Tanpa Sadar Kamu Mungkin Jadi Toxic Parent Bagi Buah Hati, Yuk Kenali Tandanya!

19 July 2019, at 09:00
0
0
Tanpa Sadar Kamu Mungkin Jadi Toxic Parent Bagi Buah Hati, Yuk Kenali Tandanya!

Setiap orang tua pasti mencintai buah hatinya dan menginginkan yang terbaik untuknya. Sehingga, wajar saja apabila orang tua melakukan apapun yang mereka rasa akan memberikan dampak positif bagi anak.

Namun, nggak banyak orang tua yang menyadari bahwa perlakuan tersebut bisa berdampak destruktif bagi si kecil. Tanpa sadar, kamu mungkin sudah menjadi toxic parents bagi buah hatimu.

Toxic parent sendiri nggak hanya ditujukan bagi orang tua yang melakukan kekerasan fisik pada anak, melainkan juga kepada mereka yang melakukan tindakan yang bersifat meracuni kondisi psikologis dan emosional anak.

Baca Juga: Jangan Dimarahi, Inilah Cara Tepat Mengatasi Anak yang Suka Bohong

Hal ini sangat berbahaya karena toxic parents jenis ini nggak kasat mata. Mereka memenuhi kebutuhan fisik anak, nggak menyakiti atau melakukan kekerasan, dan menginginkan yang terbaik.

Namun secara nggak langsung, beberapa perlakuan seperti di bawah ini dapat membuatmu menjadi toxic parent karena memberikan dampak yang buruk bagi mental anak.

1. Sering Menyela Ucapan

sering menyela ucapan
aptparenting.com

Salah satu hal yang tanpa sadar dilakukan dan membuatmu menjadi toxic parents adalah menyela ucapan anak saat sedang berdiskusi.

Setiap kali kamu dan buah hati mengalami perbedaan pendapat, kamu cenderung mendebat dan memotong ucapan anak dan memutuskan secara sepihak. Hal ini akan membuat anak merasa bahwa ia nggak pernah didengar dan orang tua lah yang memiliki kuasa.

menyela ucapan anak
id.pinterest.com

Anak yang mengalami hal seperti itu biasanya akan cenderung lebih tertutup kepada orang tua karena merasa nggak didengar dan dihargai.

Cobalah untuk menjadi pendengar yang baik bagi anak. Biarkan ia nyaman bercerita kepadamu dan pahami sudut pandangnya.   

2. Menghambat Kemandirian

menghambat kemandirian
washingtonpost.com

Tanpa sadar, banyak orang tua yang menghambat kemandirian anaknya sendiri karena rasa kasih sayang yang berlebihan.

Misalnya, kamu marah saat si kecil ingin belajar makan dan mandi sendiri karena takut menjadi berantakan dan terjadi hal-hal yang nggak diinginkan.

khawatir berlebihan
wqmagazine.com

Padahal, seiring bertambahnya usia maka kemampuan hidup anak juga akan meningkat. Jangan terus-menerus menganggapnya sebagai bayi.

Berilah anak kepercayaan untuk belajar melakukan sesuatu secara mandiri. Orang tua hanya perlu mengawasinya dari jauh dan memberikan pertolongan apabila dibutuhkan.

Baca Juga: Sesekali Membiarkan Anak Merasa Bosan Ternyata Baik untuk Perkembangannya, Kok Bisa?

3. Membuyarkan Impian

nggak mendukung impian
lovingonme.com

Sering nggak mengatakan kepada anak bahwa impiannya adalah sesuatu yang nggak penting dan mengarahkannya pada hal lain yang menurutmu lebih berguna?

Seperti, “Buat apa jadi musisi? Lebih baik kamu sekolah kedokteran saja, lebih berguna!”. Jika pernah melakukan hal tersebut, kamu sudah masuk dalam kategori toxic parents lho.

membuyarkan mimpi
teachmiddleeastmag.com

Pasalnya, secara nggak lansung kamu sudah membuyarkan impian, menurunkan kepercayaan diri, dan melemahkan semangat anak.

Apabila cita-citanya ternyata nggak sesuai dengan apa yang kamu inginkan, lebih baik kalian melakukan kompromi untuk mendapatkan jalan tengah dan solusi terbaik.

4. Mengungkit Kesalahan

mengungkit kesalahan
depositphotos.com

Ketika buah hati melakukan kesalahan dan telah menyadarinya, sebaiknya orang tua nggak perlu terus-menerus mengungkit hal tersebut.

Tanpa kamu katakan pun, anak-anak sudah tahu bahwa mereka salah. Cobalah gunakan kalimat yang lebih positif dan jangan memperburuk keadaan dengan mengungkit kesalahannya.

5. Membicarakan Keburukan Anak di Depan Orang Lain

membicarakan keburukan anak di depan orang lain
scarymommy.com

Bagi kamu yang merupakan orang tua, berhati-hatilah saat membicarakan keburukan anakmu kepada orang lain. Bahkan hal-hal kecil seperti mengatakan bahwa ia sangat sulit dibangunkan adalah sesuatu yang melukai hati apabila dikatakan di depan buah hati.

Bagaimana pun, si kecil juga memiliki harga diri. Secara nggak langsung hal-hal seperti itu akan meluruhkan rasa percaya diri dan membuatnya tumbuh menjadi pemalu dan rendah diri.

Nah, itu dia Sobat Qupas 5 tanda toxic parents yang perlu kamu tahu. Kira-kira kamu pernah melakukan hal-hal di atas kepada buah hati nggak? Kalau iya, segera kurangi agar anak nggak merasa tertekan ya.

0 Comment