Tanpa Harus Diet, 7 Kebiasaan Ini Bisa Turunkan Berat Badan dalam Waktu Singkat

08 June 2019, at 00:00
0
0
Tanpa Harus Diet, 7 Kebiasaan Ini Bisa Turunkan Berat Badan dalam Waktu Singkat

Sejak dulu, menurunkan berat badan bukanlah sesuatu yang mudah untuk dilakukan. Apalagi jika ingin hasilnya terlihat dalam waktu yang cepat.

Kebanyakan orang memilih untuk mengikuti berbagai program diet yang menyiksa dan berbahaya untuk mendapatkan berat badan ideal yang diinginkan.

Akan tetapi, dengan melakukan 7 kebiasaan sederhana ini kamu bisa membuat berat badanmu turun dan tetap stabil.

Baca Juga: 6 Gerakan Yoga Untuk Menurunkan Berat Badanmu yang Berlebih

1. Tidur Malam yang Cukup

tidur malam
pexels.com/@ivan-obolensky-49889

Siapa sangka, tidur ternyata juga bisa membantumu untuk menurunkan berat badan lho. Pada dasarnya, orang dewasa membutuhkan waktu istirahat selama 7 sampai 8 jam.

Kegiatan tersebut selain membantu tubuh untuk menormalkan kembali fungsi-fungsi oragannya, juga dapat meningkatkan hormon leptin yang mengatur rasa kenyang dan menurunkan hormon ghrelin penyebab lapar.

pola tidur
pexels.com/@feelartfeelant

Menurut penelitian, kamu bisa membakar sebanyak 50 sampai 70 kalori per jam ketika tidur. Sebaliknya, seseorang yang kurang tidur akan mengalami pengurangan massa otot sebanyak 60 persen.

Hal tersebut membuat tubuh menjadi sulit membakar kalori karena proses tersebut hanya dapat terjadi di otot.

2. Makan Secara Perlahan

makan perlahan
pexels.com/@valeriya

Makan secara perlahan ternyata merupakan salah satu kebiasaan yang bisa kamu terapkan untuk mendapatkan berat badan yang ideal, lho.

Mengunyah makanan sampai halus bisa mengurangi kalori yang masuk ke tubuh. Selain itu, hal tersebut juga akan membantu sistem metabolisme dan melancarkan pencernaan.

3. Banyak Minum Air Putih

banyak minum air
pexels.com/@pixabay

Minum air putih memang sudah selalu dianjurkan bagi orang-orang yang sedang menjalani proses penurunan berat badan.

Sebaiknya kamu menghindari jus, soda, susu, dan minuman berasa lainnya jika nggak ingin usaha menurunkan berat badanmu sia-sia. Memiliki kebiasaan minum air putih dan diselingi dengan infused water akan membuat tubuh sehat dan lemak-lemak menghilang.

Baca Juga: Terlalu Banyak Minum Air, Awas Bahaya Ini Mengintaimu!

4. Aktif Bergerak

aktif bergerak
pexels.com/@yogendras31

Aktif bergerak juga merupakan salah satu kebiasaan yang bisa membuatmu menurunkan berat badan secara mudah.

Nggak perlu olahraga berat, cukup dengan membiasakan diri untuk bergerak ringan seperti berjalan kaki atau melakukan peregangan juga bisa membantu asalkan dilakukan secara rutin.

5. Minum Teh

minum teh
pexels.com/@rawpixel

Teh merupakan salah satu minuman yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, termasuk menurunkan berat badan.

Eits, tapi nggak sembarang teh ya. Kamu bisa memilih untuk rutin mengonsumsi teh hijau, teh hitam, atau teh putih untuk upaya penurunan berat badan tersebut.

6. Mengonsumsi Makanan Pedas

makan pedas
pexels.com/@thepaintedsquare

Siapa sangka, mengonsumsi makanan pedas nggak hanya akan memberimu sensasi yang menyenangkan tapi juga bisa menurunkan berat badan.

Kondisi tersebut terjadi karena cabai memiliki kandungan capsaicin yang dapat meningkatkan pembakaran lemak dalam tubuh. Nggak cuma itu, zat ini juga punya sejuta manfaat lain seperti meredakan pilek dan migrain lho.

7. Tertawa

tertawa
pexels.com/@anafrancisconi

Kebiasaan sepele yang dapat membantumu menurunkan berat badan lainnya adalah tertawa. Mudah bukan?

Sebuah riset menyatakan bahwa tertawa selama 10 sampai 15 menit sehari dapat membakar 40 kalori. Wah, kalau begini kamu pasti jadi semangat tertawa deh!

Nah, itu dia Sobat Qupas 7 kegiatan sepele yang bisa membantu menurunkan berat badanmu. Mudah untuk dipraktikkan bukan?

0 Comment