Tanpa Disadari, 5 Hal Sepele Ini Bisa Menyakiti Buah Hati

25 September 2019, at 17:00
0
0
Tanpa Disadari, 5 Hal Sepele Ini Bisa Menyakiti Buah Hati

Setiap orang tua pasti menginginkan yang terbaik untuk buah hatinya. Mulai dari pendidikan, makanan, dan segala kebutuhan pasti berusaha dicukupi dengan maksimal.

Meskipun demikian, beberapa hal yang mungkin kamu lakukan secara nggak sengaja atau tanpa sadar berikut ini bisa jadi menyakiti perasaan buah hati lho.

Si kecil mungkin nggak menangis atau marah, akan tetapi hatinya yang diam-diam terluka tersebut dapat berpengaruh pada perkembangan karakternya. Perhatikan ya!

1. Menolak Sentuhan Fisik

anak dan ibu berpelukan
shutterstock.com

Meskipun seringkali dilakukan tanpa sengaja atau nggak sadar, menolak sentuhan fisik seperti pelukan atau ciuman adalah sesuatu yang dapat menyakiti hati anak lho.

Mungkin kamu sedang lelah saat itu, namun sentuhan fisik merupakan salah satu faktor penting yang memperkuat bonding sehingga sebaiknya tetap dipertahankan.

Sebaliknya, jika si kecil nggak menyukai sentuhan fisik seperti pelukan atau ciuman, gunakan cara lain seperti mengusap rambut atau punggung dan bergandengan tangan.

2. Nggak Menepati Janji

anak sedih
medium.com

Hal lain yang dapat menyakiti hati anak adalah saat orang tua nggak menepati janjinya. Secara nggak langsung, buah hati akan merasa disepelekan, dipermainkan, dan bahkan dianggap nggak penting saat kamu melakukannya.

Oleh sebab itu, usahakan untuk selalu menepati janji sekecil apapun itu agar si kecil nggak tersakiti dan dapat percaya kepadamu sebagai orang tuanya.

3. Merendahkan Anak dengan Komentar Negatif

memarahi anak
tomnerb.com

Merendahkan anak dengan komentar atau kata-kata negatif juga menjadi salah satu hal yang dapat melukai hatinya. Jangan pernah melebeli si kecil dengan kata “bohoh”, “pemalas”, “lamban”, dan lain sebagainya karena hal tersebut akan melekat bahkan memungkinkan untuk menjadi identitasnya.

Selain itu, memberikan komentar negatif atas hasil kerja keras anak nggak hanya akan menyakiti perasaan, namun juga membuat kepercayaannya berkurang.

Baca Juga: Hati-hati, Ini 5 Dampak Serius Membandingkan Si Kecil dengan Anak Lain

4. Nggak Menjadi Teladan

keluarga
thenation.com

Tahukah kamu, nggak menjadi teladan juga bisa menyakiti perasaan buah hati. Bagaimana pun, si kecil akan mengambil contoh dari orang terdekatnya yaitu orang tua.

Jangan sampai anak merasa ditipu dan melihat orang tua sebagai orang yang munafik karena ajaran dan apa yang dilakukan nggak sesuai atau bertolak belakang.

5. Perilaku Kasar

menyakiti anak
thejournal.ie

Meskipun sedang emosi, sebaiknya orang tua lebih bijak dengan nggak menggunakan kekerasan kepada buah hati. Baik itu verbal maupun fisik, keduanya akan menyakiti perasaan anak.

Secara nggak langsung, perlakuan kasar tersebut akan membuat si kecil akan merasa tertolak dan nggak diinginkan keberadannya. Selain itu, hal tersebut juga akan memicu anak untuk melakukan hal yang sama kepada orang lain.

Beberapa hal di atas mungkin terkesan biasa saja bagi orang tua, akan tetapi ternyata bisa menyakiti perasaan si kecil lho Sobat Qupas!

0 Comment