Tarif Bagasi Pesawat Makin Mahal, Begini Cara Menghemat Biaya Perjalananmu

04 September 2019, at 15:00
0
0
Tarif Bagasi Pesawat Makin Mahal, Begini Cara Menghemat Biaya Perjalananmu

Mulai 1 September 2019 lalu, tarif bagasi Lion Air Group mulai diberlakukan. Lion Air dan Wings Air pun sudah menerapkan bagasi 0 kg dan mengenakan biaya berat bagasi, baik untuk pengerbangan domestik maupun internasional.

Beberapa maskapai penerbangan pun memberi batas maksimal untuk bagasi gratis buat penumpang, seperti:

  • Batik Air: Maksimal berat bagasi 20 kg
  • Citilink: Maksimal berat 20 kg
  • Garuda Indonesia: Maksimal berat 20 kg untuk kelas ekonomi, 30 kg untuk kelas bisnis, dan 40 kg untuk first class
  • AirAsia Indonesia: Maksimal berat 15 kg
  • Sriwijaya: Maksimal berat 10 kg untuk ATR dan 15 kg untuk kelas ekonomi.

lion air
jatimnet.com

Buat kamu yang sering liburan dengan membawa banyak barang, mungkin bakal kebingunan untuk mengatur bagasi. Belum lagi kalau harus beli oleh-oleh untuk keluarga atau kerabat dekat.

Oleh karena itu, perlu banget untuk mengatur rencana perjalanan, terutama saat kamu menggunakan alat transportasi udara. Buat yang masih baru pertama kali naik pesawat, mungkin tips-tips berikut ini bisa membantumu. Kantong aman karena nggak perlu bayar bagasi, liburan pun tenang.

1. Memanfaatkan kabin bagasi

bagasi pesawat
cntraveler.com

Supaya bagasi nggak bayar, kamu bisa memanfaatkan kabin bagasi untuk menaruh barang yang di bawa. Ada beberapa peraturan yang dimiliki beberapa maskapai penerbangan di Indonesia, seperti:

  • Lion Air: Dimensi barang yang bisa masuk kabin nggak lebih panjang 40 cm, lebar 30 cm, dan tinggi 20 cm. Selain itu, koper atau barang yang boleh masuk kabin nggak lebih dari 7 kg.
  • Batik Air: Boleh bawa barang yang beratnya nggak lebih dari 7 kg. dimensinya sendiri nggak boleh lebih dari 40 cm, tinggi 30 cm, dan lebar 20 cm.
  • Citilink: Berat barang nggak lebih 7 kg. Dimensinya 56 x 36 x 23 cm (untuk pesawat A320) dan dimensi maksimal 41 x 34 x 17 cm (untuk pesawat ATR).
  • Garuda Indonesia: Batas maksimum yang boleh dibawa ke kabin dimensinya 56 x 36 x 23 cm dan jumlah tiga dimensi tersebut nggak lebih dari 115 cm atau berat maksimal 7 kg. Kecuali Economy Class CJR dan ATR, batas maksimumnya 41 x 34 x 17 cm, dengan jumlah tiga dimensi nggak lebih dari 92 cm atau berat 7 kg.
  • Air Asia Indonesia: Supaya bisa masuk kabin, dimensi barang ngak lebih dari 56 x 36 x 23 cm dengan berat maksimal 7 kg.
  • Sriwijaya: Dimensi tas atau koper yang dibawa ke dalam kabin nggak melebihi ukuran 56 x 33 x 23 cm dengan berat maksimal 7 kg.

2. Batasi barang bawaan

travel hack packing baju
lakwatseras.com

Setelah memahami peraturan yang dibuat oleh masing-masing maskapai, batasi barang-barang bawaanmu. Perkirakan jumlah, jenis bahan, dan pindahkan perlengkapan mandi maupun kosmetik ke wadah lebih kecil.

Bicara soal jenis bahan, mending kurangi pakaian berbahan jeans karena bikin tasmu makin berat. Sebagai gantinya, kamu bisa bawa pakaian berbahan katun karena termasuk ringan meski kadang gampang kusut. Atau kamu juga bisa bawa baju berbahan twiscone yang ringan juga dan nggak gampang kusut.

3. Timbang sendiri barangmu

menimbang koper
lovinglifewithcass.com

Takut bagasi pesawat bakal menguras kantongmu? Cara lain yang bisa kamu lakukan adalah menimpang sendiri barang bawaanmu. Bukan cuma isi, tapi juga tas maupun koper yang kamu bawa.

Kalau tertarik melakukan trik traveling satu ini, pastikan packing barang jangan terlalu mepet sama waktu keberangkatanmu ya! Jadi kalau memang bawaanmu terlalu berat, kamu bisa mengurangi tanpa perlu keburu.

Baca juga: Ini Travel Hack Biar Tasmu Nggak Penuh Sesak!

4. Sisakan space buat oleh-oleh

packing
travelandleisure.com

Niat bawa oleh-oleh tapi ogah bayar bagasi lebih? Cara gampangnya ya sisakan space di tasmu.

Kamu bisa menggulung pakaianmu alih-alih dilipat. Selain pilih bahan baju yang ringan, cara ini bisa membuat space di tasmu sisa banyak. Kamu juga bisa membeli oleh-oleh yang ukurannya nggak terlalu besar, misalnya gantungan kunci, kaus, atau makanan yang nggak gampang remuk tapi tetap ringan.

5. Bayar bagasi vs tiket pesawat mahal

kabin pesawat
pexels.com/@photosbymishra

Mungkin cara ini bisa membuatmu galau kalau kamu tipe traveler yang minim budget. Tapi gimana lagi kalau harus, kudu, dan wajib bawa oleh-oleh buat keluarga atau kerabat yang jumlahnya nggak sedikit.

Kalau sudah begitu, kamu bisa pertimbangkan, mending bayar kelebihan bagasi, atau pilih maskapai Indonesia yang tiketnya mahal tapi dapat bagasi gratis yang 'lumayan'? Nah, pertimbangkan baik-baik dan sesuaikan sama budgetmu.

Gimanapun, peraturan soal bagasi pesawat sudah ditetapkan oleh maskapai-maskapai penerbangan di Indonesia. Kita mah cuma bisa menaati dan mencari trik-trik aman biar nggak kantong tetap aman.

0 Comment