Terungkap, Kenapa Golongan Darah O Rawan Kena Demam Berdarah yang Mematikan

30 July 2018, at 23:45
1
0
Terungkap, Kenapa Golongan Darah O Rawan Kena Demam Berdarah yang Mematikan

Nyamuk sering dianggap sebagai musuh yang cukup menyebalkan. Selain sangat mengganggu, nyamuk juga bisa menularkan berbagai penyakit mematikan, salah satunya adalah demam berdarah. Sampai saat ini, sudah banyak nyawa yang melayang karena nyamuk. Maka dari itu nggak heran kalau kebanyakan orang sangat benci dengan serangga yang satu ini.

Sekedar informasi, tahukah kamu kalau ternyata nyamuk itu suka dengan aroma tubuh manusia loh! Apalagi bagi seseorang yang golongan darahnya O, itu menjadi makanan favorit yang diincar setiap hari. Jadi, kalau kamu bergolongan darah O, jangan heran kalau kamu disukai oleh nyamuk sebagai sasaran empuknya.

Lebih dari itu, nyamuk memang suka aroma tubuh manusia yang khas, misalnya ketika berkeringat setelah berolahraga. Alasannya dikarenakan saat berkeringat, maka tubuh akan mengeluarkan asam laktat, asam urat, serta octenol yang merupakan aroma-aroma favorit dari nyamuk. Sehingga, nggak heran kalau banyak produk pengusir nyamuk yang mengandalkan aroma, misalnya produk oleh.

Nah, yang menjadi pertanyaan besar kebanyakan orang, mengapa nyamuk lebih suka dengan orang bergolongan darah O?

pixabay.com

Sebenarnya ada berbagai faktor penyebab kenapa nyamuk suka dengan golongan darah O. Seperti hasil penelitian yang dilakukan oleh ahli entomologi asal University of Florida, mengatakan kalau nyamuk atau jenis serangga pengisap darah lainnya memang sangat suka dengan golongan darah O, sebab golongan darah O bisa memproduksi senyawa asam dan molekul lebih banyak dari tubuhnya bila dibandingkan dengan golongan darai lain.

Sedangkan nyamuk sendiri mendeteksi mangsanya menggunakan sinyal yang dimilikinya melalui aroma. Nah, tubuh setiap manusia selalu memancarkan aroma khas yang bisa dideteksi oleh nyamuk tersebut. Namun, ketika ada beberapa golongan darah sedang berkumpul, maka golongan darah O adalah mangsa paling empuk yang akan dituju pertama kali.

Terlebih jika kamu bergolongan darah O dan memiliki tubuh yang gemuk, maka kamu nggak akan bisa menghindar dari serangan nyamuk. Soalnya, nyamuk memiliki sebuah organ yang bernama maxillary palp, yaitu organ yang bisa melihat awan karbon dioksida sebelum memangsa korbannya.

Sebab, orang gemuk akan menghasilkan karbon dioksida lebih banyak daripada orang berbadan kurus. Hal itu terjadi akibat sistem metabolisme yang terlampau kuat pada orang gemuk. Selain itu, darah yang dipompa akan semakin besar pula yang menyebabkan produksi karbon dioksida meningkat.

Maka dari itu, buat kamu yang memiliki golongan darah O, harus selalu menjaga kebersihan ya supaya nggak diserang nyamuk. Jangan lupa juga, untuk sering berolahraga dan mengatur pola makan agar berat badan tetap ideal.

0 Comment