Qupas Family

Terkesan Merepotkan, Punya Anak yang Jarak Usianya Dekat Ternyata Menguntungkan!

01 May 2020, at 08:59
Terkesan Merepotkan, Punya Anak yang Jarak Usianya Dekat Ternyata Menguntungkan!

Baru-baru ini, Raditya Dika mengumumkan kabar bahagia melalui sosial medianya. Komedian tersebut menyebutkan bahwa istrinya, Anissa Azizah, sedang berbadan dua. Padahal, belum genap satu tahun pasangan tersebut dikaruniai buah hati yang bernama Alea.

Hal tersebut pun membuat banyak orang terkejut dan membayangkan betapa repotnya apabila mengasuh dua anak dengan usia yang bedekatan.

Meskipun tersebut merepotkan, ternyata punya anak yang jarak usianya dekat juga memiliki beberapa keuntungan lho! Kira-kira apa saja ya?

1. Anak Punya Teman Bermain

Jarak Usia Anak (Foto: chesapeakefamily.com)
chesapeakefamily.com

Mengurus bayi terkadang membuat orang tua menjadi lebih sibuk dan nggak memiliki banyak waktu luang untuk si kakak. Hal tersebut berpotensi untuk menyebabkan kecemburuan di hati anak pertama lho!

Akan tetapi, memiliki anak dengan jarak usia yang cukup dekat akan cukup merepotkan sekaligus menguntungkan. Pasalnya, buah hati akan menjadi teman bermain dan nggak merasa kesepian.

2. Anak Memiliki Ikatan yang Kuat

Mengasuh Anak Usia Berdekatan (Foto: pinterest.com)
pinterest.com

Selain membuat anak memiliki teman bermain, jarak usia buah hati yang dekat juga membuat mereka memiliki ikatan yang lebih kuat. Secara alami, kakak dan adik akan saling menyayangi.

Si kakak akan menjadi lebih sabar dan belajar untuk melindungi adiknya, sedangkan adiknya akan menjadikan kakak sebagai contoh dan panutan.

Baca juga: Jarak Usia Anak Pertama dan Kedua Cukup Jauh? Ini Keuntungan Nggak Terduga yang Bisa Didapat

3. Anak Cenderung Memiliki Rutinitas yang Sama

​​​​​​​Usia Anak Berdekatan (Foto: 123rf.com)
123rf.com

Keuntungan lain dalam mengasuh anak yang usianya berdekatan adalah mereka cenderung memiliki rutinitas yang sama. Hal ini membuat pengawasan orang tua menjadi lebih mudah sehingga bisa menghemat tenaga.

Nggak cuma tenaga, pembelian beberapa barang juga bisa dihemat karena apabila memiliki rutinitas yang sama kemungkinan besar buah hati juga memiliki hobi atau kesukaan yang mirip.

4. Anak Belajar Berbagi

Tips Parenting (Foto: imperfectfamilies.com)
imperfectfamilies.com

Seperti yang telah disebutkan di atas, orang tua bisa menghemat pengeluaran apabila anak memiliki ketertarikan yang sama terhadap sesuatu.

Hal tersebut juga sekaligus membuat buah hati belajar berbagai dan nggak mementingkan diri sendiri lho!

​​​​​​​Persiapan Punya Anak (Foto: 
medium.com

Walaupun memiliki beberapa keuntungan, akan tetapi juga ada beberapa hal yang perlu dihatikan saat memiliki anak dengan jarak usia yang berdekatan.

Salah satu yang paling krusial adalah masalah keuangan. Pasalnya, karena memiliki usia yang berdekatan, maka waktu sekolah anak pun pasti dekat. Orang tua sebaiknya sudah memperhitungkan dan mempersiapkan hal tersebut sejak dini ya!