Terlalu Sering Memakai Makeup Waterproof Bisa Merusak Wajah, Hoax atau Fakta?

01 March 2019, at 09:00
0
0
Terlalu Sering Memakai Makeup Waterproof Bisa Merusak Wajah, Hoax atau Fakta?

Pesona makeup waterproof memang bisa memikat siapa saja. Hal ini karena kemampuanya dalam mempertahankan hasil riasan secara otomatis juga membuat wajah jadi lebih cantik untuk waktu yang lama.

Praktis, juga sudah pasti. Karena makeup tak akan ‘goyah’ meski terkena air ataupun keringat, sehingga istilah ‘touch up’ tak diperlukan lagi.

Namun dibalik sisi baiknya ini, ada bahaya yang sewaktu-waktu bisa mengintai para beauty junkies. Bahkan faktanya, terlalu sering menggunakan makeup waterproof berpotensi merusak wajah cantikmu lho. Bagaimana bisa? Yuk langsung simak uraiannya berikut ini!

1. Makeup waterproof menyumbat pori-pori

makeup waterproof menyumbat pori
rd.com

Biasanya, formula makeup waterproof tergolong ‘berat’. Selain itu, ketahanannya yang luar biasa membuat produk jenis ini susah dihapus dari wajah.

Akibatnya, sisa BB cream, concealer, suncreen, juga foundation waterpoof yang tertinggal di wajah akan membuat pori-pori tersumbat.

2. Makeup waterproof memicu jerawat

makeup waterproof memicu jerawat
clickoncare.com

Bagai dua hal yang tak bisa dipisahkan, pori-pori yang tersumbat secara otomatis juga akan memicu jerawat untuk datang. Kok bisa?

Ya, karena sebum dan berbagai kotoran lainnya yang terjebak di dalam pori adalah salah satu tempat favorit para bakteri untuk berkembang biak. Inilah yang membuat jerawat meradang dan tak kunjung hilang.

3. Makeup membuat kulit kering

makeup waterproof membuat kulit kering
weddingaffair.co.in

Silikon, polymer, dan wax adalah sedikit contoh bahan yang biasanya dimanfaatkan untuk makeup waterproof. Sayangnya, formula anti air yang dimilikinya bisa membuat wajah kehilangan kelembabannya dan jadi sangat kering.

Untuk itu, baiknya jangan gunakan makeup dengan bahan-bahan tersebut terlalu sering. Kamu bisa mengaplikasikannya di wajah untuk acara tertentu saja.

4. Makeup waterproof menimbulkan alergi

makeup waterproof menimbulkan alergi
holisticvanity.ca

Dikutip dari detik.com, Dr Sara Elise Wijono mengatakan bahwa selain membuat kulit jadi kering, silikon ternyata juga rentan memunculkan reaksi iritasi juga alergi yang disertai dengan rasa gatal.

Hal ini disebabkan oleh formulanya yang anti air membuat kulit jadi sulit untuk bernafas. Bahaya makeup waterproof inilah yang membuatnya sangat tak disarankan bagi pemilik kulit sensitif.

Baca juga: Cara Perawatan Wajah yang Tepat untuk Kulit Sensitif, Ternyata Mudah

5. Makeup waterproof mempercepat penuaan

makeup waterproof mempercepat penuaan
parshindia.com

Percobaan mengenai dampak negatif makeup waterproof pernah dicoba sendiri oleh penulis Dailymail, Anna Pursglove. Wanita ini diketahui melakukan hal yang cukup berani, yakni tak membersihkan riasannya secara tuntas selama satu bulan penuh.

Hasilnya, pigmentasi, pori-pori, dan pembuluhh darah pun rusak, serta wajahnya dipenuhi dengan jerawat. Terlebih lagi, kulit juga semakin cepat keriput.

Dr. Williams yang mengamati percobaan ini pun mengkonfirmasi bahwa penggunaan produk makeup bisa mendatangkan kerusakan pada struktur kulit dan menurunkan produksi kolagen.

6. Makeup waterproof membuat bulu mata rontok

makeup waterproof membuat bulu mata rontok
instagram.com/lorealmakeup

Penggunaan produk perias mata seperti eyeliner serta maskara waterproof terbaik juga bisa mendatangkan bencana. Terutama bagi bulu mata.

Sebab, bahan kimia yang mampu membuat mata terlihat dramatis ini penuh dengan bahan kimia yang membuat bulu mata jadi lebih kaku. Bila digunakan setiap hari, tentu risiko kerontokan tak akan bisa dihindarkan lagi.

7. Makeup waterproof menimbulkan ruam di sekitar mata

makeup waterproof menimbulkan ruam
eye-smile.com

Tak hanya bulu mata yang rontok, kulit di sekitar mata juga bisa terancam oleh produk makeup waterproof. Hal ini bahkan telah dibuktikan pada studi yang dilakukan oleh International Journal of Cosmetic Science yang menemukan bahwa produk maskara rentan menyebabkan infeksi staph pada mata.

Infeksi ini akan ditandai dengan munculnya ruam atau bisul di area mata yang bisa menyebar ke bagian wajah lainnya.

8. Lipstik waterproof membuat bibir menghitam

makeup waterproof membuat bibir hitam
instagram.com/maybelline

Sisa lipstik yang tak dibersihkan dengan benar adalah salah satu penyebab bibir menghitam yang belum banyak disadari para wanita. Jadi, pastikan untuk menghapusnya secara sempurna sebelum kamu tidur di malam hari.

Sebab, bahan kimia pada produk lipstik waterproof bila dibiarkan terlalu lama bisa mengubah pigmen bibir menjadi gelap.

Nah, itulah beberapa bahaya makeup waterproof yang ternyata bisa merusak kulit wajah. Jadi, sebisa mungkin batasi penggunaannya ya dan jangan diaplikasikan setiap hari.

0 Comment