Terjawab Sudah, Ini Alasan di Balik Foto KTP atau SIM yang Selalu Tidak Memuaskan

09 February 2019, at 10:00
0
0
Terjawab Sudah, Ini Alasan di Balik Foto KTP atau SIM yang Selalu Tidak Memuaskan

Setelah berusia 17 tahun, sebagai warga negara Indonesia kamu diwajibkan memiliki kartu tanda penduduk alias KTP.

Sebagian besar urusan penting seperti membuka rekening Bank, membeli tiket, dan lain sebagainya membutuhkan kartu ajaib ini.

Namun, sadarkan kamu bahwa foto KTP tidak pernah sesuai dengan harapanmu? Bahkan, hal ini sudah menjadi rahasia umum, lho.

Baca Juga: Foto Lucu Ini Buktikan Bahwa Hewan Juga Eksis

Pernahkah kamu bertanya-tanya, kenapa foto KTP atau SIM selalu jelak? Mungkin beberapa hal ini bisa menjawab pertanyaan tersebut.

1. Bukan Fotografer

ilustrasi bukan fotografer membuat foto ktp jelek
pexels.com/@tookapic

Banyak faktor yang bisa menjadi penyebab foto KTP jelek. Salah satunya yaitu karena fotografernya bukanlah orang yang profesional. Petugas yang mengambil fotomu biasanya merupakan pegawai kelurahan atau kabupaten.

ilustrasi fotografer tidak andal foto ktp dan sim
pexels.com/@freestocks

Sehingga wajar saja jika ia tidak piawai dalam mengambil gambar atau mengoperasikan kamera. Hal ini kemudian membuat kartu identitas atau surat izin mengemudimu menjadi tidak sesuai harapan.

2. Kualitas Cahaya

ilustrasi pencahayaan jelek foto ktp jelek
pexels.com/@paula-schmidt-353488

Jika diperhatikan, ruangan foto untuk dua kartu tersebut terkadang tidak memiliki pencahayaan yang baik. Ini juga merupakan salah satu faktor dari hasil foto yang jelek.

Hal ini menyebabkan kulit menjadi semakin gelap daripada aslinya. Jika menggunakan flash, maka wajah akan terlihat terlalu berminyak.

ilustrasi ruangan pencahayaan minim foto jelek
pexels.com/@oleg-magni

Pencahayaan memang sangat berpengaruh pada kualitas dari fotomu, lho. Jika tidak menjadi gelap, maka kamu akan menjadi terlalu bercahaya hingga terlihat tak masuk akal.

3. Lama Menunggu

ilustrasi lama menunggu menbuat foto ktp jelek
medium.com

Masih tentang jumlah antrian yang sangat panjang dan membuatmu lama menunggu. Meskipun difoto dalam keadaan siap, sepertinya foto KTPmu akan tetap terlihat jelek.

Hal ini karena kamu sudah menunggu terlalu lama sehingga kondisi wajah sudah tidak segar lagi.

ilustrasi menunggu lama foto ktp jelek
mgeonline.com

Apalagi jika kamu membuatnya saat pulang sekolah, bisa membayangkan kan bagaimana kondisi wajah ketika itu? Jika demikian, kamu wajib maklum dengan hasil foto KTP yang tidak sesuai keinginan tersebut.

Baca Juga: Foto-Foto Ini Bikin Kamu Mikir Dua Kali!

4. Kamera tidak Mumpuni

ilustrasi kamera tidak mumpuni foto ktp jelek
pexels.com/@bruzewalker

Ternyata bukan hanya fotografernya, alat mengambil gambarnya juga bisa menjadi masalah. Apakah kamu pernah memerhatikan kamera apa yang digunakan oleh petugas untuk mengambil foto KTP atau SIMmu?

ilustrasi kamera jelek foto jelek
villageblacksmith.consulting

Baik atau burunya hasil foto tidak dapat dilepaskan dari kamera yang digunakan. Meskipun tidak bisa fotografi, tetapi bisa menggunakan dengan optimal maka hasilnya akan tetap baik.

Namun jika yang bermasalah adalah alatnya, mau bagaimanapun akan tetap jelek.

5. Belum Siap

belum siap saat difoto foto ktp jelek
wolipop.detik.com

Antrean orang yang membuat SIM dan KTP di Kantor Kelurahan dan Polres yang sangat panjang mungkin menjadi salah satu penyebab foto yang jelek.

Hal ini bisa jadi membuat petugas menjadi terburu-buru dan akhirnya memotretmu ketika kamu belum siap.

belum siap saat difoto foto ktp jelek
korea.iyaa.com

Tahu-tahu sudah muncul cahaya terang dari kamera dan terdengar bunyi cekrek, dan selesailah sesi pemotretan.

Jika demikian yang terjadi, jangan kaget saat melihat hasil foto KTPmu, ya! Sudah bisa dipastikan foto jelekmu akan terpampang di sana.

Baca Juga: 8 Foto ini Membuktikan Bahwa Angle Camera itu Penting saat ‘Selfie’

Nah, itu dia 5 kemungkinan penyebab foto KTP dan SIM yang selalu jelek dan menjadi bahan olok-olokan dengan sahabat. Kalau kamu, kemungkinan mana yang paling mendekati?

Meskipun demikian, kamu tidak boleh malu menunjukkan kartu-kartu ini karena foto jeleknya, ya. Bagaimapun KTP dan SIM sangat berguna dan sangat dibutuhkan.

0 Comment