Tanda-tanda Anak Kesepian, Orang Tua Harus Peka Ya!

02 October 2019, at 17:00
0
0
Tanda-tanda Anak Kesepian, Orang Tua Harus Peka Ya!

Sebagian orang menganggap bahwa kesepian merupakan masalah yang hanya dihadapi oleh orang dewasa. Padahal, anak-anak pun bisa merasakannya juga lho.

Sebagai orang tua, memang nggak dapat dipungkiri bahwa kamu nggak bisa terus bersama buah hati selama 24 jam sehingga mungkin ada beberapa hal yang luput dari perhatian.

Meskpun anak nggak mengatakan bahwa ia sedang kesepian, orang tua harus peka dan mengetahui tanda-tandanya sepeti berikut ini.

1. Banyak Bicara

anak banyak bicara
pexels.com/@brett-sayles

Tanda anak kesepian yang pertama adalah menjadi lebih banyak bicara. Buah hati melakukan hal tersebut karena membutuhkan interaksi sosial untuk melupakan rasa kesepiannya.

Sikap seperti itu biasanya akan membuat orang sekitar merasa lelah untuk menanggapi. Sebagai orang tua, kamu harus lebih peka dan usahakan untuk selalu menanggapi ocehannya agar ia nggak semakin merasa kesepian ya!

2. Pendiam

anak pendiam
pexels.com/@bertellifotografia

Selain banyak bicara, sebagian anak juga menjadi lebih pendiam saat merasa kesepian. Bunda dan Ayah perlu khawatir apabila si kecil yang biasanya ceria tiba-tiba berubah menjadi pendiam.

Cobalah untuk bertanya kepada buah hati apa yang membuatnya nggak bersemangat dan memiliki memilih untuk bermain sendirian.

3. Cari Perhatian

anak rewel
pexels.com/@snapwire

Anak yang kesepian juga biasanya lebih sering mencari perhatian orang tua dengan berbagai cara, entah itu positif maupun negatif.

Seringkali mengganggu, merusak barang, rewel, dan lain sebagainya merupakan beberapa yang biasa dilakukan anak-anak dalam untuk mencari perhatian dan melupakan rasa sepi.

Baca Juga: Tanda-tanda Anak Jadi Korban Bullying di Sekolah, Orang Tua Perlu Tahu!

4. Menciptakan Teman Khayalan

anak kesepian
pexels.com/@pixabay

Seperti yang telah diketahui, anak-anak memiliki daya imajinasi yang tinggi. Oleh sebab itu, kesepian dapat membuat mereka sengaja menciptakan teman khayalan.

Buah hati mungkin lebih merasa diterima oleh teman khayalannya sehingga menghindar dari teman-teman nyata sebayanya. Orang tua perlu mengkhawatirkan tanda yang satu ini!

5. Susah Bersosialisasi

tanda anak kesepian
pexels.com/@skitterphoto

Selain empat tanda di atas, anak yang merasa kesepian juga bisanya sulit untuk bersosialisasi. Rasa sepi membuat buah hati minder atau nggak percaya diri dan merasa ketakutan tanpa alasan.

Oleh sebab itu, penting untuk sering mengajak anak bermain di taman atau tempat-tempat ramai yang bisa membuat si kecil berinteraksi secara langsung dengan anak-anak lainnya.

Setelah mengetahui tanda-tanda anak kesepian di atas, semoga Sobat Qupas bisa membuat buah hati merasa lebih baik dan nggak kesepian lagi ya!

0 Comment