Telinga Berdenging Bukan Penyakit, ini Faktanya!

11 December 2018, pada 09:00
2
0
Telinga Berdenging Bukan Penyakit, ini Faktanya!

Kamu pernah merasa telingamu berdenging? Atau merasa mendengar suara-suara samar tapi tidak ada siapa pun atau apapun yang menghasilkan suara di dekatmu dan hal tersebut terjadi secara terus-menerus?

Hmm, itu bukan pertanda kamu sedang kerasukan atau diikuti oleh hantu ya teman-teman! Kemungkinan besar kamu mengalami tinnitus.

Tinnitus ini bukan lah sebuah penyakit. Tapi ini merupakan gejala atau tanda bahwa ada sesuatu yang tidak beres dengan tubuhmu.

Biasanya hal ini berkaitan dengan cidera telinga, gangguan pada sistem sirkulasi tubuh atau penurunan fungsi pendengaran seiring bertambahnya usia. Jadi, apa saja ya fakta tentang tinnitus ini?

1. Gejala

gejala
yucatan.com.mx

Sebagian besar pengidap tinnitus akan mendengar bunyi berdenging pada telinga, tetapi tidak menutup kemungkinan bahwa kamu bisa mendengar suara siulan atau desisan juga.

Bunyi-bunyi itu bisa saja terdengar di kedua telinga, atau hanya salah satu saja.

gejala tinnitus
formacionyestudios.com

Pada umumnya, suara hanya dapat di dengar oleh penderita. Tetapi terkadang ada pula dokter yang bisa mendengar suara-suara tersebut ketika memeriksa telinga pasien.

Tinnitus biasanya bukan merupakan kondisi yang serius dan bisa sembuh dengan sendirinya.

2. Penyebab

penyebab
klikdokter.com

Tinnitus biasanya terjadi pada lansia akibat penurunan fungsi pendengaran. Tetapi siapa pun bisa mengalami gejala ini, lho! Jadi kamu harus berhati-hati.

Biasanya, hal ini disebabkan oleh berbagai penyakit. Kerusakan pada telinga bagian dalam menjadi salah satu faktor kuat yang dapat menyebabkan tinnitus.

penyebab tinnitus
pexels.com

Selain itu, mendengarkan suara yang terlalu nyaring secara terus-menerus juga dapat menyebabkan tinnitus. Misalnya mendengarkan lagu melalui earphone dengan volume tinggi atau pegawai pabrik yang setiap hari mendengarkan suara mesin yang kencang.

Pecahnya gendang telinga, penumpukan kotoran atau cairan, infeksi, cedera kepala atau leher, dan efek samping obat-obatan juga dapat menjadi penyebab tinnitus, lho!

3. Diagnosa

diagnosa
corbis.com

Diagnosa dan pemeriksaan akan dilakukan untuk memastikan penyebab dan seberapa parah tinnitus yang dialami. Bisanya hal ini dilakukan oleh dokter THT (Telinga, Hidung, dan Tenggorokan).

Dokter akan memintamu untuk mendeskripsikan bunyi-bunyi yang kamu dengar, memeriksa seberapa parah pendengaranmu, mengecek telinga dan meminta riwayat kesehatan.

diagnosa tinnitus
pexels.com

Bila dibutuhkan akan dilakukan pemeriksaan lanjutan seperti tes darah, MRI dan CT scan.

Setelah diketahui penyebab dari tinnitus kamu akan dianjurkan atau dirujuk sesuai dengan penyebab tinnitusmu.

Baca Juga: Ngeri, Ada Seekor Laba-Laba Bersarang di Telinga Pria ini

4. Pengobatan

pengobatan
stock.adobe.com

Pengobatan tinnitus harus sesuai dengan penyebabnya. Misalnya jika tinnitus terjadi karena penumpukan kotoran maka kamu harus melakukan pembersihan telinga.

Kalau hal tersebut disebabkan oleh obat-obatan, kamu harus berkonsultasi dengan doktermu apakah harus mengganti obat atau bagaimana.

pengobatan tinnitus
hellosehat.com

Jika penyebab tinnitus tidak diketahui, kamu bisa melakukan terapi suara maupun tinnitus, menggunakan alat bantu dengar atau prosedur operasi.

Semua tergantung pada tingkat apa tinnitusmu dan apa yang disarankan oleh dokter, ya!

5. Tinnitus Parah

tinnitus parah
klikdokter.com

Penderita tinnitus terkadang tidak sadar dengan keadaannya. Tinnitus memang biasanya bisa sembuh dengan sendirinya.

Tetapi apa salahnya pergi ke dokter sebagai upaya pencegahan? Benar kan? Jika memang terasa ada yang berdenging di telinga terus-menerus dan itu bukanlah hal yang biasa, segera periksa ke dokter.

Tinnitus juga bisa menjadi parah, tergantung apa yang menjadi penyebabnya. Kamu bisa kehilangan pendengaran kalo tidak segera ditangani.

tinnitus parah sekali
catatanmini.com

Kamu harus segera ke dokter terutama jika tinnitusmu terjadi setelah mengalami beberapa kondisi sebagai berikut:

  • Infeksi saluran pernafasan atas seperti flu
  • Tinnitus disertai pusing atau hilang pendengaran
  • Ketika bunyi yang kamu dengar sangat mengganggu bahkan membuatmu susah tidur dan depresi

Nah, itu dia 5 fakta tentang tinnitus atau lebih dikenal dengan telinga berdenging. Meskipun sebenarnya bukan sebuah penyakit, tetapi ini merupakan gejala yang menunjukkan bahwa ada bagian tubuhmu yang tidak sehat, terutama bagian telinga, hidung, atau tenggorokan.

Jangan sepelekan gejala-gejala yang muncul pada tubuh kita ya. Karena bisa jadi itu membawa masalah yang besar nantinya. Kamu harus selalu waspada, oke?

Kamu bisa mencegah tinnitus dengan cara mengurangi penggunaan earphone secara berlebihan dan rajin membersihkan kotoran telinga.

0 Komentar