Tanda Kehamilan Muda, Jangan Jangan Kamu Merasakannya?

07 September 2018, pada 02:14
0
0
Tanda Kehamilan Muda, Jangan Jangan Kamu Merasakannya?

Kehamilan adalah sebuah hal yang ditunggu-tunggu oleh setiap pasangan suami istri, khususnya bagi yang baru saja menikah. Sebab, bagaimanapun juga kehadiran seorang anak dipercaya mampu meningkatkan keharmonisan rumah tangga. Selain itu, banyak pula yang mengatakan kalau anak adalah penyempurna hubungan keluarga.

Oleh karenanya, tidak heran kalau banyak pasangan muda yang ingin segera mendapat momongan dengan melakukan program kehamilan. Biasanya, mereka akan menerapkan program hidup sehat yang ditandai dengan menjaga pola makan, pola tidur, serta rutin berolahraga.

hamil muda
pixabay.com

Selain itu, masih ada banyak lagi yang disarankan oleh dokter untuk segera mendapatkan momongan secara ilmu medis. Bahkan, jika memang dilakukan dengan tepat, usaha itu akan membuahkan hasil seketika tanpa menunggu lama. Namun, tidak sedikit pula yang akhirnya gagal walau sudah melakukan sederet usaha dan upaya.

Nah, dalam proses penantian itu, setiap orang pasti akan harap-harap cemas. Sebab, kadang kala ekspektasi mereka tidak sesuai dengan kenyataan. Momongan yang sudah dinanti-nanti, ternyata masih sebuah harapan yang belum bisa dimiliki.

Untuk itu, daripada harus menerka-nerka, berikut ini adalah beberapa tanda kehamilan muda yang harus kamu ketahui dalam masa penantian.

Baca juga : 3 Resiko Penggunaan Minyak Kayu Putih Pada Anak Berusia di Bawah 2 Tahun

1. Menstruasi Telat

tanda hamil
dik.my.id

Hal ini perlu diperhatikan sebab banyak yang salah dalam mengarikannya. Menstruasi telat itu bukan hanya sebagai tanda kehamilan saja, tapi juga bisa sebagai tanda bahwa hormon tubuh sedang tidak stabil. Yang membedakannya adalah ketelatan dari menstruasi ini berlangsung cukup lama, hingga dua bulan lamanya disertai beberapa kondisi dan tanda tertentu.

2. Muncul Bercak Darah

tanda hamil
merdeka.com

Walau sedang telat, tapi rahim tetap akan mengeluarkan darah, namun hanya dalam jumlah sedikit. Sehingga kehamilan muda bisa ditandai ketika terdapat bercak darah. Hal itu menandakan bahwa sel telur telah berhasil dibuahi pada dinding rahim. Biasanya, bercak itu berwarna kecokelatan, walau tidak selalu cokelat.

3. Nafsu Makan Menurun

tanda hamil
alodokter.com

Selanjutnya, kehamilan muda juga bisa ditandai dengan menurunnya nafsu makan secara drastis. Hal ini bisa disebabkan oleh meningkatkan kadar hormon di dalam tubuh. Akibatnya, tubuh menjadi tidak lapar dan nafsu makan menurun sampai hormon itu benar-benar kembali normal.

4. Sering Kencing

tanda hamil
kompasiana.com

Mungkin hal ini tidak banyak yang menyadari, sebab kencing dianggap sebagai sebuah reaksi normal setiap orang. Namun, perlu diketahui, ketika dalam program kehamilan dan wanita sering buang air kecil, maka dapat dipastikan bahwa dia sedang dalam kondisi hamil muda. Jadi, jangan mengeluh kalau harus mondar-mandir kamar mandi karena itu pertanda bagus.

5. Peka dengan Aroma

tanda hamil
gogirlmagz.com

Mungkin banyak yang mengetahui akan hal ini. Yap, tanda-tanda wanita mengalami hamil adalah dia akan menjadi lebih peka dengan aroma. Jangankan aroma parfum yang menyengat, bahkan aroma sabun mandi saja sudah cukup membuatnya menjadi cukup terganggu. Namun biasanya itu terjadi pada kehamilan muda saja.

6. Bentuk Payudara Berubah

tanda hamil
hellosehat.com

Perlu diketahui, wanita yang hamil akan mengalami perubahan pada bentuk tubuhnya. Salah satu bagian tubuh yang berubah adalah payudara. Memang tidak bisa terlihat secara langsung, tapi mereka bisa merasakannya. Biasanya payudara akan menjadi lebih besar, padat, dan berisi daripada sebelumnya. Selain itu, kadang payudara akan menjadi lebih sensitif dan mudah sakit jika terkena sentuhan.

7. Ngidam

tanda hamil
despertardosucesso.com

Semua orang jelas tahu kalau wanita hamil pasti akan mengalami ngidam. Tapi, tidak semua orang bisa membedakan, mana ngidam dan mana yang hanya sekedar keinginan biasa. Nah, biasanya wanita yang hamil muda akan menginginkan sesuatu yang aneh dan mendadak, misalnya tiba-tiba ingin makanan pedas atau manis, padahal di malam hari. Dan masih banyak lagi jenis ngidam aneh lainnya.

8. Sering Mual

mual
catatanmini.com

Jangan salah, mual bukan hanya diartikan tubuh sedang tidak fit atau masuk angin. Tapi mual sendiri bisa terjadi ketika seorang wanita tengah memasuki masa awal kehamilan. Walau tidak semua wanita seperti itu, tapi biasanya mual tetap akan muncul, meskipun hanya beberapa kali saja.

Nah, itulah beberapa tanda-tanda kehamilan awal yang harus kamu ketahui dalam masa penantian.

0 Komentar