Tanda-Tanda Mentalmu Tidak Sehat, Segera ke Psikolog Sebelum Terlambat!

07 December 2018, at 07:00
2
0
Tanda-Tanda Mentalmu Tidak Sehat, Segera ke Psikolog Sebelum Terlambat!

Mental illness atau gangguan kesehatan mental memang masih merupakan hal tabu di Indonesia. Banyak orang yang mengartikan secara sempit bahwa semua penyakit jiwa adalah “gila”. Padahal, ada banyak sekali bentuk dari gangguan kejiwaan yang seringkali tidak diketahui oleh masyarakat.

Orang dengan gangguan mental bisa saja terlihat “normal” dan biasa saja, lho. Nah, kalau punya salah satu dari tanda-tanda ini, kamu harus segera berkonsultasi ke psikolog, ya!

1. Merasa sedih dan tak punya harapan

merasa sedih dan tak punya harapan
pexels.com

Merasa sedih dengan atau tanpa alasan adalah hal yang wajar dirasakan oleh setiap orang. Akan tetapi, apabila kamu merasakannya secara terus-menerus, sendirian dan tidak punya harapan, kamu harus waspada.

Kalau hal tersebut sudah berlangsung selama lebih dari dua minggu dan disertai dengan kecenderungan mengucilkan diri, lebih baik kamu konsultasikan dengan psikolog, sekarang!

2. Ingin Bunuh Diri

ingin bunuh diri
pexels.com/@katlovessteve

Tanda yang satu ini menyeramkan, ya? Kalau kamu merasa ingin bunuh diri, ini berarti kondisi mentalmu sedang bermasalah.

3. Tidak Dapat Mengendalikan Diri

tidak dapat mengendalikan diri
pexels.com/@katlovessteve

Sering lepas kendali? Orang dengan gangguan kesehatan mental biasanya susah dikendalikan, bahkan oleh dirinya sendiri. Terkadang dia juga melakukan hal-hal yang berisiko tinggi, duh!

4. Takut Bersosialisasi

takut bersosialisasi
pexels.com/@renato-mu-448562

Pergi ke sekolah, tempat kerja, atau tempat umum membuatmu cemas sampai keringat dingin? Jalan-jalan di tempat umum saja membuatmu takut? Kalau hal ini terjadi terus-menerus, berarti kesehatan mentalmu tidak baik.

Baca Juga: Punya 9 Kepribadian, Benarkah Gadis ini 'Gila'?

5. Takut Tanpa Sebab

takut tanpa sebab
pexels.com/@rawpixel

Kalau kamu sering merasa takut tanpa sebab yang membuatmu sesak napas dan jantungmu berdetak cepat, berarti kamu harus segera ke psikolog.

6. Perubahan Pola Makan Ekstrim

perubahan pola makan ekstrim
pexels.com

Biasanya orang yang mengidap penyakit mental akan mendadak kehilangan nafsu makan. Ia bisa muntah setelah makan atau bahkan tidak makan sama sekali. Hal itu kemudian memicu perubahan berat badan yang ekstrim pula.

7. Perubahan Perilaku Ekstrim

perubahan perilaku ekstrim
pexels.com

Perubahan perilaku bisa ditandai dengan berubahnya kebiasaan. Kamu yang terbiasa bersosialisasi menjadi anti sosial dan tidak mau keluar rumah. Bisa juga yang biasanya ceria menjadi suram, dan lain sebagainya.

8. Insomnia

insomnia
pexels.com

Tanda yang satu ini sepertinya dialami oleh banyak orang. Insomnia memang cenderung dialami oleh orang yang sedang stres atau depresi.

Tapi tidak semua orang yang insomnia mengalami gangguan mental ya!

Itu dia Sahabat Qupas tanda-tanda dari orang yang kesehatan mentalnya terganggu. Yuk tingkatkan kesadaran diri terhadap apa yang terjadi pada diri kita! Supaya kalau tanda-tanda di atas muncul, kita tidak terlambat mengetahuinya.

0 Comment