Tertarik Membeli Kosmetik Preloved? Perhatikan 5 Hal Ini Biar Nggak Menyesal Seumur Hidup

13 September 2019, at 18:00
0
0
Tertarik Membeli Kosmetik Preloved? Perhatikan 5 Hal Ini Biar Nggak Menyesal Seumur Hidup

Demi menghemat budget, beberapa beauty enthusiast rela mengandalkan kosmetik preloved yang sekarang ini banyak dijual di digital marketplace. Bahkan, membeli makeup ataupun skincare bekas sedang jadi tren di Negara Jepang.

Membeli kosmetik preloved memang nggak ada salahnya. Tapi, kamu juga patut berhati-hati supaya nggak menyesal di kemudian hari. Karena bagaimanapun juga, nggak ada yang bisa menjamin apakah produk yang kamu beli masih bagus dan aman untuk wajahmu.

Untuk itu, simak dulu yuk tips membeli kosmetik preloved berikut ini.

1. Perhatikan Kondisi Barang

produk skincare
instagram.com/goodal_official

Ketika tertarik dengan barang second, kamu pastinya bakalan memperhatikan kondisinya secara seksama. Hal ini juga berlaku ketika membeli makeup ataupun skincare preloved, bahkan harus lebih ekstra hati-hati.

Sebab, produk yang kamu beli nantinya akan langsung bersentuhan dengan wajah. Kalau kondisinya sudah nggak layak pakai, tentu saja bisa memicu timbulnya jerawat ataupun iritasi di kulitmu.

Jadi jangan ragu untuk meminta deskripsinya secara detil. Melihat foto-foto kondisi produknya juga lebih bagus lagi.

2. Perhatikan Masa Pakai

masa pakai produk kosmetik
instagram.com/nacificofficial.id

Tanggal kadaluarsa sebuah produk mungkin bisa dilihat dengan mudah dari kemasannya. Tapi ada satu yang sering dilupakan, kamu juga perlu menanyakan masa pakainya pada sang penjual.

Tanyakan kapan kosmetik preloved tersebut dibuka. Selain itu, ketahui juga berapa lama period after opening (PAO) dari produk tersebut supaya kamu tahu apakah formulanya masih aman diaplikasikan ke wajah.

Misalnya saja seperti lipstik dan maskara. Meski masih banyak dan kondisinya bagus, kedua produk makeup ini harus dibuang bila sudah setahun sejak kamu pertama kali membuka segelnya.

Baca juga: Meskipun Masih Bagus, 6 Perlengkapan Kecantikan Ini Tetap Harus Diganti Secara Rutin

3. Produk yang Aman Dibeli dalam Kondisi Bekas

skincare dalam kemasan tube
instagram.com/innisfreeusa

Beberapa jenis produk makeup dan skincare punya risiko lebih tinggi untuk terkontaminasi dengan bakteri. Jadi, kamu harus pintar-pintar memilah mana yang aman dibeli dalam kondisi bekas dan mana yang sebaiknya dihindari.

Produk kosmetik dan skincare preloved yang dikemas dalam botol, tube, dan spray tergolong cukup aman untuk dibeli. Karena desain packagingnya sendiri cukup higienis dan nggak mudah terkena bakteri.

Sedangkan produk makeup dalam bentuk compact, berbagai jenis perona bibir, beauty tools, dan kosmetik dalam kemasan jar sebaiknya jangan dibeli. Karena lebih rentan terkontaminasi bakteri.

4. Cari Tahu Harga Pasarannya

memakai sheet mask
instagram.com/mediheal_official

Selain memperhatikan berbagai hal yang berhubungan dengan kondisi barang, jangan lupa untuk mencari tahu tentang harga pasaran dari produk kosmetik yang akan kamu beli.

Ini untuk menghindari supaya kamu nggak 'diperas' oleh penjual. Dan ingat, kalau mau menawar jadilah pembeli yang sopan.

5. Minta COD

memakai lipstik
instagram.com/banilaco_official

Tips membeli kosmetik preloved yang terakhir adalah, pilihlah penjual yang terpercaya. Perhatikan foto barang, deskripsi barang, hingga testimoni dari pembeli lainnya.

Atau kalau mau lebih aman lagi, pilihlah penjual yang masih satu wilayah supaya bisa minta sistem COD. Dengan begitu, kamu punya kesempatan untuk melihat kondisi barang bahkan mencobanya secara langsung sebelum menyerahkan uangmu.

Nah, itulah beberapa tips membeli produk skincare dan makeup bekas yang mungkin bisa kamu coba. Jadi jangan buru-buru beli, ketika melihat kosmetik harga terjangkau bertebaran di online marketplace.

0 Comment