Terinspirasi dari Serangga, Karya Jenius Aim Dipamerkan di Artotel Surabaya

26 February 2019, at 11:00
0
0
Terinspirasi dari Serangga, Karya Jenius Aim Dipamerkan di Artotel Surabaya

Artotel Surabaya kembali menyelenggarakan pameran seni tunggal yang mengawali tahun 2019.

Kali ini giliran seni dua dimensi bertema "Insting" karya seniman Immanullah Nur Amala atau yang biasa disapa Aim itu terpampang di ARTSPACE ARTOTEL Surabaya, tepatnya di lobby hotel.

Pameran tunggal ini diprakarsai oleh Artotel Project Series (APS), event management dari ARTOTEL Group yang fokus menyelengarakan berbagai kegiatan seni. Mulai dari pameran, workshop seni hingga kegiatan musik yang mengusung gaya hidup masa kini.

Baca juga: Wow! Hotel di Surabaya Ini Punya Desain Unik dan Kaya akan Unsur Seni

Pada pameran seni kontemporer ini, APS bekerjasama dengan seniman kelahiran Karanganyar, 23 Oktober 1996, yang menampilkan karyanya dalam wujud serangga.

pameran seni artotel surabaya
instagram.com/artotelsurabaya

Karya seni dua dimensi karya Aim ini memadukan antara figur serangga dipadukan dengan batik yang menjadi identitas budaya Indonesia.

Saat ditanya mengenai alasan memilih figur serangga, mahasiswa semester 8 jurusan ArsiteK UIN Malang ini mengatakan jika hal itu adalah refleksi dirinya.

Ide dari sejumlah lukisan bertema Insting ini berasal dari berbagai hal yang datang saat bagun tidur, bersepeda hingga pengalaman pribadinya yang dituangkan dalam bentuk guratan cat di atas kanvas.

seni lukis artotel surabaya
instagram.com/artotelsurabaya

"Tema Insting diambil karena Insting merupakan anugerah yang dimiliki oleh semua makhluk untuk bertindak tepat menurut dirinya sendiri, hewan atau serangga menggunakan instingnya untuk bertahan hidup," jelas Aim.

"Insting sendiri memiliki dua arti yaitu tentang insting secara harfiah dan juga insthink (instan think) yang pada dasarnya manusia berfikir secara spontan. Ide spontan tersebut menjadi sebuah karya yang diceritakan pada pameran ini dalam menanggapi isu lingkungan dan sosial yang ada di sekitar kita," tambahnya.

Sementara pemilihan figur serangga karena dianggap hewan yang memiliki beragam bentuk ini juga merefleksikan berbagai keadaan dalam kehidupan ini.

artotel surabaya
dokumentasi qupas.id

"Figur serangga ini sangat fleksibel untuk dijadikan sebagai suatu figur untuk mempresentasikan suatu kepribadian orang," ujar seniman yang gemar melahap makan sate Ponorogo ini.

Karya Aim yang menghiasi lobby Artotel Surabaya di antaranya berjudul:

  • Bisik Serangga
  • Give for Given
  • Omnivor
  • Lucent Ecosystem
  • Self Potrait on Figure Version
  • Imun
  • Love Sistem

Perlu kamu ketahui, ketujuh karya seni dua dimensi ini bisa kamu lihat di ARTSPACE Artotel Surabaya hingga 31 Maret 2019. Yuk datang ke hotel di Surabaya yang unik ini. Mumpung belum acara keren ini belum berakhir, lho.

Baca juga: Murah Tapi Tetap Berkualitas, Yuk Booking Kamar di Hotel Surabaya Ini!

pameran lukisan di artotel surabaya
instagram.com/artotelsurabaya

Terlahir dari dua orang tua yang bekerja sebagai guru, Aim justru tumbuh dalam dunia seni. Prestasinya pun tak main-main.

Suami dari Ria ini pernah memenangi kompetisi desain juara 3 "Design Patch Competition" by Pencil Terbang at Yogyakarta,pada tanggal 20 Oktober 2017. Karyanya pun mendapatkan apresiasi dan dicetak A5 Magazine Portofolio edisi 15 Juni di Inggris.

0 Comment