Terkadang Orang Tua Perlu Membiarkan Anak Gagal untuk Membuatnya Banyak Belajar

11 November 2019, at 15:00
0
0
Terkadang Orang Tua Perlu Membiarkan Anak Gagal untuk Membuatnya Banyak Belajar

Di dunia ini, mungkin nggak ada orang tua yang ingin melihat anaknya gagal dan merasakan kesakitan. Meskipun demikian, kegagalan merupakan sesuatu yang nggak terpisahkan dari fase kehidupan seseorang.

Maka dari itu, selain perlu memberikan dukungan bagi keberhasilan orang tua juga perlu memaklumi dan sesekali membiarkan anak gagal agar ia dapat mempelajari beberapa hal berikut ini.

1. Belajar Bahwa Kegagalan Nggak Perlu Ditakuti

mencintai anak
depositphotos.com

Terkadang, orang tua perlu membiarkan anak mencicipi kegagalan. Hal tersebut secara nggak langsung akan membuat si kecil belajar bahwa kegagalan bukanlah sesuatu yang perlu ditakuti.

Anak akan paham bahwa gagal merupakan salah satu hal yang nggak terhindarkan dan pernah atau akan dialami oleh semua orang.

2. Belajar Lebih Menghargai Keberhasilan

membiarkan anak gagal
cilc.org\

Selain itu, anak yang dibiarkan berkenalan dengan kegagalan akan tumbuh menjadi pribadi yang lebih menghargai keberhasilan.

Karena pernah gagal, si kecil akan lebih menikmati dan menghargai proses dalam mencapai sesuatu sehingga nggak hanya berfokus pada hasil akhir saja.

3. Belajar untuk Bangkit dan Memulai Kembali

anak gagal
gemmlearning.com

Menurut psikolog Lynn Margolies, Ph.D., orang tua yang ikut campur secara berlebihan dalam kehidupan anak untuk menghindarkan mereka dari kegagalan justru akan membuat buah hati tumbuh menjadi pribadi yang mudah gagal.

Oleh sebab itu, nggak masalah sesekali membiarkan anak merasakan kegagalan. Orang tua bisa menunjukkan dukungan dan keyakinan kepada buah hati agar mereka bisa bangkit, mencoba, dan memulai kembali.

Baca Juga: Sesekali Membiarkan Anak Merasa Bosan Ternyata Baik untuk Perkembangannya, Kok Bisa?

4. Memiliki Mental yang Lebih Sehat

perkembangan mental anak
depositphotos.com

Tahukah kamu, memaklumi kegagalan anak ternyata nggak akan membuat mereka lemah secara mental lho. Sebaliknya, hal tersebut akan membuat buah hati lebih berani, kuat dan memiliki mental yang sehat.

Menurut Child Mind Institute, anak yang memiliki pemahaman bahwa kegagalan merupakan hal yang nggak termaafkan lebih rentan terhadap gangguan kecemasan, sulit beradaptasi, dan takut mencoba hal baru.

5. Merasa Lebih Dicintai

anak bahagia
thelovelist.net

Memberikan kesempatan pada anak untuk merasakan kegagalan juga akan membuatnya merasa lebih dicintai. Pasalnya, selalu menuntut si kecil untuk berhasil akan membuatnya tertekan dan sulit mencintai diri sendiri.

Saat kegagalannya dimaklumi dan mendapatkan dukungan dari orang tercinta, anak akan merasa diterima dan dicintai apa adanya.

Jadi, nggak masalah kalau sesekali Sobat Qupas membiarkan atau memaklumi kegagalan buah hati. Berikan dukungan yang positif agar si kecil belajar untuk bangkit lagi dan memiliki tujuan baru ya!

0 Comment