Thien Thien Lay Semarang, Martabak Favorit yang Sudah Eksis Sejak Puluhan Tahun Lalu

23 November 2019, at 19:00
0
0
Thien Thien Lay Semarang, Martabak Favorit yang Sudah Eksis Sejak Puluhan Tahun Lalu

Semakin banyaknya kedai martabak manis yang menawarkan aneka topping kekinian, memperlihatkan juga kalau penggemar martabak di Indonesia memang nggak pernah turun jumlahnya.

Tapi bukan berarti, kedai martabak manis yang sudah ada sejak puluhan tahun lalu harus kalah eksis. Seperti contohnya di Semarang, ada sebuah kedai yang populer nan legendaris.

Biar nggak penasaran, simak deh ulasan Qupas seputar Thien Thien Lay Semarang yang punya menu martabak manis favorit yang sudah ada sejak puluhan tahun lalu berikut ini.

1. Konon merupakan kedai martabak manis tertua di Semarang

kuliner martabak manis di semarang
instagram.com/semarangfoodhunter

Usia kedai martabak manis di Semarang ini memang sudah menginjak umur 35 tahun. Penggemarnya pun banyak, mulai dari yang anak-anak hingga sudah berusia senja juga ada.

Thien Thien Lay didirikan oleh Tjhia Tjhin Hoo pada tahun 1981 yang lalu. Sekarang ini, bisnisnya sudah diteruskan oleh sang anak yang bernama Kit Kie.

2. Masih menggunakan bahan dasar tepung yang sama

adonan martabak thien thien lay semarang
instagram.com/feelandclick_

Meski sudah berusia puluhan tahun, namun martabak manis Thien Thien Lay Semarang ini tetap saja laris manis karena rasanya yang dinilai cukup otentik.

Terlebih lagi, resep martabak yang digunakan asli Bangka dan masih menggunakan tepung terigu yang sama sejak puluhan tahun yang lalu.

Seperti yang diketahui, martabak manis merupakan kue khas Bangka yang kemudian menyebar ke berbagai daerah di Indonesia. Sebagian daerah ada yang menyebut kue ini terang bulan.

3. Ada martabak manis hingga kue pukis Bandung

kue pukis bandung semarang
instagram.com/homemazuka2013

Topping yang disajikan untuk menu martabaknya pun tergolong klasik, ada cokelat, kacang, dan parutan keju. Tapi kalau kamu ingin memesan topping kekinian pun ada lho, mulai dari oreo dan ovomaltine.

Selain martabak, Thien Thien Lay Semarang juga menawarkan jajanan malam lainnya. Seperti kue pukis Bandung yang ukurannya jumbo dengan topping lelehan cokelat dan kacang yang bikin kamu ketagihan.

Baca juga: Massimo Pizzeria, Kuliner di Semarang yang Punya Segudang Menu Eropa Sehat Tanpa MSG

4. Harga martabak manis dan kue pukis Bandung

harga martabak manis thien thien semarang
instagram.com/daviddvictor

Untuk bisa mencicipi martabak manis yang legendaris di Semarang ini, kamu hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp50 ribu hingga Rp135 ribu saja. Semuanya tergantung pada topping pilihanmu.

Kalau untuk aneka varian rasa dari kue pukis Bandung, kamu hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp4 ribu hingga Rp6 ribu saja.

5. Lokasi Thien Thien Lay Semarang

lokasi martabak thien thien semarang
instagram.com/papahnafoodie

Sebelum menetap di lokasinya yang sekarang, Thien Thien Lay Semarang sempat berpindah beberapa kali lho. Saat ini, kalau kamu mau mampir, langsung saja cus ke Jalan MH Thamrin No.67, Miroto, Semarang Tengah.

Kedainya sendiri buka dari jam 5 sore hingga 11 malam. Jadi, jangan sampai nggak nyobain kalau kamu sedang berada di Semarang!

Itulah ulasan singkat tentang salah satu kuliner khas Semarang murah yang nggak boleh kamu lewatkan. Kalau kamu punya rekomendasi lainnya nggak nih?

0 Comment