Qupas Travel

Telaga Dringo, Miniatur Ranukumbolo di 'Pelosok' Dieng yang Memesona

25 January 2020, at 04:00
Telaga Dringo, Miniatur Ranukumbolo di 'Pelosok' Dieng yang Memesona

Wisata Dieng mungkin sudah nggak asing bagi sebagian besar traveler. Beda halnya dengan Telaga Dringo, salah satu destinasi di Negeri Atas Awan tersebut.

Telaga Dringo sepertinya masih belum diketahui banyak orang. Nggak heran sih, apalagi lokasinya cukup tersembunyi.

Meski begitu, pesona wisata telaga di Jawa Tengah yang katanya mirip Ranukumbolo ini siap membuatmu nggak berkedip. Seperti apa sih penampakannya?

1. Telaga tertinggi di Jawa Tengah

Telaga Dringo Jawa Tengah (Foto: instagram.com/brazzerrafs_)
instagram.com/brazzerrafs_

Seperti yang kita tahu, wisata kawasan Dieng yang terkenal dengan kondisi geografis yang berupa dataran tinggi. Termasuk destinasi di sekitarnya seperti Telaga Dringo.

Bahkan Telaga Dringo yang berada di ketinggian sekitar 2.222 mdpl ini disebut-sebut sebagai telaga tertinggi di Jawa Tengah, lho. Nggak kebayang deh sedingin apa saat liburan ke destinasi ini.

2. Wisata Dieng yang cocok buat para petualang

Telaga Dringo Dieng (Foto: instagram.com/tgrdika_)
instagram.com/tgrdika_

Berlokasi di sebelah barat daya Dataran Tinggi Dieng, Telaga Dringo juga dekat dari Kawa Candradimuka dan Sumur Jalatunda. Secara administratif, letak destinasi ini berada di antara Desa Mojotengah, kecamatan Reban, kabupaten Batang dengan Desa Pekasiran, Kecamatan Batur, Banjarnegara.

Akses menuju wisata telaga di Jawa Tengah ini bisa dibilang nggak mudah, jadi cocok buat yang suka bertualang. Kamu perlu melewati hutan dengan jalan setapak yang kecil, menanjak, dan berbatu. Jadi nggak bisa dilewati sembarang kendaraan.

Telaga Sidringo (Foto: instagram.com/clarnat)
instagram.com/clarnat

Kamu bisa menggunakan kendaraan trail maupun jeep untuk menuju kawasan telaga. Itupun hanya bisa mengantarmu sampai jalan utama Desa Pekasiran. Selanjutnya, perjuanganmu dilanjutkan dengan melewati jalan tanah dan berbatu dengan estimasi waktu 20 menitan.

Batu pertama ke Telaga Dringo? Kalau perlu, kamu bisa menyewa jasa guide lokal yang bakal memandumu melewati jalan yang menantang hingga sampai di venue.

3. Miniatur Ranukumbolo yang cantik

Ranukumbolo KW di Dataran Tinggi Dieng (Foto: instagram.com/pilinkecill_619)
instagram.com/pilinkecill_619

Telaga Dringo sekilas terlihat seperti Ranu Kumbolo, salah satu danau yang terletak di dalam Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, Jawa Timur. Diketahui, Wisata di Dieng ini sendiri terbentuk akibat letusan Gunung Sinila sekitar tahun 1786.

Nama 'Dringo' sendiri berasal dari nama tanaman, dlingo. Tumbuhan liar ini sejenis rerumputan yang menyebarkan bau wangi dan banyak ditemukan di bibir telaga kecuali saat musim kemarau.

Berada di destinasi yang juga dikenal dengan nama Telaga Sidringo ini kamu bisa menikmati udara bersih tanpa pencemaran. Mata air yang masih bersih hingga ikan-ikan bisa kamu lihat di sini. Tapi jangan dipancing ya, karena selain dilarang juga bakal mengganggu kelestarian alam!

Baca juga: Mengunjungi Bukit Sikunir yang Suguhkan Sunrise Terbaik Se-Asia Tenggara

4. Camping di Telaga Dringo

Camping Telaga Dringo (Foto: instagram.com/trendych)
instagram.com/trendych

Menikmati udara sejuk, hunting foto, atau sekadar melihat keindahan pemandangannya tentu bisa kamu lakukan selama berada di tempat wisata Jawa Tengah ini. Bahkan yang lebih seru lagi, kamu juga bisa mendirikan tenda di sini lho. Kamu pun cukup bayar Rp15 ribu saja per orang.

Kamu boleh camping di sekitar Telaga Dringo, tapi harus tetap jaga kebersihan dan kesopanan. Biasanya sih memang setiap akhir pekan bakal banyak ditemukan tenda milik mereka yang ingin menghabiskan waktu di kawasan danau.

Fyi, tenda nggak bisa lagi dilakukan di pinggir telaga. Batas terakhir untuk camping terletak beberapa meter di daratan atas telaga. Tujuannya menjaga keasrian ekosistem serta mencegah naiknya debit air secara tiba-tiba.

5. Mitos Telaga Dringo

Telaga Dringo (Foto: instagram.com/rudin_ufo90)
instagram.com/rudin_ufo90

Seperti tempat wisata di Indonesia yang lainnya, mitos juga berkembang di Telaga Dringo. Konon, di tempat ini hidup seekor kerbau bertanduk emas.

Hewan ini dipercaya sebagai penjaga telaga. Bahkan warga setempat juga meyakini bahwa bala bakal datang saat telaga nggak dirawat.

Well, itu dia ulasan singkat Telaga Dringo yang disebut-sebut mirip Ranukumbolo. Banyak hal menarik di wisata Dieng ini, termasuk soal mitos kerbau bertanduk emas. Gimana, kamu kapan liburan ke Telaga Dringo?