Ternyata Bisa Dimakan, Ini Manfaat Kaktus Bagi Kesehatan

22 September 2019, at 17:00
0
0
Ternyata Bisa Dimakan, Ini Manfaat Kaktus Bagi Kesehatan

Kaktus pada umumnya dimanfaatkan sebagai tamanan hias untuk mempercantik taman atau ruangan. Namun, pernahkah kamu berpikir untuk memakannya?

Meksipun nggak umum dilakukan di Indonesia, ternyata beberapa jenis kaktus seperti prickly pear atau nopales aman dan sering dikonsumsi di Amerika Latin dan Meksiko lho.

Dibalik durinya yang tajam, kaktus ternyata memiliki manfaat yang cukup banyak bagi kesehatan seperti berikut ini.

1. Kaya Nutrisi

kaktus kaya nutrisi
blueapron.com

Tahukah kamu, kaktus mengandung berbagai nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh. Dilansir dari hellosehat.com, pada setiap 128 gram kaktus mentah terkandung 3 gram karbohidrat, 2 gram serat, 14 kalori, dan 1 gram protein.

Selain itu, kaktus juga mengandung 8 miligram vitamin C, 20 mikrogram vitamin A, 4.6 mikrogram vitamin K, dan 141 miligram kalsium.

2. Mengendalikan Gula Darah

mengendalikan gula darah
thehealthy.com

Mengonsumsi kaktus ternyata aman dan baik bagi penderita diabetes. Pasalnya, kandungan di dalamnya ternyata dapat mengendalikan gula darah lho.

Klaim tersebut didukung oleh sebuah penelitian yang dimuat dalam jurnal ISRN Pharmacology. Studi tersebut menemukan bahwa ektrak biji kaktus bisa menurunkan gula darah serta meningkatkan glikogen pada otot dan hati.

3. Menurunkan Berat Badan

menurunkan berat badan
depositphotos.com

Buat kamu yang sedang diet, sepertinya kaktus bisa menjadi salah satu menu yang akan membantumu melancarkan proses penuruanan berat badan.

Kaktus dapat menurunkan kolesterol jahat dan membantu proses pembakaran lemak karena mengandung antioksidan, mineral, dan vitamin B kompleks yang bisa melancarkan metabolisme.

Selain itu, kandungan serat yang cukup tinggi juga akan membuatmu merasa kenyang lebih lama sehingga nggak banyak makan.

Baca Juga: Jangan Dibuang! Ini 8 Manfaat Kulit Pisang Bagi Kesehatan yang Nggak Boleh Diabaikan

4. Mencegah Kanker

makan kaktus
hiplatina.com

Kaktus mengandung banyak antioksidan yang dinilai dapat melawan radikal bebas penyebab kanker. Selain itu, sebuah penelitian yang dilakukan pada hewan juga telah membuktikan bahwa kaktus dapat menghambat pertumbuhan tumor pada tubuh.

Saat mengonsumsi kaktus, kamu akan mendapatkan berbagai antioksidan yaitu pektin, asam askorbat, karoten, polifenol, asam galat, dan balatain.

5. Melancarkan Pencernaan

melancarkan pencernaan
shutterstock.com

Seperti makanan dengan kandungan serat tinggi lainnya, kaktus juga bermanfaat untuk membantu melancarkan pencernaan.

Selain itu, kandungan serat dalam kaktus juga dapat merangsang peristaltik (gerakan meremas) pada otot-otot halus usus sehingga mengurangi risiko sembelit dan diare.

Setelah mengetahui manfaatnya di atas, Sobat Qupas tertarik untuk coba makan kaktus nggak? Tapi ingat ya, nggak semua kaktus bisa dikonsumsi.

0 Comment