Qupas Travel

Tebing Pelangi, Wisata Bekas Tambang di Tuban yang Bikin Liburanmu Lebih Berwarna

05 February 2020, at 05:00
Tebing Pelangi, Wisata Bekas Tambang di Tuban yang Bikin Liburanmu Lebih Berwarna

Tebing Pelangi di Tuban merupakan salah satu bukti bahwa bekas pertambangan pun bisa menjadi tempat wisata yang dikagumi banyak orang.

Sudah dibuka sejak 11 Mei 2018 lalu, tempat wisata di Tuban ini bisa jadi alternatif saat kamu liburan ke sini. Selain melihat bagaimana bekas tambang menjadi area piknik, kamu pun bisa hunting foto di beberapa spot uniknya.

Nah, biar nggak makin penasaran seperti apa itu Tebing Pelangi, simak deh ulasan singkat berikut!

1. Bekas tambang di Tuban yang memesona

Tebing Pelangi Mahbeser (Foto: instagram.com/aida_saf612)
instagram.com/aida_saf612

Nggak sebagus sekarang, sebenarnya destinasi ini dulu merupakan area bekas tambang yang sempat terbengkalai sekitar 8 tahun.

Melihat potensi yang bagus, pemilik wisata kemudian mulai mendatangkan tim geografis dari salah satu universitas di Bandung. Tujuannya untuk melakukan kajian kelayakan.

Menurut informasi dari beberapa sumber, wisata di Tuban ini sudah aman. Apalagi setelah tambang nggak digunakan selama 8 tahun.

2. Berbagai spot foto di Tebing Pelangi

Tebing Pelangi Tuban (Foto: instagram.com/indh.lstr_)
instagram.com/indh.lstr_

Selain menyaksikan tebing-tebing karst bekas galian tambang, kamu juga bakal dimanjakan dengan beragam spot foto cantik di Tebing Pelangi.

Mulai dari ayunan cinta, rajutan bunga love, gubuk pengantin, spot ala Piramida Mesir, hingga tebing yang diwarnai seperti pelangi, bisa kamu temukan di tempat wisata Tuban ini. 

3. Wahana di Tebing Pelangi Tuban

Sepeda Layang Tebing Pelangi (Foto: instagram.com/dinda.meisa03)
instagram.com/dinda.meisa03

Tebing Pelangi di Tuban pun menyediakan berbagai wahana untukmu yang suka hal-hal seru. Misalnya saja seperti sepeda layang yang bisa kamu coba cukup dengan menyediakan budget Rp20 ribu.

Pengen yang lebih menantang? Wisata ini juga menyediakan flying fox. Cuma perlu membayar tiket sekitar Rp20 ribu, kamu sudah bisa meluncur dengan jarak 35 meter.

Baca juga: 8 Wisata di Indonesia Ini Ternyata Bekas Tambang, Cantik Banget!

4. Fasilitas Tebing Pelangi

Kolam Renang Tebing Pelangi (Foto: instagram.com/eraphotos_id)
instagram.com/eraphotos_id

Berbagai fasilitas lain pun tersedia di sini. Seperti kolam renang anak, toilet, dan kamar mandi.

Kamu juga bisa memborong oleh-oleh khas Tuban yang dijual di sekitar Tebing Pelangi, lho. Misalnya seperti buah siwalan, kecap laron, kerupuk udang, kerupuk ikan, aneka kerajinan, hingga batik gedog.

Lapar melanda setelah puas hunting foto dan bermain di wahana-wahananya? Tenang, kamu bisa kulineran di kantin yang ada di dalam wisata Tuban ini.

5. Lokasi dan tiket masuk Tebing Pelangi

Tebing Pelangi (Foto: instagram.com/wahyuardhiana)
instagram.com/wahyuardhiana

Lokasi Tebing Pelangi berada di Dusun Mahbeser, Desa Tuwiri Kulon, Kecamatan Merakurak. Dari pusat Kota Tuban, letaknya sekitar 15 kilometer atau membutuhkan waktu tempuh kurang lebih selama 30 menit.

Untuk tiket masuknya, kamu cuma perlu bayar sekitar Rp15 ribu per orang. Murah meriah kan?

Well, Tebing Pelangi memang berbeda dari destinasi populer di kawasan Jawa Timur, misalnya seperti Kota Batu maupun Malang. Meski begitu, tempat wisata bekas tambang di Tuban ini cukup worth it buat kamu kunjungi.