Qupas Travel

Telaga Menjer, Wisata di Wonosobo yang Sudah Eksis Sejak Zaman Penjajahan Belanda

22 February 2020, at 04:00
Telaga Menjer, Wisata di Wonosobo yang Sudah Eksis Sejak Zaman Penjajahan Belanda

Bicara soal Wonosobo, pasti sebagian dari kalian akan teringat tentang Dieng Plateau yang memang sudah populer. Tapi tahu nggak sih? Sebenarnya masih ada banyak, lho wisata di Wonosobo yang nggak kalah keren.

Telaga Menjer adalah salah satunya. Tempat wisata di Wonosobo ini menawarkan hamparan danau yang dikelilingi oleh perbukitan.

Selain keindahannya, cerita masa lalu tentang Telaga Menjer bakal menambah wawasanmu. Simak deh ulasan Qupas berikut biar nggak makin penasaran!

1. Danau vulkanik yang populer sejak zaman Kolonial

Telaga Menjer Garung (Foto: instagram.com/sapijingkrak)
instagram.com/sapijingkrak

Telaga Menjer dipercaya kalau dulunya berasal dari letusan Gunung Pakuwaja yang terletak di Dieng. Sebelum peristiwa tersebut terjadi, destinasi ini disebut-sebut hanyalah sebuah mata air kecil yang mengalir.

Lalu pada zaman pra kemerdekaan, wisata telaga di kawasan Dieng ini menjadi salah satu destinasi untuk terapi trauma warga sipil Belanda yang menjadi tahanan Jepang.

Disebut pula kalau ada lebih dari 1.000 penduduk yang direhabilitasi di Hotel Dieng waktu itu. Setiap akhir pekan, pasien trauma diajak berwisata dan salah satu tujuannya adalah Telaga Menjer.

2. Mitos Telaga Menjer

Telaga Menjer Wonosobo (Foto: instagram.com/pickypis_)
instagram.com/pickypis_

Mitos menyebut bahwa pasangan yang berlibur di wisata Wonosobo ini akan segera putus. Sebenarnya ada cerita di balik itu semua.

Dimana dulu ada kebiasaan ketika ada pasangan yang salah satunya ingin putus, ia akan memilih tempat cantik untuk mengakhiri hubungan. Tujuannya untuk mengurangi rasa sakit saat keduanya berpisah. Karena hal ini, sepertinya mitos tersebut muncul.

Namun seiring berkembangnya zaman, cerita tersebut malah terbalik. Dimana banyak wisatawan yang percaya bahwa mereka yang datang ke Telaga Menjer akan dimudahkan dalam mencari pasangan. Hmm, kamu percaya nggak?

3. Melihat Telaga Menjer dari Bukit Cinta

Bukit Cinta Lembah Seroja (Foto: instagram.com/abimanyu17)
instagram.com/abimanyu17

Di balik mitosnya yang kental, Telaga Menjer tetap menghadirkan pemandangan yang memesona. Begitu pula jika dilihat dari spot lain seperti Bukit Cinta Seroja.

Nggak jauh dari telaga, kamu akan menemukan wisata bukit yang menawarkan pemandangan kebun teh dan danau. Berbagai spot selfie hingga gubug untuk sekadar santi pun ada.

Dari Telaga Menjer, kamu hanya perlu waktu kurang dari 15 menit. Cukup menelusuri jalan yang sama di depan danau, kemudian naik ke atas bukit. Banyak papan petunjuk yang bakal mengarahkanmu ke arah destinasi satu ini.

Baca juga: Menyaksikan Telaga Cebong dari Bukit Sikunir, Serasa di Negeri Dongeng!

4. Mengelilingi Telaga Menjer dengan perahu

Perahu Telaga Menjer (Foto: instagram.com/hayunariskap)
instagram.com/hayunariskap

Selain hanya melihatnya dari atas Bukit Cinta Lembah Seroja, kamu juga bisa sewa perahu untuk melihat Telaga Menjer dari dekat.

Tarifnya nggak mahal kok. Cukup sediakan budget mulai Rp15 ribu per orang, kamu sudah bisa menikmati pemandangan danau yang dikelilingi perbukitan selama kurang lebih 30 menit.

5. Lokasi dan tiket masuk Telaga Menjer

Telaga Menjer (Foto: instagram.com/retnosa96)
instagram.com/retnosa96

Lokasi Telaga Menjer berada di Kecamatan Garung. Letaknya sekitar 12 kilometer dari pusat Kota Wonosobo. Karena berada di dekat jalan raya dekat Pasar dan PLTA Garung, maka kamu nggak akan kesulitan untuk menemukannya.

Untuk bisa liburan di sini, kamu nggak perlu merogoh kocek terlalu dalam kok. Cukup sediakan biaya sekitar Rp5 ribu saja untuk tiket masuk Telaga Menjer.

Wah, murah ya? Jadi nggak perlu lagi dong, untuk liburan ke Telaga Menjer yang bukan cuma menyajikan hamparan danau seluas 70 hektar, tapi juga perbukitan di sekitarnya.