dengan bertambahnya usia, sifat tersebut akan semakin terlihat dan menonjol.

Salah satu sifat yang mungkin terbentuk pada buah hati adalah keras kepala. Menghadapi anak dengan karakter tersebut memang cukup melelahkan.

Oleh sebab itu, orang tua harus mengetahui 5 tanda anak kerasa kepala dan cara terap menghadapinya berikut ini.

1. Menuntut Orang Tua untuk Menuruti Keinginannya

keras kepala
theodysseyonline.com

Tanda anak keras kepala lainnya adalah selalu menuntut orang tua untuk menurutinya. Buah hati sudah mampu menunjukkan apa yang ia sukai dan yang nggak ia sukai dan bisa menyatakan penolakan secara tegas atas apa yang nggak ia inginkan.

Apabila orang tua nggak bisa menghadapinya dengan cara yang tepat, si kecil bisa tumbuh menjadi pribadi yang pemilih.

2. Lebih Kritis dan Mampu Berargumen

anak mudah marah
gettyimages.com

Memiliki buah hati yang kritis dan mampu berargumen pada usianya yang masih balita memang merupakan anugerah. Akan tetapi, hal tersebut juga bisa menjadi salah satu ciri-ciri anak keras kepala lho Bunda.

Biasanya, anak dengan sifat tersebut cenderung sulit menerima pendapat orang lain dan membuat orang tua kesulitan.

3. Mudah Marah dan Cenderung Ambisius

menghadapi anak keras kepala
bigthink.com

Anak yang memiliki sifat keras kepala biasanya cenderung mudah marah dan ambisius. Apabila mendapatkan paksaan atau sesuatu yang nggak ia suka, maka buah hati akan berontak.

Si kecil memiliki pendirian yang teguh dan tetap bertahan dengan apa yang ia inginkan meskipun hal tersebut bertolak belakang dari aturan yang diberikan oleh orang tua?

Baca Juga: Takut Anak Jadi Egois? Lakukan Cara Sederhana Ini untuk Menghindarinya

Bagaimana Cara Mengatasinya?

Menghadapi anak keras kepala memang butuh banyak kesabaran. Akan tetapi, kamu nggak perlu membentak atau memukul ya! Lakukan beberapa cara di bawah ini supaya si kecil bisa melunak dan menurut.

Hindari Bersikap Keras Kepala di Depan Anak

mengatasi anak keras kepala
123rf.com

Seperti yang telah diketahui, anak-anak merupakan peniru ulung yang belajar dari hal-hal di sekelilingnya. Maka dari itu, menunjukkan sifat kerasa kepala pada buah hati akan membentuk si kecil menjadi pribadi yang demikian.

Daripada marah dan memberikan ancaman pada anak yang keras kepala, lebih baik orang tua berbicara secara baik-baik agar buah hati juga paham bahwa ia nggak dapat mendapatkan keinginannya dengan ngambek.

Dengarkan Pendapat dan Keinginannya

sifat keras kepala
stopbullying.gov

Dalam menghadapi anak keras kepala, orang tua harus sabar dan mendengarkan pendapat serta keinginannya. Si kecil akan cenderung membantah dan marah apabila kamu langsung memberikan larangan.

Sebaliknya, orang tua perlu memberikan alasan yang jelas dan logis agar anak bisa belajar mengapa keinginannya nggak disetujui.

Baca Juga: 6 Langkah Mudah Ajari Anak Minta Maaf, Mulai Sejak Dini Ya!

Jangan Memaksanya, Namun Berikan Pilihan atau Tantangan

sifat anak
todaysparent.com

Saat buah hati tetap teguh pada keinginannya, orang tua sebaiknya menghindari paksaan karena hal tersebut hanya akan memperburuk keadaan.

Dibandingkan dengan memaksa, lebih baik kamu menunjukkan ketertarikan terhadap keinginannya sehingga si kecil merasa dihargai. Setelah itu, cobalah untuk memberinya pilihan atau tantangan positif yang memiliki keterkaitan dengan hal tersebut.

Biarkan Anak Belajar dari Pengalaman

anak tantrum
hellosehat.com

Terkadang, kata-kata memang nggak cukup untuk melarang anak yang keras kepala. Oleh sebab itu, nggak ada salahnya untuk membiarkan si kecil belajar dari pengalaman.

Berikan sedikit kebebasan kepada buah hati agar dapat memahami apa yang kamu sampaikan melalui pengalaman dan nggak mengulanginya lagi.

Nah, itu dia Sobat Qupas tanda-tanda anak keras kepala dan cara menghadapinya yang bisa kamu terapkan. Selamat mencoba ya!

0 Comment