Tanpa Skincare, Jerawatmu Bisa Hilang dengan Cara Ini!

21 March 2019, at 11:00
0
0
Tanpa Skincare, Jerawatmu Bisa Hilang dengan Cara Ini!

Skincare biasanya jadi andalan para wanita untuk mengusir jerawat membandel di wajahnya. Namun bila kurang hati-hati, kandungan yang ada di dalam suatu produk bisa saja tak cocok dan malah membuat masalah makin parah.

Tak hanya skincare, merawat kulit berjerawat sebenarnya bisa dimulai dengan cara sederhana lho. Kira-kira bagaimana ya?

Daripada penasaran, yuk langsung simak cara menghilangkan jerawat dengan cepat tanpa bantuan skincare berikut ini!

1. Mengubah pola makan

cara menghilangkan jerawat dengan mengubah pola makan
thermofisher.com

Skincare anti acne yang kamu gunakan bisa saja 'terbuang' percuma kalau pola makanmu masih sembarangan. Sebab, asupan yang masuk ke dalam tubuh sangat mempengaruhi proses penyembuhan jerawat.

Salah satu contohnya, terlalu banyak insulin dalam tubuh akan memicu produksi sebum juga menghambat penyembuhan jerawat. Untuk itu, baiknya kurangi makanan yang bisa meningkatkan kadar gula darah.

2. Perbanyak konsumsi omega-3

cara menghilangkan jerawat dengan konsumsi omega 3
topsante.co.uk

Agar jerawat di wajah tak muncul lagi, coba perbanyak konsumsi makanan yang kaya omega-3. Sebab, asam lemak di dalamnya sangat baik untuk mengontrol produksi leukotruene B4.

Yakni senyawa dalam tubuh yang bisa meningkatkan produksi minyak berlebih dan memperparah jerawat. Alpukat, kacang walnut, dan salmon termasuk makanan yang mengandung omega-3.

3. Hindari minuman bersoda

cara menghilangkan jerawat dengan menghindari soda
thenypost.files.wordpress.com

Minuman bersoda memang menggoda, tapi lebih baik konsumsinya dikurangi. Sebab, National Health and Nutrition Examination Survey di Amerika menemukan bahwa kandungan gula di dalam minuman bersoda terbukti mampu merusak kulit.

Elastin dan kolagen dalam sel-sel kulit bisa hancur dan menyebabkan kulit terlihat kendur, keriput, kusam, berminyak, dan tentu saja akan memicu timbulnya jerawat.

Untuk itu, kalau kamu hobi mengonsumsi minuman bersoda, berusahalah menghindarinya dari sekarang.

4. Banyak minum air putih

cara menghilangkan jerawat dengan air putih
natural-health-journals.com

Manfaat air putih memang sangat banyak, termasuk untuk mengusir jerawat. Hal ini karena fungsi detoksifikasi yang dimiliknya.

Mencukupi kebutuhan air putih setiap harinya disinyalir bisa membantu memperlancar peredaran darah. Dan di saat yang sama, penyebab timbulnya jerawat bisa teratasi.

Baca juga: Mau Wajah Lebih Mulus? Kebiasaan ini Sebaiknya Kamu Hindari dari Sekarang

5. Cuci muka sebelum olahraga

berolahraga untuk menghilangkan jerawat
cloudfront.net

Olahraga bisa jadi sebuah cara untuk mengeluarkan keringat dan kotoran yang terjebak di dalam pori. Namun, ada hal penting yang masih sering disepelekan.

Yakni tak mencuci muka sebelum berolahraga. Padahal aktivitas ini akan membuka pori-pori dan wajah yang kotor akan memudahkan bakteri ataupun debu untuk masuk ke dalamnya.

Inilah yang memperparah jerawat dan memicu masalah baru di masa mendatang.

6. Keramas secara teratur

cara menghilangkan jerawat dengan keramas teratur
unileverservices.com

Terlalu sering keramas memang tak baik. Tapi, kamu juga patut mencuci rambut secara teratur.

Sebab, kotoran pada rambut juga bisa jadi penyebab munculnya jerawat. Apalagi kalau rambutmu panjang atau berponi.

Kotoran pada rambut tentu akan dengan mudah menempel ke wajah dan membuat jerawat semakin merajalela.

7. Bersihkan gadget secara rutin

gadget membuat jerawat semakin parah
unsplash.com

Tanpa disadari, gadget yang dipegang setiap saat dan jarang dibersihkan akan jadi sarang bakteri. Begitu digunakan untuk menelepon, bakteri otomatis akan berpindah ke wajah.

Inilah yang membuat jerawatmu semakin parah. Selain itu, ketika asyik bermain gadget, kamu pasti sering menyentuh wajah dengan tangan yang penuh dengan bakteri dan kotoran lainnya.

Nah, hal ini juga membuat jerawat akan semakin tumbuh subur di wajahmu.

8. Penuhi kebutuhan tidur harian

tidur cukup untuk menghilangkan jerawat
dhresource.com

Malam hari adalah waktu yang sangat penting untuk menjaga kecantikan wajah. Ketika tidur, tubuh memiliki kesempatan utuk menutrisi dan meregenerasi sel kulit agar terasa lebih segar di pagi harinya.

Dengan memenuhi kebutuhan tidur harian, kamu akan menghindarkan wajahmu dari berbagai macam masalah. Misalnya saja jerawat, mata panda, dan kulit kusam.

Nah, itulah beberapa cara sederhana yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan jerawat. Hal ini pastinya akan membuat cara kerja skincare anti acne yang kamu pakai lebih maksimal.

0 Comment