Tengkleng Pak Manto, Kuliner Solo yang Sajikan Tulang Kambing Hingga 200 Kg Per Hari

30 November 2019, at 19:00
0
0
Tengkleng Pak Manto, Kuliner Solo yang Sajikan Tulang Kambing Hingga 200 Kg Per Hari

Ada yang punya rencana jalan-jalan ke Solo dalam waktu dekat ini? Nggak ada salahnya untuk mencicipi rekomendasi menu makanan enak di Kota Budaya itu lho.

Tengkleng Pak Manto misalnya. Tempat makan di Solo ini menyajikan olahan daging kambing dengan bumbu yang bikin mulut berliur.

Darripada penasaran, langsung saja deh, simak ulasan tentang kuliner Solo yang mendunia berikut ini!

1. Baru saja ditinggal oleh sang pemilik

tengkleng khas solo
instagram.com/thoryc.id

Usaha kuliner lezat di Solo ini baru saja ditinggal oleh pemilik sekaligus peracik bumbu tengklengnya. Sumanto, pemilik warung makan enak ini meninggal dunia akibat sakit lambung yang dideritanya.

Seperti yang diketahui, Pak Manto sudah beberapa kali keluar masuk rumah sakit selama empat bulan ini.

Sejak saat itu, Pak Manto selalu mengeluhkan sakit pada bagian perut yang mengharuskanya rehat dari urusan usaha kulinernya.

2. Usaha kuliner kambing yang sudah dirintis sejak tahun 1990

kuliner khas solo enak
instagram.com/soloinfo

Pak Manto merintis usaha tengkleng ini dari nol. Di tahun 1990, ia mulai membuka kuliner ini dari warung sederhana di daerah Pasar Kembang.

Kenikmatannya yang lezat dan racikan bumbu yang tiada bandingannya, bikin pengunjung selalu kembali datang. Dari situ lah, usahanya kemudian berkembang pesat hingga hari ini.

Untuk sajian tengklengnya sendiri, dimasak dari daging kambing yang masih melekat dengan tulang-tulangnya. Untuk menyantapnya pun harus menggunakan tangan tanpa sendok biar nggak ribet dan lebih nikmat.

3. Satu porsi tengkleng jumbo yang bisa dinikmati dua orang

satu porsi menu tengkleng jumbo
instagram.com/foodphotowork

Dimasak secara tradisional dalam sebuah tungku dan bara api, kuah bumbu tengklengnya berwarna merah kehitaman dari tambahan kecap.

Nggak lupa juga, tambahan santan agar kuahnya lebih kental. Diakhir penyajian, ditaburkan merica bubuk untuk menambah sensasi rasa hangat di tenggorokan.

Sajian tengklengnya lumayan banyak dalam satu porsi. Kalau kamu tipe orang yang makan sedikit, sebaiknya bagi dua sama orang lain ya!

Baca juga: Grandis Barn, Tempat Nongkrong Baru di Solo Raya yang Super Kece!

4. Dalam satu hari, bisa menghabiskan 200 kg tengkleng

kuliner tengkleng di solo
instagram.com/jogjaeatguide

Selain menjual tengkleng, kuliner khas Solo ini juga menawarkan sate kambing. Nggak heran kalau dalam sehari, Tengkleng Pak Manto bisa menghabiskan 200 kg tulang dan 80 kg daging kambing.

Olahan daging kambing lainnya nggak kalah mantap. Diolah menjadi sate buntal yang nggak bau prengus. Tekstur dagingnya pun lembut.

5. Lokasi Tengkleng Pak Manto

lokasi tengkleng pak manto
instagram.com/anggabaktif

Biar nggak penasaran, kamu bisa langsung menjajal Tengkleng Pak Manto di Jalan Honggowongso No.36, Sriwedari, Laweyan, Surakarta.

Buka mulai dari jam 9 pagi hingga 7 malam, saat akan berkunjung ke sana, baiknya hindari jam makan siang biar nggak antre lama.

Well, tempat makan tengkleng enak di Solo ini nggak boleh kamu lewatkan. Oh ya, harga per porsinya sekitar Rp50ribu saja. Cukup terjangkau kan?

0 Comment