Tegallalang Rice Terrace, Wisata Bali yang Bukan Sekedar Keliling Sawah

01 April 2019, at 09:00
0
0
Tegallalang Rice Terrace, Wisata Bali yang Bukan Sekedar Keliling Sawah

Nggak cuma pantai, ternyata ada wisata Bali yang juga jadi favorit para bule. Tegallalang Rice Terrace namanya. Letaknya hanya beberapa kilometer saja dari Ubud.

Mungkin sebagian besar dari kamu beranggapan kalau kamu hanya bisa menikmati pemandangan sawah di sekitarnya. Nggak sepenuhnya salah sih.

Baca juga: Wow! Semua Properti di Wisata Ubud Ini Terbuat dari Bambu

Tapi selain itu, masih ada banyak hal menarik di sini. Apa saja tuh? 

1. Wisata di Bali yang bisa dikunjungi kapan saja

tegallalang rice terrace
instagram.com/sebastiansavoyslife

Kapanpun kamu mau, tempat wisata di Bali ini bisa kamu kunjungi. Mau itu saat sawah masih dibajak, pembibitan, atau bahkan panen raya, suasana pemandangan alamnya tetap cantik.

Selama 24 pun kamu bisa mengunjungi Tegallalang Rice Terrace. Pertama kali jalan-jalan ke Bali? Jangan ragu deh untuk mampir ke tempat ini!

2. Rest area favorit

tegallalang rice terrace bali
instagram.com/light.travels

Bisa dibilang Tegallalang merupakan area pemberhentian favorit bagi wisatawan yang sedang keliling Ubud. Selagi perjalanan menuju wisata populer di Bali, seperti Pura Ulun Danu Bratan, Besakih dan lainnya, pengmudi biasanya berhenti di tepi jalan Tegallalang.

Seiring berjalannya waktu, terasering di Bali yang sedikit mirip dengan salah satu wisata di Vietnam, Sa Pa Terraces ini justru jadi destinasi wajib dikunjungi. Kalau Sobat Qupas gimana, tertarik untuk mampir?

3. Tempat wisata sekaligus edukasi

ayunan di  tegallalang rice terrace bali
instagram.com/savanahpoulsen

Bukan sekedar mengagumi keindahannya saja, kamu juga bisa langsung turun ke lahan. Menyusuri pematang-pematang sawah pun jadi salah satu kegiatan yang asyik.

Bahkan kamu juga bisa sambil mengenal lebih dekat soal sistem irigasi (Subak), proses pengelolaan padi, mulai dari pembibitan, pemeliharaan, serta saat panen raya.

4. Spot Foto Favorit di Bali

sawah terasering di tegallalang
instagram.com/jaylynjunio

Tegallalang Rice Terrace nggak cuma memungkinkanmu untuk belajar soal pengelolaan sawah di Bali. Kamu juga bisa hunting foto di sini. Mau selfie ala-ala petani? Bisa juga kok.

Setelah puas istirahat di rest area tepi jalan atau makan di restoran, kamu juga bisa mampir ke spot ayunan di sini. Sekalian juga deh selfie-selfie syantik di sini.

Baca juga: Cuma Rp35 Ribuan, Kamu Sudah Bisa Bermalam di Penginapan Ubud Ini!

5. Akses ke Tegallalang Rice Terrace

sawah terasering di ubud
instagram.com/alexgoldman

Lokasi Tegallalang Rice Terrace ada di Dusun Ceking, Kecamatan Tegallalang, Kabupaten Gianyar, Bali. Karena belum ada transportasi umum yang akan mengantarmu ke sini, maka gunakan kendaraan pribadi atau sewa saja.

Jarak destinasi wisata ini dari pusat Kota Gianyar hanya sekitar 7,2 kilometer dengan estimasi waktu tempuh selama 17 menit dan lewat Jalan Raya Kelusa.

6. Tiket masuk Tegallalang Rice Terrace

rice terrace tegalalang
instagram.com/johnnygolden__

Harga tiket masuk wisata Bali yang juga dikenal dengan sebutan Ceking Rice Terrace ini nggak bakal bikin kantongmu jebol kok. Kamu cukup sediakan budget senilai Rp10.000,00 per orang.

Bawa mobil? Ada tarif tambahan senilai Rp5.000,00. Ingat, semua informasi terkait harga bisa berubah sewaktu-waktu.

7. Tips ke Tegallalang Rice Terrace

rice terrace tegalalang bali
instagram.com/janes_wonderworld

Supaya liburanmu ke area persawahan ini lancar, ada beberapa tips yang perlu kamu tahu. Salah satunya soal pemilihan waktu. Karena menghadap ke timur, maka waktu terbaik untuk mengunjunginya adalah saat sore hari.

Selain itu, pakailah alas kaki yang nyaman seperti sepatu kets maupun bot. Soalnya jalan di sini punya kontur tanah dan berundak.

8. Wisata belanja di sekitarnya

suvenir tegalalang
juliesbiscuit.blogspot.com

Selagi ada di Tegallalang, nggak ada salahnya untuk mampir ke toko suvenir yang punya banyak koleksi kerajinan patung. Ada juga miniatur bentuk jerapah, kucing, lumba-lumba, dan masih banyak lagi yang terbuat dari kayu maupun besi.

Baca juga: Oleh-oleh Khas Bali Ini Nggak Ada di Tempat Lain, Jangan Lupa Beli Ya!

Jadi gimana, yakin nih nggak pengen mampir ke Tegallalang Rice Terrace selagi ada di kawasan Ubud? Hitung-hitung bikin pikiran jadi kembali segar.

0 Comment