Terjadi Lagi! 65 Hektar Padang Savana di Bromo Terbakar Hangus Terbakar

03 September 2018, at 12:45
0
0
Terjadi Lagi! 65 Hektar Padang Savana di Bromo Terbakar Hangus Terbakar

Belum genap setahun kabar miris menyayat hati perihal terbakarnya Gili Lawa di Flores, kini kabar lainnya datang dari padang savana yang terbakar di Bromo. Kebakaran yang sudah terjadi sejak sabtu pukul 9 pagi itu hingga kini masih belum bisa dipadamkan.

Baca juga: Sebuah Kampung Adat di NTT Kebakaran Hebat tadi Malam, Begini Kronologinya

Parahnya lagi, si jago merah kian melahap lahan rerumputan di ketinggian 500meter sebelah timur bukit Teletubies. Sebanyak 15 petugas dari Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) sudah diturunkan untuk memadamkan api. Namun, api terus meluas menyantap alang-alang dan pohon cemara kering dengan tinggi 150sentimeter.

kebakaran gunung bromo
regional.kompas.com

Ada 83 warga sekitar yang ikut membantu memadamkan api dengan alat seadanya. Usaha itupun masih sia-sia. Titik awal kebakaran berada tepat di lereng perbukitan Teletubies berjarak 5km dari kawah gunung Bromo.

Kawasan itu termasuk dalam wilayah Kabupaten Probolinggo. Di bukit Teletubies bukan hanya ditumbuhi alang-alang dan pohon cemara, namun ada bunga Edelweis cantik yang juga hangus terbakar. Wah sayang sekali ya. 

kebakaran bukit teletubies
twitter.com/bpbdkabmalang

Upaya yang bisa dilakukan hanya mengibas-ibaskan ranting basah dan menyemprotkan api dengan tangki gendong. Menjauhkan daun atau ranting kering agar api tidak semakin meluas. Upaya itu masih dilakukan semaksimal mungkin, karena membawa kendaraan pemadam kebakaran tidaklah mungkin mengingat medan yang sulit dijamah mobil.  

Baca juga: Penampakan Gili Lawa Pasca Kebakaran, Rusaknya Surga Indonesia

Di tempat yang sama, Kepala Seksi 2 TNBTS, Sarmin mengatakan saat ini pihaknya masih berupaya untuk memadamkan api. Pasalnya luas padang savana yang sudah terbakar seluas 65hektar.

kebakaran bromo 2018
beritametro.news

Untuk penyebabnya masih belum diketahui pasti, bisa karena faktor cuaca atau kelalaian manusia. Yang terpenting, saat ini mereka masih fokus memadamkan api. Para wisatawan yang berniat berkunjung ke Bromo, masih bisa. Dengan cara masuk lewat pintu tiket Cemoro Lawang, Ngadisari, Sukapura.

Butuh usaha lebih karena medan yang dilewati adalah lautan pasir yang bisa menjebak roda kendaraan. Hanya pintu tiket Jemplang yang ditutup karena dikhawatirkan akan ada kobaran api yang menyambar tiap waktu.

0 Comment