‘The Joys of Being Single’, Alasan Kenapa Jomblo itu Enak Banget!

22 September 2018, at 06:00
0
0
‘The Joys of Being Single’, Alasan Kenapa Jomblo itu Enak Banget!

Masih adakah yang menganggap kalau jomblo itu berarti nggak laku dan hidupnya ngenes? Kalau masih, ini tahun 2018 lho, saatnya membuka pikiran lebar-lebar. Tak punya pacar bukanlah hal yang menyedihkan, apalagi kalau kamu bicara dengan para milenials.

Generasi milenial dianggap memiliki karakter yang unik. Mereka percaya diri, mandiri, liberal, berpikiran terbuka, suka pada tantangan, dan penuh semangat. Banyak ‘kesenangan’ yang membuat mereka terlena dan betah dengan status jomblo. Nah berikut ini akan dibahas 10 alasan kenapa para milenials bisa hidup bahagia meski tanpa pacar. Yuk simak langsung!

Baca juga: Jomblo Terus? Coba 4 Cara Jadi Lebih Menarik Ini Dalam Hitungan Hari! 

1. Punya Banyak Waktu untuk ‘Me time’

me time dapat meningkatkan mood
okeinfo.net

Setiap orang pasti butuh waktu untuk dirinya sendiri atau biasa disebut ‘me time’. Menurut psikolog, ‘me time’ memiliki manfaat yang sangat penting. Yaitu mampu meningkatkan mood, membuat kondisi mental lebih baik, dan lebih siap menghadapi tantangan hidup.

Dengan status single, kamu punya banyak waktu untuk memikirkan bagaimana caranya mengembangkan diri agar hidup lebih berkualitas. Kamu pun bisa bermalas-malasan menghabiskan waktu senggang di rumah tanpa khawatir terganggu harus membalas chat dari seorang pacar.

2. Tak Ada Istilah ‘Wajib Lapor’

ilustrasi wanita meminta ijin kepada pacar
sputniknews.com

Ketika menjalin hubungan, terkadang kamu harus izin dulu sama pacar kalau mau pergi. Apa lagi pasangan yang posesif pasti akan menanyakan secara detail, dengan siapa, pergi kemana, dan pulang jam berapa. Dengan status jomblo, kamu bisa bebas pergi kemana aja tanpa ribet harus laporan ke pacar dulu.

3. Lebih Banyak Sahabat

banyak sahabat dekat
glamour.com

Menyandang status jomblo tak berarti akan membuat seseorang kesepian dan kurang perhatian. Dari riset yang pernah dilakukan, orang yang tidak memiliki pasangan justru punya lebih banyak sahabat dan dekat dengan keluarga.

Orang yang punya pacar biasanya akan cenderung menghabiskan banyak waktu dengan pasangannya. Disadari atau tidak, hal ini terkadang membuat kontak dengan sahabat atau keluarga menjadi berkurang.

4. Bebas Traveling Kapan Saja

travelling sendirian
kkomando.com

Salah satu yang membuat jomblo itu menyenangkan adalah bisa berangkat traveling kapan pun kamu mau. Destinasi yang jauh atau dekat pun tak jadi masalah. Misalnya tiba-tiba punya keinginan untuk menghabiskan weekend di luar kota, kamu bisa langsung berangkat. Tanpa ribet menyesuaikan jadwal dengan pasangan lebih dulu.

5. Banyak Waktu untuk Hobi

menonton konser k-pop
inikpop.com

Sibuk bekerja ditambah ‘mengurus’ pacar bisa membuat hobi terbengkalai. Menjadi jomblo, akan memberikan kamu banyak waktu untuk hobi. Contohnya, bila kamu suka K-pop kamu bisa nonton drama sepuasnya atau berangkat nonton konser tanpa khawatir pasangan akan cemburu atau merasa tidak diperhatikan.

Baca juga: Empat Hal yang Akan Kamu Rasakan Bila Pacaran Beda Kampus

6. Tak Perlu Memaksakan Diri

memaksan diri untuk pergi makan
mirror.co.uk

Ketika punya pasangan, waktu yang dimiliki harus dibagi dengannya. Pergi makan dan jalan-jalan berdua sudah menjadi rutinitas orang berpacaran. Padahal ada kalanya kamu lagi ‘nggak mood’ dan sedang ingin istirahat. Tetapi kamu memaksakan diri untuk berangkat karena khawatir pacar bisa marah. Situasi seperti inilah yang dihindari oleh para milenials sehingga mereka masih betah untuk hidup dengan status single.    

7. Menghemat Pengeluaran

uang banyak di dompet
cheatsheet.com

Pacaran itu mahal. Nggak percaya? Suka atau tidak, menghabiskan waktu dengan pacar bisa membuat pengeluaran membengkak. Pergi makan, jalan-jalan, dan tak lupa berpenampilan kece itu butuh uang ekstra. Belum lagi harus membelikan kado ulang tahun. Dengan status jomblo, kamu tak perlu ribet buat mikirin itu. Kamu malah bisa menimbun banyak uang untuk beli barang yang kamu suka.

8. Terhindar dari Konflik

pasangan sedang bertengkar
river105.com

Dalam setiap hubungan, pasti akan muncul suatu konflik yang bisa membuat seseorang galau selama berhari-hari. Dengan status jomblo, drama kehidupan yang satu ini bisa dihindari. Setuju?

9. Lebih sehat Secara Emosional

bebas dari kecemasan
cnn.com

Konflik yang ada dalam sebuah hubungan tentunya akan mempengaruhi kondisi emosional. Masalah yang tak kunjung selesai bisa menyebabkan seseorang menjadi stres. Selain itu, dengan status single orang akan terhindar dari berbagai kecemasan. Seperti kecemasan pacar akan selingkuh, ataupun cemas bila tiba-tiba diputus oleh pasangan.

10. Fokus Bekerja

fokus bekerja
homeofficecareers.com

Para milenials kebanyakan sedang sibuk mengejar karir. Ketika punya pacar, mau nggak mau pikiran pasti akan terbagi. Status jomblo bisa menghindarkan dari berbagai masalah yang ada dalam hubungan percintaan dan lebih fokus pada pekerjaan.

Salah satu karakter para milenials adalah mandiri, maka bukan hal yang mengherankan kalau mereka tak buru-buru untuk memiliki pasangan. Apalagi masih banyak yang bisa membuat mereka bahagia seperti 10 alasan di atas.

0 Comment