Terlanjur Lapar Mata? Ini Lho 6 Tips Biar Makananmu Nggak Kebuang

02 June 2019, at 06:00
1
0
Terlanjur Lapar Mata? Ini Lho 6 Tips Biar Makananmu Nggak Kebuang

Kalau lagi menjalani puasa seperti sekarang ini, terkadang kita akan mudah merasakan yang namanya lapar mata. Keadaan perut kosong, memang membuat kita jadi rakus ingin makan apapun yang ada di depan kita.

Apalagi kalau makanan berkuah dengan uap tebal di atasnya. Duh...jadi bikin mulut berliur deh!

Nah kalau sudah begitu pasti ingin beli ini itu, tapi sesampainya di rumah malah nggak ke makan. Tahu nggak sih, kalau membuang makanan itu bisa menyumbang polusi dan emisi gas rumah kaca lho.

Baca juga : Nggak Pakai Ribet, 8 Trik Ini Ampuh Awetkan Bahan Makanan Hingga Berbulan-bulan

Ada beberapa tips nih untuk menghindari membuang makanan yang berlebihan. Simak deh!

1. Catat Bahan Masakan yang Dibutuhkan

bahan masakan
focus.pl

Perhatikan betul mengenai masakan apa saja yang akan kamu masak. Berbelanjalah dengan bijak, jangan terlalu terpengaruh dengan tawaran potongan harga yang malah membuat kita terbuang percuma.

Catat bahan-bahan apa saja yang kamu perlukan. Catatan itu menjadi panduan saat membeli agar nggak menyisakan bahan yang berlebihan.

2. Pilah dan Pilih Resep Masakan yang Benar

resep masakan enak
longevitylive.com

Biar nggak kelebihan membeli bahan makanan yang nantinya sisa, mending pilih resep masakan yang juga disertai dengan jumlah bahan yang diperlukan.

Hal itu juga bagus untuk melatih kemampuan kita dalam menghitung porsi makan dengan akurat lho.

3. Cek Suhu Lemari Es

cek suhu lemari es
thesun.ie

Mengecek suhu lemari es sebagai tempat menyimpan bahan makanan juga penting lho. Untuk mengetahui seberapa baik sayuran atau buah-buahan yang disimpan dalam kulkas agar tetap segar.

Pahami juga teknik menyimpan bahan makanan yang baik untuk tetap menjaga kesegaran sayuran. Dengan begitu kamu jadi tahu seberapa besar kapasitas kulkasmu untuk menampung bahan makanan.

Baca juga : Cara Memasak Bahan Makanan Sisa Jadi Sajian Enak, Bikinnya Gampang

4. Mengolah Sayuran Terlebih Dahulu

mengolah sayuran
frontporch.club

Semua orang pasti tahu kalau sayur, terutama sayuran hijau memiliki kesegaran yang nggak akan lama. Mungkin hanya bertahan sekitar 2-3 hari saja.

Nah, biar bahan masakan sayuranmu nggak busuk sebelum diolah. Lebih baik olah terlebih dahulu sebelum mengolah bahan makanan yang lain.

5. Pelajari Tanggal Kedaluwarsa

pelajari tanggal kedaluwarsa
scientificmystery.com

Sebelum mengambil makanan kemasan ke keranjangmu, pelajari tentang tanggal kedaluwarsa (use-by) dan tanggal konsumsi (best-before).

Banyak bahan makanan yang melampaui tanggal kedaluwarsa dan nggak bisa dikonsumsi. Ada juga makanan yang melampaui tanggal konsumsi sering kali masih layak dimakan.

6. Olah Sisa Bahan Makanan

sisa bahan makanan
freshoffthegrid.com

Bahan makanan yang sisa bisa kamu olah menjadi kompos dengan teknik Takakura. Itu adalah metode pembuatan kompos yang bertujuan untuk mendaur ulang sampah dapur.

Tapi ada beberapa hal yang harus diperhatikan, salah satunya nggak boleh berbau ataupun kotor.

Itulah enam tips untuk menghindari membuang sisa bahan makanan yang akan membuat polusi bagi lingkungan di sekitar. Coba deh mulai lakukan kebiasaan ini!

0 Comment