Ternyata Ini Lho Alasan Kenapa Jeruk Mandarin Dibungkus dengan Jaring Warna Merah

26 August 2019, at 12:00
0
0
Ternyata Ini Lho Alasan Kenapa Jeruk Mandarin Dibungkus dengan Jaring Warna Merah

Pasti sobat Qupas pernah merasa terheran-heran dengan jeruk yang dijual di supermarket. Biasanya buah menyegarkan itu dijual dengan bungkus berwarna merah yang menarik.

Tapi tahu nggak sih, kalau ternyata ada alasan tersembunyi tentang jaring merah yang membungkus pada buah dengan nama lain Citrus tersebut?

Jaring merah pada bungkus jeruk terutama jenis jeruk Mandarin ini ternyata berkaitan dengan trik marketing lho. Walau terlihat sederhana, namun hal tersebut sering kali berhasil untuk menarik minat pembeli.

jeruk di jaring merah
huskydesign.co

Warna merah pada jaring bisa menciptakan ilusi yang membuat jeruk terlihat lebih ranum. Sentuhan warna merah pada jeruk yang mayoritas warnanya jingga saat matang memang memengaruhi.

Pengaruh warna merah pada jingga memang menarik sekali pada mata manusia. Itulah kenapa jeruk dengan bungkus jaring merah lebih cepat laku dari pada dibiarkan tanpa bungkus.

Trik jaring merah pada jeruk, tentu nggak bisa dilakukan untuk semua jenis jeruk lho. Kalau untuk jeruk lemon, biasanya pihak supermarket membungkusnya dengan kantung jaring berwarna kuning.

jeruk lemon dibungkus jaring
meijer.com

Itu karena, warna jeruk lemon yang kuning. Jadi, butuh sentuhan warna kuning untuk membuatnya terlihat seperti ranum.

Hal itu juga dilakukan oleh para pedagang buat saat menjual jeruk bali. Warna jeruk bali yang hijau justru biasanya dijual dengan tali rafia ikat sebagai pembungkus.

Baca juga: Sejarah Panjang Astronaut Bisa Makan di Luar Angkasa, Ternyata Awalnya Nggak Gampang!

Tentu warna tali rafia yang dipilih adalah warna hijau agar jeruk bali terlihat menarik karena lebih matang.

jeruk bali
pohonrindang.com

Selain untuk menciptakan ilusi optik pada warna jeruk. Jeruk dengan bungkus jaring merah ini juga bertujuan untuk membuat para pembeli biar nggak lama dalam memilih jeruk.

Jadi, pembeli bisa memiliki waktu yang cukup lama untuk melihat-lihat produk atau buah-buahan yang dijual di supermarket.

Untuk para pembeli, tentu nggak perlu khawatir tertipu ya. Pasalnya, trik tersebut bisa kamu hindari dengan skill ketelitianmu saat memilih buah.

supermarket jeruk
thelocal.de

Carilah warna matang pada jeruk yang merata. Sentuh kulit jeruk dan pilihlah yang kulitnya tipis.

Agar lebih mantap untuk mendapatkan jeruk dengan rasa yang manis, pegang dan rasakan bobot jeruk di telapak tanganmu. Rasakan kadar air yang ada dalam jeruk.

Baca juga: 8 Potret Makanan Sehat yang Disulap Jadi Karakter Lucu, Nggak Tega Makan!

Nah, gimana sobat Qupas? Jadi makin banyak pengetahuan yang kamu dapat kan? Mulai sekarang, lebih teliti lagi dalam membeli buah jeruk ya!

0 Comment