Ternyata Begini Cara Makan Steak yang Benar, Kamu Sudah Tahu?

16 February 2019, at 12:00
0
0
Ternyata Begini Cara Makan Steak yang Benar, Kamu Sudah Tahu?

Mungkin diantara Sobat Qupas sekalian, pastinya pernah mencoba memesan dan menyantap menu masakan olahan daging yang dipanggang di atas sebuah teflon dan disajikan dengan plate hitam.

Lalu disampingnya ada garpu dan pisau yang disiapkan sebagai alat untuk menikmatinya. Eits tapi nggak semua orang tahu bagaimana cara untuk menikmati daging yang ada di depannya.

Nah, biar nggak salah-salah lagi dan nggak malu-maluin pas diundang di jamuan makan yang resmi, pahami yuk cara makan steak yang benar agar nggak asal makan aja.

1. Memilih Arah Potongan Daging

Memilih Arah Potongan Daging
yummy.ph

Ada banyak cara untuk memotong daging sapi mentah ataupun yang sudah jadi. Salah satunya saat memotong sirloin ataupun terderloin.

Ataupun bisa juga saat memotong daging wagyu, US Beef, dan daging sapi dari New Zealand. Tentu tingkat kematangan daging juga perlu diperhatikan. Biasanya banyak restoran yang menyajikan daging dengan tingkat kematangan sesuai selera.

2. Makan Steak dengan Gaya ala Eropa

makan steak ala orang eropa
frenchtoday.com

Ada dua pilihan dalam memakan steak, dengan gaya Eropa ataupun Amerika. Kalau ala Eropa, biasanya peletakan pisau berada di tangan kanan dan garpu di tangan kiri.

Hanya saja, posisi dari sisi depan pisau menghadap ke bawah dan posisi dari garpu masih tetap. Ada baiknya, kamu langsung mencobanya ya.

3. Makan Steak dengan Gaya ala Amerika

makan steak ala amerika
forbes.com

Mungkin saja gaya makan steak ala Amerika ini lah yang bisa jadi paling cocok denganmu. Pasalnya, kamu hanya perlu memegang pisau di tangan kanan dan garpu di tangan kiri.

Setelah itu, kamu bisa meletakkan pisau ditepi piring dan pindahkan garpu di tangan sebelah kanan. Dengan begitu kamu bisa memakan tanpa harus ribet menggunakan tangan kiri.

4. Mendekatkan Siku

mendekatkan siku
Youtube.com

Sebisa mungkin dekatkan siku ke arah badan. Jangan biarkan siku menjadi melebar ke samping.  

Sebisa mungkin tetap atur posisi saat makan agar terlihat sopan dan tegap. Dengan begitulah kamu akan dipandang sopan saat jamuan formal.

Baca juga : Makan ala Bule Yuk! di 8 Restoran Western yang Ada di Surabaya Selatan

5. Jangan Bicara Dulu sebelum Mulut Benar-Benar Kosong

jangan bicara saat makan
nbcnews.com

Bukan hanya makan daging steak saja, tapi juga saat menyantap makanan lainnya. Namun aturan ini benar-benar dianjurkan pada saat makan steak di jamuan makan formal.

Hal itu untuk menghindari adanya serat daging yang menyangkut di gigi sehingga terlihat dengan orang lain. Wah, tentu wajib diperhatikan ya.

6. Jangan Buang Lemak Daging

buang lemak daging
today.com

Pada saat makan beef steak pasti akan terselip lemak daging yang masih menempel. Ada baiknya jika tidak membuangnya.

Pasalnya lemak daging tersebut akan menambah rasa lezat. Tapi kalau lemak dagingnya cukup tebal, sebaiknya iris menjadi tipis dan pinggirkan ke sisi piring.

7. Boleh Mengambil Daging dengan Tangan

boleh mengambil daging dengan tangan
onedio.com

Di kondisi tertentu, kamu bisa menyantap beef steak dengan menggunakan tangan. Hanya saja itu bisa dilakukan pada situasi dan kondisi tertentu.

Salah satunya adalah saat sedang makan bersama teman. Kalau dalam acara formal, lebih baik hindari mengambil daging dengan tangan ya.

8. Tata Cara Meletakkan Pisau dan Garpu

selesai makan steak
gentlemansgazette.com

Saat kamu menggunakan gaya Amerika, ada baiknya untuk meletakkan pisau dan garpu berdampingan dengan sisi garpu menghadap ke atas.

Kalau kamu menggunakan gaya Eropa, maka kamu harus memposisikan garpu dan pisau menghadap ke bawah.

Jadi, gimana sekarang sudah jelas bukan? Yuk, langsung dicoba makan daging steak dengan delapan cara yang sudah disebutkan di atas. Biar makan daging steak lebih berkelas lagi.

0 Comment