Ternyata Ibu Hamil Lebih Disukai Nyamuk, Kenapa Ya?

20 June 2019, at 00:00
0
0
Ternyata Ibu Hamil Lebih Disukai Nyamuk, Kenapa Ya?

Di balik tubuhnya yang mungil tersebut nyamuk selalu bikin khawatir banyak orang. Bagaimana tidak, hewan kecil ini membawa berbagai penyakit berbahaya seperti DBD dan malaria.

Akan tetapi, tahukah kamu kalau ternyata nggak semua orang disukai oleh nyamuk? Beberapa orang cenderung lebih menarik bagi serangga tersebut daripada yang lainnya, salah satunya adalah ibu hamil.

Sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2002 dan diterbitkan dalam The Lancet menyebutkan bahwa ibu hamil sering digigit nyamuk.

Hal tersebut disebabkan karena perempuan yang sedang hamil menghembuskan lebih banyak karbon dioksida (CO2) dan hal tersebutlah yang menarik serangga tersebut.

Baca Juga: 8 Gejala Demam Berdarah yang Sering Nggak Disadari

nyamuk lebih menyukai ibu hamil
gettyimages.com

Menurut penelitian dari University of Durham, Inggris, ibu hamil menghasilkan lebih banyak karbon dioksida karena mengalami kenaikan berat badan sehingga memengaruhi napasnya.

Hasil riset menyebutkan bahwa wanita hamil lebih banyak mengeluarkan air, temasuk karbon dioksida sebanyak 21 persen.

Selain itu, Laura Harrington, PhD. yang merupakan profesor departemen entomologi di Universitity of Cornell mengungkapkan bahwa ibu hamil juga mengalami peningkatan panas tubuh yang memancarkan zat volatile sehingga lebih mudah terdeteksi oleh nyamuk.

ibu hamil
123rf.com

Berdasarkan penjelasan di atas, Sobat Qupas pasti sudah paham mengapa sering digigit nyamuk saat hamil kan?

Pada dasarnya, gigitan nyamuk nggak terlalu berbahaya apabila nggak membawa penyakit. Akan tetapi ada baiknya jika kamu mengantisipasi hal-hal buruk dengan mencegah gigitan.

Baca Juga: Masih Pakai Obat Nyamuk Bakar? Ketahui Dulu Bahayanya

Untuk itu, sebaiknya ibu hamil nggak memakai baju berwarna gelap dan ketat. Selain itu, kamu juga sebaiknya nggak sembarangan menggunakan obat anti nyamuk karena bisa saja mengandung bahan kimia yang berbahaya bagi janin.

Sebaiknya gunakanlah bahan-bahan alami seperti minyak sereh dan menjaga kebersihan rumah serta lingkungan untuk mengusir nyamuk dengan cara yang aman.

0 Comment