Tengkleng Bu Edi, Kuliner Solo yang Nggak Pernah Sepi dan Jadi Favoritnya Pak Jokowi

30 March 2019, at 05:00
0
0
Tengkleng Bu Edi, Kuliner Solo yang Nggak Pernah Sepi dan Jadi Favoritnya Pak Jokowi

Ada punya rencana jalan-jalan ke Solo dalam waktu dekat ini? Wah, kebetulan nih Qupas punya rekomendasi menu makanan enak di Kota Budaya tersebut.

Tengkleng Bu Edi namanya. Tempat makan di Solo ini punya bumbu rahasia dalam kuah masakan yang bikin banyak orang ingin kembali terus. Hanya dengan mencium aroma wangi hidangan saja sudah bikin mulut berliur.

Langsung saja yuk, simak ulasan tentang kuliner legendaris Solo yang sayang kalau dilewatkan begitu saja.

1. Langganannya Pak Jokowi

kuliner legendaris solo
instagram.com/arifbarokah

Tengkleng Solo ini memang sudah buka sejak tahun 1971 hingga hari ini. Cita rasa pada masakan terus dipertahankan. Ini yang membuat semua orang ingin menyantapnya terus menerus.

Nggak heran kalau banyak orang yang penasaran menyicipi menu makanan khas Kota Budaya yang lezatnya bikin terngiang ini. Bahkan sebelum buka, sudah ada banyak orang yang rela mengantre.

tengkleng bu edi solo
instagram.com/belangaindonesia

Pelanggan setianya bukan hanya masyarakat biasa, tapi juga Pak Jokowi yang saat itu masih menjabat menjadi Walikota Solo.

Saat ada acara kunjungan ke rumah dinas pun Pak Jokowi juga memesan sebagai suguhan menu makanan. Bahkan, saat acara pernikahan anak pertamanya, beliau juga memesan kuliner Legendaris ini.

Baca juga : 8 Kuliner Solo dengan Rasa Sejuta Rempah-Rempah

2. Kenikmatan Masakan dari Resep Turun Temurun

kuliner tengkleng solo
instagram.com/triat_m

Kuliner Solo dengan bahan dasar kambing yang memiliki kuah mirip dengan gulai tapi agar encer seperti sup ini memang melezatkan. Terlebih dengan isian rebusan tulang dan daging yang masih menempel.

Disuguhkan dengan pincukan daun pisang, rasa nikmat semakin bertambah dan kesan tradisional kian kental. Ada pun dalam satu porsi tengkleng, isiannya beragam, seperti:

  • Lidah
  • Iga
  • Sumsum
  • Mata
  • Jeroan

Tinggal pilih deh mau tengkleng dengan isian apa.

tengkleng bu edi masakan
instagram.com/solodelicious

Dalam sehari, warung makan enak di Solo ini bisa menyajikan hampir 300 porsi dengan 60 kepala kambing, 50 kg tulang, 80 buah kaki kambing, dan 20 kg jeroan kambing.

Semua itu diolah dengan bumbu sederhana, mulai dari bawang merah, bawang putih, merica, ketumbar, jahe, dan lengkuas. Untuk harga per posinya juga nggak terlalu mahal, yaitu hanya Rp25.000,00 saja. Gimana mau mencobanya?

3. Lokasi Tengkleng Bu Edi, Kuliner Legendaris Solo

lokasi tengkleng bu edi
instagram.com/kulinersolomurah

Lokasi Kuliner Tengkleng Bu Edi berada di Pasar Klewer Solo, Jalan DR. Radjiman, Surakarta. Buka dari jam 12.30 sampai 16.00 WIB.

Saat didirikan oleh Bu Edi, tengkleng di jual di bawah gapura Pasar Klewer. Namun karena dilarang berjualan di sana, kedai makan murah ini pindah ke Pendopo Taman Arkir Pasar Klewer.

sajian sate tengkleng bu edi solo
instagram.com/tyas.retry

Karena olahan daging kambing masih banyak digemari oleh orang-orang, nggak heran kalau dalam waktu dua jam saja kuliner legendaris Solo ini sudah habis terjual.

Untuk mengantisipasi kehabisan tengkleng, kamu bisa datang tepat pukul jam 12 siang. Cocok nih untuk menu makan siang bersama keluarga besar.

Baca juga : Sekian Kuliner Solo Ini Sajikan Sepiring Rica Pedas, Bikin Nambah Nasi Terus

Nah, itulah tengkleng Bu Edi yang recommended untuk kamu coba sesampainya di Solo. Selain menu kuah tulang dan jeroan kambing, kamu juga bisa mencoba menu sate buntel yang nggak kalah nendang di lidah.

Yuk coba kuliner Nusantara ini!

0 Comment