Terasa Sepele, 6 Kebiasaan Penyebab Penuaan Dini Ini Bikin Kamu Cepat Keriput

25 November 2019, at 18:00
0
0
Terasa Sepele, 6 Kebiasaan Penyebab Penuaan Dini Ini Bikin Kamu Cepat Keriput

Meski penuaan adalah proses alamiah yang pasti terjadi pada wanita ataupun pria, tapi muncul keriput di usia muda tentu bukan jadi harapan semua orang. Untungnya hal ini masih bisa dihindari.

Supaya kulitmu tetap sehat, segar, dan awet muda, kamu tentunya harus menghindari berbagai penyebab penuaan dini. Dan tahu nggak sih, ternyata banyak lho kebiasaan sehari-hari yang tanpa disadari bikin cepat tua.

Nah, biar nggak menua sebelum waktunya, mulai dari sekarang coba deh waspadai kebiasaan sepele penyebab penuaan dini berikut ini.

1. Terlalu Banyak Duduk

terlalu banyak duduk penyebab penuaan dini
videoblocks.com

Dilansir dari cnnindonesia.com, terlalu banyak duduk ternyata bisa membuat sel-sel tubuh menua lho. Padahal, orang yang menempuh pendidikan ataupun bekerja, setiap harinya banyak menghabiskan waktu dengan duduk.

Untuk mengatasinya, kamu bisa memperbanyak aktivitas fisik. Selain rutin berolahraga, menambah porsi jalan kaki juga bisa mencegah penuaan dini.

2. Terjebak Macet

terjebak macet penyebab penuaan dini
ctgusa.net

Kalau kamu hidup di kawasan perkotaan, terjebak macet mungkin sudah jadi rutinitasmu sehari-hari. Sayangnya, selain bisa berdampak pada kesehatan mental, hal ini juga bisa mempercepat penuaan lho.

Apalagi kalau kamu berkendara dengan menggunakan motor. Polusi, debu, paparan sinar matahari bakal lebih mudah menyerang kulitmu.

Sebagai solusinya, kamu bisa lho memilih kendaraan umum yang bebas macet dan selalu jaga kulitmu dengan skincare anti polusi.

3. Malas Merawat Kulit

malas merawat kulit adalah penyebab penuaan dini
galmeetsglam.com

Seperti yang disinggung sebelumnya, penyebab penuaan dini pada pria ataupun wanita bisa dipicu oleh paparan polusi, debu, dan sinar matahari. Maka dari itu, jangan pernah malas merawat kulit kalau nggak mau muncul kerutan ataupun flek hitam di usia muda.

Di pagi hari, minimal selalu oleskan sunscreen dan pelembap supaya kulitmu awet muda. Sedangkan saat malam menjelang, segera bersihkan wajahmu dan aplikasikan night treatment secara rutin.

Baca juga: Nggak Perlu Ribet, Langkah Perawatan Wajah Sebelum Tidur Ini Bikin Kulitmu Glowing

4. Posisi Tidur Tengkurap

tidur tengkurap penyebab penuaan dini
thepipettepen.com

Kebiasaan yang mempercepat penuaan ini jarang disadari. Ya, posisi tidur yang salah seperti tengkurap dan menempelkan wajah pada bantal ternyata bisa mendatangkan keriput lho.

Untuk menghindari munculnya tanda-tanda penuaan dini, baiknya selalu tidur dalam posisi telentang. Bila lebih nyaman untuk terlelap dalam posisi miring, usahakan untuk memilih bahan sarung bantal yang lembut dan rutin menggantinya.

5. Mengonsumsi Minuman Sembarangan

minuman bersoda penyebab penuaan dini
babycenter.com

Kalau kamu masih sering mengonsumsi minuman bersoda atau yang mengandung alkohol, baiknya hentikan mulai sekarang. Karena keduanya bisa membuat kulit dehidrasi dan mengurangi kadar vitamin A dalam tubuh.

Akibatnya, kulitmu bakal terasa kering dan terlihat kusam. Lebih baik, ganti minuman bersoda dengan air putih, teh herbal, atau jus buah tanpa tambahan banyak gula.

6. Merokok

merokok penyebab penuaan dini
unsplash.com

Bukan cuma mengganggu kesehatan tubuh, racun dari kebiasaan merokok juga menyebabkan timbulnya garis-garis halus dan membuat kulit menua sebelum waktunya lho.

Seperti yang diketahui pula, tembakau di dalamnya mengandung lebih dari 3.800 komponen kimia yang bisa merusak jaringan kulit. Bahkan asap rokok juga bisa bikin rambut cepat beruban lho.

Nah, itulah 6 kebiasaan penyebab penuaan dini yang masih sering disepelekan. Untuk itu, jangan pernah malas untuk memerhatikan kesehatan kulit dari sekarang ya!

0 Comment